Home Tips Cara Bayar Listrik Secara Online Lewat Bukalapak dan Keuntungannya 

Cara Bayar Listrik Secara Online Lewat Bukalapak dan Keuntungannya 

by Mas Abadi
Bukalapak bayar listrik

Bukalapak bayar listrik menjadi salah satu fitur baru untuk membantu memudahkan masyarakat membayar tagihan listrik secara online dari aplikasi bukalapak. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengecek tagihan listrik PLN dan sekaligus membayarnya. Terdapat beberapa informasi lainnya yang berhubungan dengan fitur bayar tagihan listrik PLN pascabayar seperti berikut ini.

Syarat dan Ketentuan

  1. Pembeli mempunyai akun Bukalapak dengan nomor handphone dan alamat email yang telah diverifikasi.
  2. Pembeli bisa melakukan lebih dari 1 kali pembayaran tagihan listrik, namun nomor meteran harus berbeda.
  3. Pembeli tidak bisa melakukan transaksi jika menggunakan cara pembayaran cicilan tanpa kartu kredit misalnya: Kredivo, Akulaku, dan lainnya.
  4. Pembeli bisa menggunakan fitur pembayaran rutin untuk membayar tagihan listrik PLN setiap bulannya.

Langkah-langkah Membayar Tagihan Listrik di Bukalapak

  1. Di halaman awal Bukalapak, klik menu Kupon & Tiket dan terus pilih Listrik Pascabayar. Halaman listrik pascabayar juga dapat diakses dengan mengklik simbol widget listrik pascabayar di halaman awal Bukalapak atau melalui link https://www.bukalapak.com/listtrikpln/tagihanlistrik.
  2. Pilih menu Pascabayar dan ketik nomor pelanggan yang ingin Anda bayar tagihan listriknya.
  3. Setelah memasukkan data, sistem Bukalapak melakukan verifikasi tagihan listrik pasca bayar. Jika ada tagihan listrik yang belum dibayar, pembeli dapat melihat detail tagihan listrik yang dibayarkan nantinya. Klik tombol Bayar Faktur untuk membayar faktur.
  4. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan lalu klik tombol Bayar
  5. Lakukan pembayaran sesuai dengan nilai nominal yang tertera pada faktur. Penjelasan lebih detail tentang cara menyelesaikan pembayaran dapat Anda temukan di halaman Bill Pay di Bukalapak.

Keuntungan Membayar Listrik di Bukalapak

Saat ini listrik merupakan kebutuhan pokok penduduk Indonesia. Banyak yang tidak berfungsi tanpa listrik dan Internet. Misalnya, bermain game, menyetrika pakaian atau menonton televisi. Setiap kali Anda menggunakan air dan listrik, Anda harus membayar tagihan listrik bulanan ke PLN atau perusahaan PDAM.

Pembayaran listrik dapat dilakukan secara online maupun offline. Ada beberapa keuntungan dari membayar tagihan telekomunikasi online dan tagihan listrik dibayar secara online. Inilah alasan mengapa lebih praktis membayar listrik PLN dan Internet/Telkom secara online di Bukalapak daripada melalui ATM atau cabang.

  • Hemat waktu

Coba bandingkan cara Anda membayar tagihan secara offline dengan yang online. Orang tua yang mana? Kebanyakan orang akan merespons secara offline. Meskipun sekarang ada banyak layanan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan tagihan Anda, layanan tersebut tidak akan secepat membayar tagihan secara online.

Karena Anda dapat membayar di mana saja dan kapan saja, bahkan dengan smartphone Anda. Saat ini, untuk membayar tagihan, prosesnya berjalan cepat melalui sistem otomatis. Caranya, tinggal masukkan data-data yang dibutuhkan lalu tinggal ikuti prosesnya dan tagihan pun lunas.

  • Hemat lebih banyak energi

Dibandingkan dengan pembayaran tagihan offline, dengan membayar tagihan di Bukalapak ini Anda menghemat energi dan juga Anda tidak perlu beranjak dari tempat duduk Anda untuk membayar tagihan. Jadi, Anda tidak lagi harus menggunakan metode pembayaran offline atau berjalan ke ATM untuk membayar, sehingga Anda dapat menggunakan energi Anda untuk hal lain.

  • Lebih efisien

Saat Anda membayar tagihan secara online, Anda menjadi lebih efisien. Ada biaya tambahan dibandingkan dengan membayar tagihan secara offline. Misalnya, Anda membayar bensin, petugas parkir, dan jika Anda menggunakan agen secara offline, Anda harus membayar biaya layanan untuk agen tersebut.

Jadi ketika Anda membayar tagihan secara online, Anda menghemat biaya membayar agen offline atau biaya parkir dan biaya pembelian bahan bakar. Karena biaya lebih efisien, Anda dapat mengalokasikan biaya tambahan dan menggunakannya untuk membeli produk atau kebutuhan lainnya.

  • Meminimalisir keterlambatan membayar tagihan

Di zaman yang serba canggih ini, masyarakat memiliki kesibukan yang sangat padat sehingga tidak jarang akan lupa untuk melakukan hal yang lainnya, misalnya untuk membayar tagihan. Sayangnya, keterlambatan pembayaran listrik bisa mengakibatkan arus listrik yang Anda miliki diputus PLN sehingga rumah Anda akan menjadi gelap gulita.

  • Data aman

Jika Anda membayar tagihan secara offline dengan pergi langsung ke pusat pembayaran atau dengan menyewa agen, biasanya Anda akan menerima tanda terima yang berfungsi sebagai tanda penyelesaian saat Anda membayar tagihan. Namun, kwitansi kertas bisa hilang sewaktu-waktu.

Jika Anda membayar online sementara itu, riwayat pembayaran Anda akan secara otomatis disimpan ke akun Anda. Jadi jika Anda ingin melihat ringkasan atau riwayat pembayaran faktur Anda, Anda dapat langsung memeriksanya dan proses ringkasan dapat berjalan lebih baik.

Namun, sebelum melakukan pembayaran faktur di rumah Anda, pertama-tama Anda harus memverifikasi berapa banyak faktur yang harus Anda bayarkan untuk pembayaran yang bertanggung jawab.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai fitur bukalapak bayar listrik dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba!

You may also like