Home Tips Cara Agar Terhindar dari Hutang yang Menumpuk di Masa Depan

Cara Agar Terhindar dari Hutang yang Menumpuk di Masa Depan

by admin

Berhutang merupakan hal yang harus dihindari oleh setiap orang karena memiliki tingkat resiko yang tinggi. Usahakan segenting apapun masalah yang kamu hadapi untuk tetap tidak terjerumus pada hutang. Terkecuali memang benar benar tidak ada jalan lain dan sudah memikirkan cara untuk membayarnya. Pada mula nya hutang merupakan hal yang sangat membantu, tetapi jika terus dilakukan akan menimbulkan masalah baru yang sulit untuk diselesaikan. 

Terlebih jika kamu berhutang dengan bunga yang cukup besar. Sekali saja kamu melakukan keterlambatan pembayaran maka hutang yang kamu miliki akan semakin bertambah besar dan semakin lama untuk lunas. Kemudian hal yang paling sering terjadi adalah demi untuk dapat menutupi hutang tersebut banyak orang kembali berhutang ke tempat lain. Hal semacam ini sangat biasa terjadi dilingkungan masyarakat kita dan terus terjadi berulang ulang tanpa penyelesaian. 

Untuk itu, sedari sekarang kamu harus dapat melakukan pencegahan agar terhindar dari lubang hitam dunia perutangan. 

Berikut Tips Agar Terhindar Dari Menumpuknya Hutang  di Masa Depan:

  • Hidup Hemat

Menerapkan untuk hidup hemat merupakan hal yang harus kamu tanamkan agar dapat terhindar dari hutang. Setiap kali akan melakukan hal yang dapat merugikan kedaan keuanganmu seperti berbelanja berlebihan, kamu harus selalu ingat akan resiko yang akan kamu dapatkan. Tidak ada ruginya jika kamu hidup hemat, yang sangat rugi adalah jika kamu tidak bisa hidup hemat.

Banyak dampak yang akan terjadi di bagian keuangan mu jika kamu melakukan pemborosan, salah satunya adalah kamu bisa terlibat dengan hutang. Selalu ingat bahwa hutang merupakan hal yang harus kamu hindari untuk tetap menjaga masalah keuang mu. Jika memang benar benar terdesak dan harus berhutang, fikirkan akibat kedepannya. Usahakan kamu berhutang dengan suku yang tidak terlalu besar. Atau coba bicarakan baik baik masalah keuangan mu dengan keluarga, biasanya berhutang dengan keluarga tidak ada bunga didalamnya. 

  • Menabung Secara Rutin

Selagi masih muda dan masih dalam usia produktif untuk bekerja, lakukanlah pekerjaanmu dengan semaksimal mungkin. Jangan lupa sisihkan gajimu untuk ditabung rutin setiap bulannya. Biasakan untuk menabung di awal bulan saat baru menerima gaji. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kebutuhan mendesak yang memaksa kamu untuk mengeluarkan uang lebih dan tidak tersisanya gajimu untuk ditabungkan. 

  • Buat Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang berbeda dengan uang tabungan. Dana darurat harus kamu persiapkan sendiri khusus untuk menanggulangi hal hal yang tak terduga didepan sana. Dengan memiliki dana darurat tentunya kamu akan terhindar dari masalah keuangan jika nanti nya terjadi hal hal yang tak terduga. Contohnya saja jika tiba tiba motor mu rusak dan  butuh diservis dengan total harga yang lumaya, kamu tidak perlu menggunakan dana untuk makan bahkan dana untuk tabungan. 

Yang terpenting adalah kamu akan terhindar dari hutang jika telah menyediakan sendiri dana darurat.  Kamu dapat menghitung 6 sampai 12 kali pengeluaran ketika akan membuat anggaran untuk dana darurat. Simpan dana darurat ini di tempat yang sekiranya aman dan jauh dari jangkauan tangan mu sendiri, seperti di Bank.

  • Ikut Asuransi

Asuransi merupakan hal yang wajib untuk kamu persiapkan. Dengan memiliki jaminan asuransi kamu akan terhindar dari masalah keuangan bahkan hutang ketika tubuh atau harta benda yang kamu miliki mengalami masalah. Yang terpenting adalah ketika tiba tiba kamu sakit dan sedang tidak memiliki uang yang cukup kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya. 

Terlebih jika masalah kesehatan yang pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika kamu tidak memiliki asuransi kesehatan tentunya kamu akan mengalami kesulitan bahkan bisa saja akan mencari pinjaman kesana kemari. Karena sudah pasti masalah kesehatan merupakan masalah yang harus cepat ditangani dan tidak boleh ditunda tunda.

  • Lakukan Investasi

Investasi dapat menjadi solusi ketika kamu menginginkan finansial yang lebih baik kedepannya.  Karena dengan melakukan investasi otomatis penghasilanmu akan bertambah, dan dengan bertambahnya penghasilan yang kamu miliki akan lebih terhindar dari hutang. Tetapi sebelum memulai investasi kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu mana investasi yang aman dan mana investasi yang sesuai dengan target yang ingin kamu capai.

Sebagai pemula pilihlah investasi dengan tingkat resiko yang rendah seperti investasi emas. Investasi emas merupakan investasi yang patut kamu coba karena emas memiliki harga yang tidak akan turun seiring berjalannya waktu. Semakin lama kamu melakukan investasi emas maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. Berbeda dengan investasi lainnya yang tidak memiliki akan jaminan keuntungan yang pasti. 

You may also like