Home Bisnis Butuh Tambahan Modal Usaha? Modalku Solusinya

Butuh Tambahan Modal Usaha? Modalku Solusinya

by Mas Abadi
Tambahan modal

Mengembangkan usaha sudah pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Terkadang sebagai pelaku usaha sudah pasti mencari modal ini tidak dapat dikatakan mudah. Apalagi jika Anda berniat untuk mencari pinjaman. Hal ini tidak lepas dari persyaratan yang terkadang juga sulit dipenuhi. Tapi, jika Anda memang berniat mencari modal usaha, coba ajukan di Modalku. 

Modalku sepertinya tahu akan kebutuhan dari pelaku usaha yang sering kali mendapatkan kesulitan ketika akan mengajukan pinjaman. Mereka memberikan pinjaman modal dengan syarat mudah dan ada beberapa pilihan produk yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM. Lalu apa saja produk pinjaman yang ditawarkan dan bagaimana cara untuk mengajukan pinjaman? Simak ulasannya di bawah ini. 

Mengenal Tentang Modalku 

Tapi sebelum tahu apa saja produk dan cara untuk mengajukan pinjaman di Modalku. Ada baiknya Anda mengenal lebih jauh sebenarnya apa itu Modalku. 

Modalku merupakan sebuah aplikasi P2P atau Peer to Peer Lending yang memberikan solusi untuk seluruh pelaku UMKM agar mendapatkan investor yang akan meminjamkan dana. Seluruh proses pengajuannya pun berbasis online, sehingga pelaku UMKM dapat terhubung dengan investor secara mudah dan cepat. Bahkan terdapat perlindungan ketat bagi pemberi dana. 

Berdiri semenjak tahun 2015, Modalku telah bekerja sama dengan Qoala Insurtech dalam memberikan jaminan perlindungan ini. Sehingga para investor atau pemberi dana tidak perlu khawatir lagi ketika peminjam dana tidak dapat mengembalikan pinjamannya. Karena seluruh kegiatan pendanaan akan ada jaminan, sehingga putaran dana tetap bisa berjalan. 

Modalku sudah memiliki lebih dari 200 ribu orang yang siap menjadi investor, di mana seluruh pendana ini terdiri dari individu dan institusi. Tapi, paling banyak investor datang dari individu. Modalku tidak hanya ada di Indonesia saja, mereka juga beroperasi di Singapura, Malaysia dan Thailand.  

Produk Pinjaman di Modalku dan Cara Mengajukannya 

Adapun beberapa jenis produk pinjaman yang ditawarkan oleh Modalku. Berikut ini produk dan cara pengajuannya: 

  • Virtual Kredit 

Produk pertama adalah Modalku Virtual Kredit yang sangat cocok untuk Anda pilih jika memang belum mempunyai legalitas usaha. Limit pinjaman yang ditawarkan dari produk ini adalah 500 juta rupiah dengan sistem pay later. Masa tenor yang diberlakukan mulai dari 15 hari hingga 30 hari dan bunga dimulai dari 1%. Untuk syarat pengajuannya adalah sebagai berikut: 

  • Wilayah usaha adalah di Pulau Jawa, Batam, Makassar, Medan, Bali dan Palembang. 
  • Sudah memiliki atau menjalankan usaha tersebut selama 6 bulan. 
  • Penghasilan perbulan minimal 6 juta rupiah. 
  • Menyerahkan foto KTP, NPWP, foto selfie dengan KTP dan mutasi rekening minimal 3 bulan terakhir bila ingin mendapatkan limit mulai 100 juta rupiah. 
  • Menggunakan aplikasi kasir online seperti Gobiz, Moka, Spot, Majoo dan lain sebagainya. 

Apabila Anda ingin menggunakan jenis pinjaman yang satu ini, maka berikut ini alurnya: 

  • Beli barang yang ada di salah satu marketplace. 
  • Upload invoice dari pembelian barang tersebut di aplikasi Modalku.
  • Apabila disetujui, maka Modalku akan membayarkan transaksi ke marketplace. 
  • Barang ini akan menjadi modal Anda untuk dijual kembali. 
  • Anda pun harus membayar pinjaman pembayaran tadi dengan waktu 15 atau 30 hari. 
  • Modal Kawan Mikro 

Produk selanjutnya dari Modalku adalah Kawan Mikro. Jenis pinjaman ini bisa diajukan untuk pelaku UMKM online dan offline. Limit pinjaman yang disediakan mencapai 250 juta dan masa tenor termasuk panjang yaitu 3 hingga 12 bulan. Untuk bunga yang ditetapkan adalah sekitar 2%. Syarat pengajuannya pun sama dengan Modalku Virtual Kredit. Di mana ada tambahan bagi yang tidak mempunyai NPWP bisa memberikan laporan penjualan di marketplace atau dari sistem kasir online dari Gobiz, Moka, Spot dan lain sebagainya. 

  • Invoice Financing 

Jika Anda membutuhkan modal untuk memperkuat arus kas pada usaha, maka bisa mengajukan Invoice Financing. Dari produk ini, Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga mencapai 2 milyar rupiah. Jumlah yang cukup besar dan bisa menjadi solusi tercepat jika memang Anda membutuhkannya. 

Hanya saja, untuk masa tenor yang disediakan dari produk ini sangatlah singkat, maksimal pengembalian adalah 90 hari. Tapi, untuk presentasi pencairan tidak perlu Anda khawatirkan lagi yaitu bisa mencapai 80%. Untuk mengajukan jenis pinjaman ini juga sama dengan dua jenis produk pinjaman Modalku sebelumnya. 

Selain produk pinjaman dana, Anda pun bisa mengikuti Pendanaan Modalku. Produk yang satu ini sendiri sangat cocok bagi Anda yang ingin ikut berpartisipasi untuk menanamkan modal. Bagi Anda yang ingin menjadi pendana atau peminjam, dapat langsung mengunduh aplikasi Modalku di PlayStore. Bagi Anda yang berniat meminjam dana untuk modal usaha, harus siap diseleksi dengan sangat ketat oleh pihak Modalku. 

 

You may also like