Home Perencanaan Cara Agar Tidak Berbelanja Berlebihan, Anti Tekor

Cara Agar Tidak Berbelanja Berlebihan, Anti Tekor

by Mas Abadi

Berbelanja adalah kegiatan mengatur keuangan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan seseorang sehari hari, akan tetapi untuk beberapa orang kegiatan belanja merupakan salah satu cara yang menyenangkan dan untuk menghilangkan penat dan stress dengan kegiatannya sehari hari.

Di sisi lain kegiatan belanja yang berlebihan akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan keuangan, apalagi yang dibeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan, hanya mengikuti keinginan saja. Hal ini sangat berbahaya untuk finansial seseorang yang mungkin tidak memiliki perhitungan pendapatan dengan pengeluaran, alhasil pengeluarannya membuat keuangan tekor.

Mengatur keuangan ketika berbelanja dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya hanya membeli kebutuhan pokok untuk pribadi atau keluarga yang sudah dicatat sebelum berangkat ke lokasi perbelanjaan, menekan rasa keinginan dan dialokasikan untuk investasi dan lain sebagainya. jika tidak bisa memberi batasan pada kebiasaan belanja berlebihan akan memunculkan dampak negatif dibawah ini:

  • Mudah Terlilit Hutang
    Dampak negatif yang sering dirasakan oleh masyarakat umum adalah dengan belanja berlebihan dan juga melebihi pendapatan akan terlilit hutang, hal ini karena masih belum bisa menekan keinginan dan mengesampingkan kebutuhan, jika hal ini dilakukan secara terus menerus akan membuat orang tersebut tidak akan lepas dari hutang.

  • Membuat Kepribadian yang Konsumtif
    Dampak negatif selanjutnya adalah menjadikan seseorang pribadi yang konsumtif, hal ini terjadi karena tidak memiliki tata kelola dan anggaran keuangan yang baik lalu sering menghambur hamburkan uang dengan tidak bijak.

  • Merasa Tidak Puas
    Ketika perilaku belanja berlebihan menjadi kebiasaan akan muncul sifat kurang puas ketika membeli sesuatu, sehingga ingin merasa lebih membeli barang yang mungkin tidak dibutuhkannya , hanya karena tertarik dengan bentuk atau fisik barang yang dibelinya. jika memang tidak memiliki tabungan yang cukup pasti akan berpikiran untuk hutang demi memuaskan hasrat berbelanja.

  • Kebutuhan Sehari-hari Tidak tercukupi
    Berbelanja berlebihan juga membuat sisi kebutuhan sehari hari tidak akan tercukupi karena dana yang harusnya untuk kebutuhan, digunakan untuk berbelanja hal yang diinginkan. hal tersebut harus dihindari karena akan membuat keuangan berantakan dan juga menimbulkan sikap impulsif.
  • Kena Mental
    Dampak parah yang disebabkan oleh berbelanja berlebihan adalah dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, hal ini terjadi karena setiap keinginannya lebih besar daripada kebutuhannya dan jika keinginan tersebut tidak terpenuhi maka membuat rasa kecanduan semakin menjadi-jadi.

Cara Agar Belanja tidak Berlebihan

Mengatur keuangan ketika ingin berbelanja dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya hanya membeli kebutuhan pokok untuk pribadi atau keluarga yang sudah dicatat sebelum berangkat ke lokasi perbelanjaan, menekan rasa keinginan adalah kunci supaya tidak tekor. dibawah ini ada cara untuk mengurangi berbelanja secara berlebihan

  • Membuat catatan sebelum pergi berbelanja
    Cara yang pertama supaya belanja tidak berlebihan adalah dengan membuat catatan sebelum belanja, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi belanjaan yang tidak perlu dan dirasakan berlebihan, disisi lain dengan adanya catatan akan membuat anggaran keuangan semakin tertata dengan baik.

  • Membawa Uang pas dan Meninggalkan kartu debit atau kredit dirumah
    Cara selanjutnya yang terbilang unik adalah tidak membawa kartu transaksi digital ketika ingin berbelanja, hal ini dimaksudkan untuk melatih kebiasaan berbelanja di luar catatan yang sudah dibuat sebelum datang ke pusat perbelanjaan atau Mall.

  • Mengurangi Aktivitas Laper Mata di Aplikasi Ponsel

Dengar sadar atau tidak sadar, ketika awal bulan atau mungkin setelah menerima gaji, pasti akan gatel melihat perkembangan atau update tentang promo, diskon atau produk baru di platform digital, hal ini harus dihindari seminimal mungkin supaya tidak ada keinginan belanja berlebihan muncul dan mengenyampingkan kebutuhan.

  • Biasakan Belanja dengan Uang Tunai atau E wallet sesuai kebutuhan

Cara selanjutnya supaya tidak berlebihan dalam belanja adalah menekan kebutuhan untuk membawa uang lebih, baik uang tunai maupun uang dalam bentuk dompet digital, hal ini terbukti ampuh untuk menghindari keinginan belanja di luar kebutuhan pokok supaya tidak tekor.

  • Hindari Berbelanja Bersama Teman
    Ketika berbelanja dengan teman atau orang yang dikenal, akan sering membeli beberapa barang yang mungkin tidak diperlukan. hal ini terjadi karena sulit berkonsentrasi untuk membeli barang kebutuhan yang memang sudah direncanakan dari awal. terkadang ada juga dari kebutuhan tersebut tidak jadi terbeli karena memikirkan belanja sesuai keinginan yang tinggi.

 

nah, itu dia cara agar tidak berbelanja berlebihan dan supaya tidak tekor. Pada dasarnya belanja berlebihan terkadang muncul dari alam bawah sadar kita, hal tersebut terjadi karena memang tidak memiliki persiapan untuk menahan godaan belanja, terlebih lagi sekarang teknologi semakin maju, banyak sekali promo dan diskon yang ditawarkan lewat media sosial hingga membuat laper mata untuk membelinya.

You may also like