Home Tabungan Cara Agar Kamu Bisa Liburan Ke Luar Negeri Meski Gaji UMR 

Cara Agar Kamu Bisa Liburan Ke Luar Negeri Meski Gaji UMR 

by Mas Abadi

Pandemi Covid-1 memang belum reda sepenuhnya. Tetapi, keadaan sekarang ini dianggap jauh lebih baik sebab hampir seluruh negara telah mempunyai strategi untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19. 

Untuk mempercepat proses pemulihan keadaan ekonomi negara di dunia, beberapa negara melakukan kerja sama guna mendorong pemulihan pada bidang pariwisata. Salah satunya yaitu konsep travel bubble antara Singapura dan Indonesia pada beberapa saat lalu. 

Liburan ke luar negeri rasanya bisa terwujud dalam waktu dekat. Hanya saja untuk beberapa orang yang masih memiliki pendapatan standar UMR pasti merasa mustahil untuk bisa pergi liburan ke luar negeri. Alasannya, upah yang diterima per bulannya hanya bisa memenuhi keperluan sehari-hari. 

Padahal berapapun jumlah upah yang diterima, sebetulnya dapat dipakai untuk berlibur ke luar negeri. Namun, hal tersebut perlu direncanakan sejak jauh-jauh hari untuk dapat mewujudkannya. Nah, di bawah ini ada sejumlah cara supaya kamu bisa liburan ke luar negeri walaupun gaji UMR. 

Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Gaji UMR 

Kamu bisa menerapkan semua tips berikut sejak jauh-jauh hari, jika kamu ingin liburan ke luar negeri akhir tahun, maka kamu harus mempersiapkannya dari awal tahun. Berikut tips liburan ke luar negeri dengan gaji UMR. 

1. Tentukan negara tujuan 

Menentukan negara tujuan untuk pergi liburan ini menjadi hal yang sangat penting. Hal ini perlu kamu lakukan sejak awal supaya dapat menentukan budget yang diperlukan untuk pergi berlibur keluar negeri. Jangan lupa juga pastikan negara tujuan tersebut mempunyai tingkat penanganan virus Covid-19 yang bagus. 

Sesudah memilih negara yang akan dituju, penting pula bagi kamu untuk menentukan berbagai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Sesudah itu, tentukan juga waktu keberangkatan. Kamu harus ingat, pergi liburan pada musim liburan maupun hari besar, umumnya semua harganya ikut melambung. 

Tidak hanya itu, perhatikan pula keadaan terkini dalam penanganan Covid-19 di negara yang ingin kamu tuju tersebut. 

2. Buat anggaran 

Cara berikutnya yaitu tentukan anggaran yang perlu kamu siapkan. Anggaran tersebut seperti tiket penerbangan, makan, penginapan, biaya transportasi, oleh-oleh dan yang lainnya. 

Semua harga tersebut dapat kamu sesuaikan dengan budget. Pesan akomodasi atau tiket pesawat sejak jauh-jauh hari dapat memperoleh harga tiket yang sangat murah. Kamu juga harus memanfaatkan promosi demi memperoleh harga yang lebih terjangkau. 

3. Mulai menabung

Jika kamu telah melakukan kedua hal pada poin di atas, yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu mulailah menabung. Seluruh rencana yang sudah tersusun dapat terwujud sesudah menyisihkan penghasilan untuk pergi berlibur. 

Sebagai catatan, kamu dapat menyimpan gaji sebanyak 10% dari penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Tidak hanya itu, selama masa kamu menabung, kamu dapat mengurangi atau bahkan tidak membeli hal-hal tidak dibutuhkan yang dapat mengganggu keuangan mu maupun rencana menabung. 

4. Ajak anggota keluarga, teman atau pasangan liburan bersama 

Cara lain demi mengurangi anggaran liburan ini dengan liburan bersama anggota keluarga, teman atau pasangan. Hal ini dapat mengurangi sejumlah pos anggaran seperti biaya sewa kendaraan atau sewa penginapan selama berlibur di negeri orang.  

Bukan hanya itu, liburan mu juga dijamin bisa semakin menyenangkan dengan orang-orang tersayang yang mempunyai tujuan sama. Sehingga kamu mempunyai kenangan bersama mereka. 

5. Manfaatkan promo 

Kamu harus memanfaatkan promo yang banyak diberikan oleh perusahaan penerbangan dan juga platform untuk memesan penginapan. Biasanya pada waktu tertentu mereka akan memberikan diskon besar-besaran sehingga kamu bisa mendapatkan akomodasi yang terjangkau dan lebih menghemat. 

Jika ingin mendapatkan promo ini, maka kamu perlu memantau platform tersebut setiap waktu. Bila sudah mendapatkan harga tiket pesawat atau sewa penginapan yang murah, kamu bisa langsung membayarnya tanpa perlu menunggu yang lebih murah lagi. 

6. Memanfaatkan transportasi umum 

Saat kamu sudah tiba di negara yang akan kamu kunjungi, biasanya di seluruh negara mempunyai transportasi umum yang bisa kamu manfaatkan. Menggunakan transportasi umum ini bisa membuat kamu lebih berhemat karena harganya yang sangat murah dibandingkan kamu menyewa taksi. 

Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu lebih dulu cara menggunakan transportasi umum di negara tersebut. Sebab biasanya untuk menaiki transportasi tersebut, kamu harus membuat sebuah kartu atau membayar dengan uang cash. Supaya tidak ribet saat ingin menaiki nya, kamu perlu riset hal ini sebelum berangkat ke negara tersebut. 

Nah, itu dia sejumlah cara agar kamu bisa liburan ke luar negeri walaupun gajimu UMR. Dengan cara di atas, diharapkan bisa membantu kamu yang sangat ingin pergi liburan ke negara orang. Jangan lupa untuk siapkan budget lebih sebagai dana darurat agar kamu tidak kebingungan saat kehabisan uang disana. 

 

You may also like