Home keuangan BLT Subsidi Gaji atau BSU 2023 Kapan Cair? Ini Kata Kementerian Ketenagakerjaan

BLT Subsidi Gaji atau BSU 2023 Kapan Cair? Ini Kata Kementerian Ketenagakerjaan

by admin
KUR Mandiri 2023 Sudah Dibuka! Ini Syarat Mengajukan Pinjaman di Bank(Unsplash/Mufid Majnun)

Edu Finansial – BLT subsidi gaji atau BSU 2023 kapan cair? Simak penjelasan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di sini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kemnaker sudah memberikan BLT subsidi gaji atau BSU kepada karyawan sejak tahun 2020 lalu, dengan nominal yang berbeda.

BSU senilai Rp 2,4 juta cair pada 2020, Rp 1 juta cair pada 2021, dan Rp 600 ribu pada 2022 untuk karyawan yang memenuhi syarat.

Pada tahun 2022 lalu, BLT subsidi gaji Rp 600 ribu diberikan untuk karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar di link bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan kemnaker.go.id.

Berikut syarat penerima BLT subsidi gaji atau BSU pada tahun 2022 lalu:

– Warga Negara Indonesia (WNI)

– Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan s/d Juli 2022

– Gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh

– Bukan PNS, TNI dan Polri

– Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan dan bantuan produktif untuk usaha mikro

Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa penerima BSU ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana BSU yang diterima ke Kas Negara, sesuai dengan Permenaker No. 10 Tahun 2022.

Berikut cara cek penerima BSU pada tahun 2022 lalu di link kemnaker.go.id:

1. Kunjungi website kemnaker.go.id

2. Daftar Akun

Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

3. Masuk

Login kedalam akun Anda.

4. Lengkapi Profil

Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

5. Cek Notifikasi

Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar berikut:

Tahap 1 · Calon. Terdaftar

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Tahap 2 · Penetapan. Ditetapkan

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah.

Tahap 3 · Penyaluran

Tersalurkan ke Rekening Anda
Anda akan mendapatkan notifikasi apabila dana Bantuan Subsidi Upah telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk Anda yang bekerja di wilayah Aceh).
Penyaluran melalui PT. Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana BSU.

Lantas, BSU 2023 kapan cair? Simak penjelasan Kemnaker berikut ini.

Dilansir dari ANTARA, Kemnaker belum berencana untuk menyalurkan BLT subsidi gaji atau BSU 2023.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap agar kondisi perekonomian tanah air terus pulih dan mengalami kenaikan, sehingga pemerintah tidak perlu memberikan BLT subsidi gaji ke karyawan.

“Mudah-mudahan tahun ini tidak ada sesuatu yang membuat pemerintah harus mengeluarkan subsidi karena pendapatan teman-teman (pekerja) tidak berkurang,” kata Ida saat ditemui usai menghadiri acara wisuda putranya di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu.

“Kami berharap kondisinya normal, teman-teman memiliki pendapatan yang dengan pendapatan itu bisa memenuhi kebutuhan keluarganya. Nah, kalau sudah seperti itu kan tidak perlu ada subsidi,” ujar dia.

Demikianlah info BLT subsidi gaji atau BSU 2023 kapan cair, lengkap dengan keterangan Kementerian Ketenagakerjaan.***

You may also like