Home Karier Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Berikut Prospek Kerja Teknik Informatika Di Sini

Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Berikut Prospek Kerja Teknik Informatika Di Sini

by Mas Abadi
Prospek Kerja Teknik Informatika

Sebagai calon mahasiswa, kamu tentunya tidak bisa memutuskan jurusan yang diambil sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan demi masa depan yang diidamkan. Dari sekian banyak jurusan yang ada, Teknik Informatika bisa kamu jadikan pilihan. Mengingat prospek kerja teknik informatika juga masih terbuka lebar.

Apa Itu Kuliah Jurusan Teknik Informatika?

Prospek Kerja Teknik Informatika

Rasanya tidak afdol jika kamu tidak hanya mengecek prospek tanpa tahu sebenarnya jurusan tersebut mempelajari apa. Untuk kamu yang berniat mengambil jurusan Teknik Informatika, jurusan satu ini mempelajari tentang prinsip-prinsip ilmu komputer. Selain itu juga mendalami dan menerapkan analisa matematis untuk desain, pengujian sampai evaluasi perangkat lunak.

Teknik informatika merupakan salah satu bidang yang di dalamnya akan diajarkan bagaimana menggunakan teknologi komputer dengan optimal. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangani berbagai masalah transformasi, maupun pengolahan data tanpa melewatkan proses logika. Selama kuliah, kamu akan mengkaji pemrograman dan juga komputerisasi.

Kamu yang bercita cita ingin membuat software sendiri di masa mendatang, bisa mengambil jurusan ini. Karena nantinya kamu memang akan dibekali dengan ilmu dan keterampilan merancang perangkat lunak. Bukan hanya itu, kamu juga akan diasah untuk menghasilkan ide kreatif, dan merealisasikan ide tersebut. Mahasiswa jurusan ini umumnya ahli di bidang aplikasi dan sistem operasi.

Prospek kerja teknik informatika dan gajinya terbilang menggiurkan, dan dukungan teknologi yang makin canggih juga mendukung jurusan ini banyak penggemar. Kamu yang memiliki beberapa karakter seperti tekun, kritis dan rasional sangat cocok untuk masuk jurusan ini. Tak hanya itu, jika kamu suka berhitung dan menganalisa juga cocok.

Jika kamu termasuk orang yang gemar bekerja sendiri juga bisa memilih jurusan ini. Terutama jika kamu juga memiliki karakter senang memecahkan masalah dan juga melakukan riset. Dengan bergelut di bidang ini, maka karakter karakter yang sesuai tersebut akan sangat membantu kamu untuk mengembangkan diri lebih maksimal.

Alasan Kamu Harus Mengambil Jurusan Teknik Informatika

Umumnya sekalipun kamu sudah mengetahui tentang jurusan tersebut, masih ada rasa ragu untuk menentukan keputusan akhir. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menjadikan peluang karir jurusan satu ini semakin terbuka lebar. Terutama untuk kamu yang menyukai bidang komputer, pemrograman dan juga teknologi.

Dilansir dari Bureau of Labor and Statistik (BLS), perkembangan karir di bidang ini akan terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Tepatnya di antara tahun 2014 sampai nanti 2024, dimana tingkat pertumbuhannya bisa mencapai 12%. Apalagi jurusan ini juga memiliki profesi yang luas dan sangat bervariasi.

Sekalipun memiliki prospek yang menggiurkan, gaji teknik informatika juga tidak main main. Ada banyak instansi yang membutuhkan tenaga ahli di bidang satu ini. Mulai dari instansi pemerintahan, perusahaan swasta hingga BUMN. Tak hanya bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi independent self employe dengan menjadi pengembang software atau konsultan.

Baca Juga Artikel Berikut :

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika

Prospek Kerja Teknik Informatika

1. Front End Developer

Seorang Front end developer merupakan programmer yang tugasnya mengerjakan program secara langsung. Prospek pekerjaan ini bisa dilihat langsung oleh pengguna. Sehingga kamu harus menguasai HTML, JavaScript hingga CSS. Memang banyak yang harus dikuasai, tetapi setara dengan gajinya. Di Amerika per tahun gaji front end developer per tahun bisa 1,3 M.

2. Android Developer

Pengguna android dan sistem yang terus berkembang juga menjadi peluang pekerjaan yang tak bisa kamu lewatkan. Seorang android developer sendiri adalah programmer yang mampu merancang dan juga membuat aplikasi android. Kamu yang bercita cita berprofesi satu ini, wajib menguasai bahasa pemrograman. Gaji teknik informatika untuk profesi satu ini bisa 1,5 M per tahun.

3. Database Administrator

Prospek kerja yang juga bisa kamu raih jika mengambil jurusan satu ini adalah Database Administrator. Database sendiri sangat penting karena menjadi kumpulan informasi berharga yang ada di komputer. Sehingga tidak bisa menggunakan tenaga sembarangan, seorang database administrator biasanya bisa digaji hingga 1,3 M per tahunnya.

4. Data Scientist

Sebagai lulusan teknik Informatika, kamu juga bisa mengambil profesi sebagai Data Scientist. Pekerjaan ini memang semakin lama semakin populer. Tugasnya nantinya menganalisis data agar bisa mengambil keputusan. Kemampuan yang dibutuhkan juga tak main main, namun setara dengan gajinya yang bisa mencapai Rp 2 M per tahun.

5. Back End Developer

Selain ada Front End Developer, ada juga Back End Developer yang tak kalah menarik untuk digeluti. Nantinya kamu akan lebih fokus menangani data dari website, database hingga server. Kamu juga akan bertugas untuk merancang sistem dan API. Gaji profesi ini menggiurkan, setahunnya bisa mencapai 1,6 M.

Sebenarnya masih banyak sekali prospek kerja teknik informatika yang bisa kamu geluti. Semua profesi tentunya membutuhkan tenaga ahli yang tidak bisa sembarangan. Harus menguasai beberapa kemampuan, sehingga wajar jika gajinya juga tidak kaleng kaleng. Kamu bisa memilih jurusan ini, apalagi jika dirasa cocok dengan passion kamu.

You may also like