Home Perencanaan Capai Kemerdekaan Finansial Dengan Beberapa Tips Berikut Ini

Capai Kemerdekaan Finansial Dengan Beberapa Tips Berikut Ini

by admin

Siapa sih yang tidak mengidamkan posisi merdeka, khususnya secara finansial? Khususnya bagi kamu kaum muda saat ini, jangan biarkan sia-siakan waktu dan kemapanan finansial yang mengancam masa tua kamu nantinya. 

Namun, sebelum melangkah jauh dalam pembahasan yang menarik ini, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan merdeka finansial? Sebagai informasi tambahan di awal, bahwa merdeka finansial merupakan kondisi dimana kamu terbebas dari tanggungan keuangan yang membebani saat kamu sudah tidak bekerja lagi. 

Selain itu, dapat diartikan juga sebagai posisi dimana kamu tidak memiliki beban piutang, leluasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan, dan/atau tidak dalam posisi generasi sandwich.

Setelah kamu mengetahui makna dari merdeka finansial, Pasti kamu pun menginginkannya, bukan? Jangan pesimis jika kamu belum merasa berhasil dalam hal mengatur finansial. Kamu hanya perlu belajar menata keuangan agar bisa mencapai kemerdekaan finansial.

Tips Capai Kemerdekaan Finansial

Dalam mencapai kemerdekaan finansial memang bukan hak yang mudah, kamu perlu membiasakan diri dalam pengaturan keuangan yang baik. meskipun kamu rasa belum bisa menata finansial saat ini bukan berarti hal terlambat, kamu bisa mencari tahu cara mudahnya seperti dalam pembahasan artikel di bawah ini. 

Untuk memaksimalkan usaha kamu dalam mencapai kemerdekaan finansial kamu saat ini, kamu bisa Simak tips nya di bawah ini untuk bisa mengantarkan kamu dalam posisi merdeka dalam finansial.

1. Hindari Sikap Konsumtif

Konsumtif merupakan perilaku yang menjadikan seseorang dapat mengkonsumsi suatu produk secara berlebihan, tanpa adanya kesadaran akan urgensi atau tingkat nilai dan fungsi produk tersebut bagi kehidupan. 

Dalam arti kata lainnya dapat digolongkan sebagai sifat yang merujuk pada pemborosan. Untuk mencapai kemerdekaan finansial yang benar, kamu perlu mengontrol diri dalam mengkonsumsi suatu produk agar tidak berlebihan. 

Lihat kemampuan dan daya fungsinya atau kebutuhan agar tidak menjadi sia-sia. Kamu perlu menentukan skala prioritas untuk dijadikan sebagai kontrol diri dalam mengkonsumsi suatu produk dan tidak terjerumus dalam sifat dan sikap konsumtif tersebut.

2. Pentingkan Dana Darurat

Jangan kamu remehkan tentang dana darurat. Kebanyakan orang memang biasa menyepelekan atau memandang sebelah mata tentang dana darurat, padahal perannya sangat penting. 

Kondisi yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan, dana kemanusiaan, dana sosial, dan lain sebagainya perlu dianggarkan sendiri karena waktu datangnya sering tidak terduga. 

 

angan kamu habiskan pendapatan kamu hanya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan saja tanpa menyisakan budget darurat yang sewaktu-waktu diperlukan dan malah membuat kamu akan bingung harus mencari dana untuk emmenuinya kemana. Terlebih

Jika kamu sudah berkeluarga, maka alokasi dan darurat ini sangat memiliki peran penting. Jangan biarkan kamu terjebak dalam kondisi bingung ketika menghadapi kondisi tidak terduga, karena hal tersebut tentunya tidak mencerminkan kondisi merdeka secara finansial. 

3. Mulai Belajar Investasi

Masa muda saat ini kamu bisa manfaatkan untuk belajar mengenai dunia investasi. Era digital yang akan memudahkan kamu dalam melakukan berbagai hal, lewat kemudahan itu kamu bisa gunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan contohnya dalam belajar berinvestasi dan saat ini pun kamu dapat dengan mudah memiliki akses untuk berinvestasi lewat online. 

Saat ini kamu bisa melakukan transaksi jual beli saham, obligasi, reksadana, emas, dan surat berharga lainnya melalui platform digital. Berbagai macam platform digital kini banyak menawarkan layanan investasi surat berharga secara digital. 

Namun, dengan semakin adanya kemudahan kamu perlu hati-hati dan harus lebih selektif dalam memilih investasi dan media investasi yang digunakan. Kasus Cyber Crime saat ini pun sangat marak, oleh karena itu kamu perlu melihat legalitas dari perusahaan tempat kamu berinvestasi. 

Bukan bisa buat kamu untung malah buntung alias merugi karena tertipu. Mulailah berinvestasi untuk bisa mempersiapkan kamu pada kondisi merdeka finansial yang diidam-idamkan. 

4. Hindari Mengikuti Trend Pinjaman Online

Siapa yang tidak kenal dengan istilah pinjaman online atau Pinjol. System pinjam uang yang dilakukan melalui platform digital dengan syarat yang mudah dan cepat menjadikan masyarakat terlena.

Kondisi ini pun menjadikan tren baru saat ini dalam mendapatkan pinjaman uang, bagi kamu yang ingin mapan atau merdeka secara finansial hindari mengikuti trend pinjaman online ini, karena akan membahayakan kondisi keuangan kamu dan terlena dengan keadaan. 

5. Memiliki Rencana Keuangan yang Jelas

Terakhir, kamu perlu memiliki rencana keuangan yang jelas. Dengan menata keuangan kamu dalam catatan keuangan yang jelas mulai dari pemasukan, pengeluaran.

List kebutuhan dan keinginan bisa kamu lihat untuk bisa kamu tentukan skala prioritas untuk masing-masing dapat dipenuhinya. Cara ini akan memudahkan kamu dalam menuju kemerdekaan finansial.

Bagaimana apakah tips diatas cukup memberikan gambaran bagi kamu untuk mencapai kemerdekaan finansial?  

You may also like