Home Investasi Bursa Kripto: Pengertian serta Kehadirannya di Dunia dan Indonesia

Bursa Kripto: Pengertian serta Kehadirannya di Dunia dan Indonesia

by Mas Abadi
Bursa Kripto

Mata uang kripto saat ini memang menjadi perhatian seluruh dunia, terlebih tokoh dunia seperti Elon Musk pun juga ikut meramaikan pasaran mata uang digital ini. Dalam dunia mata uang digital ini ada yang namanya bursa kripto. Jika Anda tertarik dengan kripto, maka harus tahu tentang bursa tersebut. Lalu, sebenarnya apa pengertian bursa kripto? Dan bagaimana kehadirannya di dunia serta Indonesia? Mari simak penjelasannya dalam artikel ini. 

Apa itu Bursa Kripto 

Secara garis besar, bursa kripto adalah platform yang menjadi tempat untuk membeli mata uang digital atau kripto. Pada bursa ini pun Anda dapat mengkonversikan uang kripto satu dengan yang lainnya. Semisalnya ingin mengkonversikan dari dogecoin ke bitcoin. 

Anda pun juga bisa membeli Cryptocurrency di bursa ini dengan menggunakan mata uang biasa, semisalnya rupiah. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengubah Cryptocurrency ke rupiah jika memang mendapatkan untung dari investasi yang sudah dilakukan. Dari penjelasan ini, maka bisa dikatakan bahwa bursa kripto adalah tempat bagi Anda untuk mengawasi pergerakan untung rugi dari Cryptocurrency yang dimiliki. 

Hanya saja, Indonesia saat ini tidak mempunyai bursa Cryptocurrency. Padahal perdagangan mata uang ini mempunyai potensi besar dan membutuhkan perlindungan agar transaksi dapat berjalan dengan lebih aman dan mudah. Jadi, bagi para investor Cryptocurrency di Indonesia sepertinya harus sabar menunggu hingga ada bursa kripto di Indonesia. 

Bursa Kripto di Indonesia Apakah Mungkin?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Indonesia hingga saat ini belum menyediakan bursa kripto. Tapi, bukan berarti tidak ada kemungkinan akan didirikan bursa Cryptocurrency. Karena beberapa waktu lalu sudah ada wacana dari pemerintah dalam membangun bursa ini di Tanah Air. 

Pemerintah telah menyatakan bahwa ada rencana atau penggodokan yang sedang dilakukan untuk membuat bursa yang dikhususkan untuk Cryptocurrency di Indonesia. Adanya berita ini, sudah jelas membawa angin segar untuk para investor mata uang digital. 

Dengan adanya upaya dari pemerintah untuk mengembangkan ekosistem pada pasar aset Cryptocurrency, menjadi bukti bahwa pemerintah telah sadar akan potensi dari mata uang ini sangatlah besar. Diharapkan bursa Cryptocurrency akan siap di Indonesia pada akhir tahun 2021 ini. Tidak hanya itu saja, pemerintah pun tengah merancang untuk mendirikan lembaga kliring serta depository. Di mana keduanya akan memperkuat keamanan untuk investor. 

Kenapa pendirian dilakukan dalam waktu lama? Jawabannya adalah karena Cryptocurrency ini tidak mempunyai karakteristik yang sama dengan komoditas fisik biasa. Untuk membuat sistem keamanan yang kuat sudah pasti tidak akan mudah dan harganya pun terbilang sangat mahal. Maka daripada itu, pemerintah harus memastikan bahwa jaminan yang diberikan ini akan membuat investor menjadi lebih aman dan nyaman. 

Pendirian dari bursa Cryptocurrency di Indonesia pun menjadi sangat dibutuhkan dengan adanya peningkatan jumlah investor yang sangat tinggi. Hingga Mei tahun 2021 ini, jumlah investor yang terdata sudah mencapai 6,5 juta orang. Jumlah transaksi yang tercatat pun mencapai 370,4 triliun rupiah. 

Jika dibandingkan pada bulan Januari hingga April, di mana jumlah investor yang tercatat dalah 4,8 juta orang dengan total transaksi sekitar 237,3 triliun rupiah. Lalu, pada tahun lalu, transaksi Cryptocurrency yang tercatat di Indonesia hanyalah 64,97 triliun rupiah. 

Dari data tersebut, maka sudah sangat terlihat kenaikan angka dari investor yang ada saat ini sudah melebihi ekspektasi. Bahkan jumlah tersebut sudah lebih banyak dari total investor di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Maka daripada itu, jelas pemerintah pun harus segera membuat regulasi terkait dengan Cryptocurrency. 

Bursa Kripto di Dunia 

Sedangkan untuk bursa Cryptocurrency di dunia sudah ada banyak. Bursa kripto yang paling besar saat ini adalah Binance. Bila Anda sudah lama terjun di dunia kripto, sudah pasti tahu akan bursa Cryptocurrency yang satu ini. Bahkan di Singapura, Binance telah membuka kantor. Walaupun pertama kali berdiri di Kepulauan Cayman, tapi bursa ini sudah menjadi salah satu yang terbaik di dunia. 

Lalu, bursa lain yang ada di dunia dan cukup terkenal adalah Coinbase serta Coinbase Pro. Kedua bursa ini sendiri sangatlah terkenal di Amerika Serikat. Bursa Coinbase sudah mendapatkan lisensi penuh dan beroperasi di sekitar 40 negara bagian yang ada di US. Bursa Cryptocurrency selanjutnya yang juga cukup dikenal adalah CashApp yang tidak hanya menyediakan kripto, tapi juga menyediakan saham serta ETF. 

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan kripto di Indonesia sangatlah pesar dan semakin bertambah. Dengan adanya bursa kripto di Tanah Air, maka diharapkan nantinya para investor bisa lebih melebarkan sayap dalam menanamkan modal. Jadi, apakah Anda tertarik dengan investasi mata uang crypto ini? Jika tertarik, lebih baik memahami terlebih dahulu resikonya. 

 

You may also like