Home Tips Buat Para Freelancer, Berikut Langkah Atur Finansial

Buat Para Freelancer, Berikut Langkah Atur Finansial

by admin

Beberapa orang memilih untuk menjadi pekerja lepas atau freelancer. Terdapat beberapa alasan kenapa orang memilih menjadi freelancer, alasannya adalah karena waktu yang lebih fleksibel, ada pekerjaan utama, serta sedang dalam masa studi dan lain sebagainya.

Jika kamu salah satu freelancer, tentunya sudah tidak asing dengan perihal penghasilannya yang dikenal tidak menentu. Gaji atau penghasilan yang kamu dapatkan tergantung dengan kinerja dan ketentuan lainnya.

Jika berdasarkan kondisi keuangan dari pendapatan yang tidak menentu tentu saja kamu harus lebih cermat dalam mengatur keuangan dengan langkah yang baik. Sebagai seorang freelancer, jika ingin sejahtera dan damai, kuncinya ada pada pengelolaan keuangan atau finansial. 

Cara Atur Finansial Untuk Para Freelancer

Keuangan adalah hal yang bisa dibilang cukup vital untuk para freelancer. Freelancer tidak memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya, tidak punya tunjangan seperti kesehatan, uang pensiun, dan masih banyak. Oleh sebab itu, jika kamu seorang freelancer, akan lebih baik jika kamu tidak akrab dengan kata “boros”. 

Mengatur keuangan adalah hal penting, demi memiliki kehidupan yang lebih matang, damai dan sejahtera. Apalagi untuk para freelancer, tentu saja tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mendapatkan solusinya. Kamu bisa mengikuti tips berikut ini agar mudah mengatur keuangan sebagai freelancer yang hidup damai.

Wajib Menabung 

Menabung bukanlah suatu pilihan, usahakan kamu selalu menanamkan dalam diri bahwa menabung adalah kewajibanmu. Menabung adalah hal yang sangat penting, terutama bagi orang yang tidak memiliki penghasilan yang tetap.

Memiliki tabungan bisa dikatakan kamu sedang menyiapkan jaminan untuk hidup di esok hari. terutama untuk memenuhi kebutuhan hidup di bulan depan. Ingat baik-baik, uang yang kamu punya tidak hanya akan kamu habiskan untuk masa sekarang. Pasti di masa depan akan ada hal tidak terduga. 

Sebagai contohnya, kamu belum dapat panggilan kerja untuk freelance, artinya kamu tidak akan mendapatkan upah dari hasil pekerjaan freelance tersebut. Tetapi kamu akan merasa aman jika memiliki tabungan, kamu masih bisa menyambung hidup.

Setidaknya kamu harus menabungkan uang dalam empat atau enam kali dari total penghasilan kamu setiap bulan. Bisa dihitung juga dengan cara menghitung nilai rata-ratanya.

Usahakan Mengutamakan Kebutuhan Pribadi Sendiri Di Atas Keinginan

Kamu harus ingat, bahwa kamu bekerja sebagai freelancer harus lebih bijaksana dan ekstra dalam membelanjakan uang yang kamu miliki. Maka dari itu, utamakan diri kamu sendiri terlebih dahulu di atas keinginan.

Maksudnya adalah, sebaiknya kamu mementingkan segala kebutuhan yang memang kamu butuhkan. Kemudian setelahnya, kamu bisa pikirkan kebutuhan-kebutuhan lain.

Usahakan Sudah Punya Akun Bank yang Berbeda Antara Untuk Pribadi dan Untuk Kepentingan Bisnis

Sebagai freelancer kamu juga wajib mengatur keuangan dari mulai pemasukan atau gaji. Kamu harus sudah punya akun bank yang berbeda antara untuk kepentingan pribadi dan akun yang yang untuk kepentingan bisnis. Dengan memisahkan penghasilan dalam dua rekening yang berbeda akan jauh lebih efisien dalam hal pengecekan dan penggunaan,

Sebagai contoh, akun bank khusus bisnis, usahakan untuk mengalokasikan pendapatan. Sedangkan untuk akun bank pribadi digunakan sebagai pendapatan yang lain. Apabila sanggup dilakukan, bisa juga membuat akun yang berbeda-beda, bisa kamu buka untuk pembayaran pajak, serta akun untuk khusus tabungan-tabungan penting.

Jika sampai dicampur dalam satu akun bank, justru itu tidak akan mudah kamu atur. Kamu hanya akan menggunakan uang bahkan sampai tidak tahu tiba-tiba uang habis untuk apa saja.

Mendapatkan Penghasilan yang Lebih Banyak

Seperti yang sudah kamu ketahui, penghasilan seorang freelancer atau pekerja lepas yakni tidak menentu. Hal tersebut bukanlah hal yang asing lagi terutama jika kamu seorang freelancer.

Supaya kamu bisa menghadapi hal tersebut, kamu bisa melakukannya dengan cara menabung. Usahakan untuk menabung, ketika hal itu masih cukup memungkinkan. Uang tabungan tersebut sangat bermanfaat kelak saat kamu sedang menghadapi masa-masa yang cukup sulit.

Hidup hemat adalah sahabat sejati bagi para freelancer. Sebagai contoh yakni dalam membeli kebutuhan pokok kamu harus pilih barang yang harganya lebih terjangkau, serta untuk keperluan yang lain lebih baik pilih harga yang lebih terjangkau.

Bisa Mengatur Finansial Sejak Dini

Tidak jarang orang yang berpendapat bahwa dalam mengatur finansial adalah hal yang cukup membebani diri sendiri. Bahkan masih banyak juga orang yang berpikir, dalam hal atur finansial adalah sesuatu yang susah dan cukup bikin diri sendiri jadi repot.

Namun, ketahuilah jika kamu sudah mulai membiasakan diri sejak diri untuk mengatur finansial sendiri, hidup di masa depan akan dijamin lebih sejahtera, aman dan nyaman. Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi keuangan jika melakukan sendiri masih sangat berat.

You may also like