Home Perencanaan Cara Bayar Cicilan FIF Secara Online

Cara Bayar Cicilan FIF Secara Online

by Mas Abadi
bayar cicilan FIF

Era digital yang sekarang sudah terjadi sepertinya memberikan banyak sekali kemudahan dalam banyak aspek kehidupan. Salah satunya adalah memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan. Anda pun bisa bayar cicilan FIF dengan cara online yang tentu saja lebih mudah dan cepat. Lalu, bagaimana cara membayar cicilan di FIF secara online? Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana caranya khusus untuk Anda.

Ulasan Singkat Tentang FIF

Sebelum mengetahui cara bagaimana untuk membayar cicilan di FIF melalui online, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu tentang FIF ini. FIF memiliki kepanjangan Federal International Finance yang merupakan sebuah perusahaan multi finance. Bergerak dalam bidang berbagai pembiayaan, FIF sudah ada semenjak tahun 1989.

Adapun layanan pembayaran yang disediakan oleh perusahaan ini, berikut ini adalah layanannya:

  1. Memberikan bantuan pembiayaan investasi.
  2. Layanan pembiayaan untuk modal kerja.
  3. Melayani pembiayaan mulitguna seperti operating lease ataupun kegiatan dengan dasar fee.
  4. Melayani pembiayaan dengan prinsip Syariah, baik untuk jual beli, penanaman modal dan lain sebagainya. Di mana akad yang digunakan pun sudah sesuai dengan syariat Islam.
  5. Memberikan pelayanan pendanaan sesuai dengan ketetapan OJK.

Dari layanan yang sudah dijelaskn tersebut, maka bisa diambil kesimpulan bahwa FIF adalah perusahaan yang bergerak dibidang peminjaman dana atau kredit di mana masyarakat umum bisa mengajukan dengan mudah dan cepat.

Lalu, ada beberapa perusahaan di bawah FIF yang memang memberikan pelayanan pembiayaan dari berbagai bidang. Berikut ini adalah perusahaannya:

  1. Fifastra

Perusahaan yang satu ini bergerak dalam pembiayaan untuk pembelian motor atau pun mobil dari Honda. Tidak hanya motor baru saja, tapi juga bekas dengan memastikan bahwa produk yang dibeli oleh masyarakat sudah pasti berkualitas.

  1. Spektra

Untuk perusahaan ini melayani jasa untuk pembiayaan kebutuhan masyarakat seperti alat elektronik, gadget, furniture, produk lifestyle dan lain sebagainya.

  1. Danastra

Sedangkan untuk Danastra adalah perusahaan yang bergerak melakukan pembiayaan bagi masyarakat yang membutuhkan modal kerja untuk pengembangan bisnis.

  1. Amitra

Lalu, perusahaan terakhir yang tergabung di FIF adalah Amitra. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembiayaan perjalanan haji dan juga umroh. Kontrak yang digunakan untuk pembiayaan pun mengikuti ketentuan syariat Islam.

Itulah penjelasan tentang FIF, di mana perusahaan ini memang menjadi salah satu perusahaan multi finance yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena mempunyai sistem terpercaya dan sudah masuk daftar lembaga keuangan resmi dari OJK.

Cara Bayar Cicilan FIF Melalui Online

Bagi Anda yang memiliki cicilan di FIF ini, maka ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk membayar cicilan secar online. Berikut ini adalah caranya:

  1. Mbanking BCA

Cara pertama adalah bagi Anda yang menggunakan mbanking BCA, di mana beriut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke aplikasi Mbanking Anda.
  • Masukan user ID yang Anda gunakan.
  • Kemudian pilih menu M-payment.
  • Setelah itu, masuklah ke menu Pinjaman.
  • Jika sudah, maka Anda pilih jenis pinjaman yang akan dibayarkan, dalam hal ini pilihlah FIF.
  • Lalu, masukan nomor pelanggan yang Anda miliki dan tekan OK.
  • Klik tombol Send pada bagian atas kanan.
  • Bila sudah, tunggu sesaat maka akan muncul total tagihan yang perlu dibayarkan.
  • Klik Lanjutkan dan pembayaran pun selesai.

Traveloka

kredit mobil syariah

Anda juga bisa membayar tagihan FIF dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Berikut ini adalah caranya:

  • Buka aplikasi Traveloka yang Anda miliki, pastikan bahwa Anda sudah login.
  • Bila sudah, carilah menu Finansial.
  • Kemudian pilih menu Tagihan dan Isi Ulang.
  • Lalu pilih lagi menu Angsuran Kredit.
  • Pilih penyedia pinjaman, dalam hal ini Anda harus memilih Federal International Finance.
  • Masukan nomor pelangggan dan klik tombol lanjutkan.
  • Setelah itu Anda akan menemukan data jumlah tagihan dan klik tombol bayar. Sebelumnya jangan lupa memilih cara pembayaran, semisalnya dengan menggunakan kartu debit, ATM atau paylater.

Untuk pembayara online memang masih terbatas, tapi Anda bisa membayarkan cicilan dari FIF dengan menggunakan ATM, kantor pos, Alfamart ataupun Indomart. Untuk pembayaran lewat ATM bisa dari BCA, BRI ataupun Permata.

Bila Anda ingin membayarkan melalui Alfamart atau Indomart, Anda hanya perlu membawa kertas tagihan atau nomor kontrak yang telah Anda terima. Lalu datang ke kasir dan nyatakan tujuan Anda untuk membayar cicilan ke FIF.

Nanti, pihak kasir Alfamart atau Indomart akan mengecek berapa besaran tagihan yang harus dibayarkan. Cara yang sama juga berlaku di kantor pos, di mana Anda hanya perlu untuk membawa bukti tagihan atau nomor kontrak saja.

Demikianlah cara bayar cicilan FIF dengan cara online. Meski pilihannya masih terbatas, tapi Anda masih bisa membayar cicilan dengan berbagai pilihan cara yang sudah disediakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

You may also like