Home Investasi Sekilas Mengenai Investasi Bitcoin

Sekilas Mengenai Investasi Bitcoin

by Mas Abadi

Bitcoin adalah salah satu jenis instrumen investasi yang mempunyai potensi untuk memperoleh keuntungan yang sangat tinggi. Bitcoin menjelma menjad cryptocurrency yang sangat populer jika dibandingkan oleh cryptocurrency lain yang saat ini sudah mulai banyak bermunculan.

Harus selalu diingat bahwa bitcoin merupakan investasi yang memiliki risiko begitu tinggi. Dimana harganya terus bergerak dan begitu fluktuatif. Trader dan investor dapat menjadi kaya raya mendadak dalam waktu yang singkat. Namun juga dapat mengalami kerugian dalam waktu yang singkat pula.

Maka dari itu, ada baiknya untuk Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai investasi di Bitcoin ini agar bisa mengetahui risiko serta menyesuaikan kemampuan Anda dalam menanggulangi risiko. Tidak boleh terburu-buru dan mengedepankan nafsu agar bisa menjadi investor yang sukses.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan investasi bitcoin, silahkan simak semua penjelasan lengkap yang akan diulas pada artikel supaya mengetahui lebih dalam mengenai bitcoin.

Apa yang dimaksud dengan Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital yang muncul pada tahun 2009 silam oleh orang yang bernama Satoshi Nakamoto. Bitcoin muncul dengan menawarkan biaya transaksinya yang rendah bila dibandingkan oleh tawaran pembayaran online lainnya.

Mata uang digital satu ini masuk dalam golongan jenis cryptocurrency sebab memakai kriptografi supaya dapat menjaganya dan tetap aman. Walaupun dikenal sebagai sebuah mata uang, namun bitcoin ini tidak mempunyai bentuk fisik.

Dimana bitcoin ini hanya berupa saldo atau sejumlah uang yang disimpan secara digital yang dapat diakses oleh siapa saja secara transparan. Bitcoin dipakai untuk melakukan transaksi di internet tanpa membutuhkan perantara pihak kedua seperti lembaga keuangan seperti bank dan lain sebagainya.

Sistem yang diterapkan yaitu P2P atau peer to peer dimana sistemnya bergerak tanpa penyimpanan serta administrator tunggal.Bahkan departemen keuangan negara Amerika Serikat mengatakan bahwa bitcoin merupakan mata uang digital yang terdesentralisasi.

Mengetahui Sistem Kerja Bitcoin

Seperti yang telah dibahas sekilas diatas, bahwa mata uang bitcoin ini memakai sistem P2P. Kriptografi digunakan sebagai penyedia keamanan dasar, contohnya penggunaannya yang cuma bisa digunakan oleh orang-orang yang memang sebagai pemilik.

Bila ingin menggunakannya, para pengguna harus mengunduh wallet bitcoin lewat ponsel atau perangkat komputer. Kemudian secara otomatis akan membuat alamat bitcoin. Hampir serupa dengan email, para pengguna dapat saling berbagi atau bertukar alamat bitcoin. Tapi sebaiknya alamat bitcoin tersebut digunakan satu kali saja.

Status kepemilikan atas bitcoin tersebut akan tersimpan pada komputer dengan file walet  yang sudah disediakan pihak ketiga dan tidak wajib mencantumkan identitas.Dengan kata lain, bitcoin dapat dimiliki dengan identitas samaran.

Terdapat sebuah transaksi yang menjadi jaringan sandaran dari bitcoin yang biasa dikenal dengan sebutan blockchain atau Rantai blok. Transaksi bitcoin yang telah terkonfirmasi akan segera tersimpan di blockchain.

Wallet bitcoin ini akan menyimpan data pribadi yang disebut seed atau kunci pribadi yang dipakai untuk menandatangani setiap transaksi dan menjadi bukti otentik bagi pemilik wallet.

Kemudian pada sistem kinerja bitcoin terdapat istilah pertambangan, dimana pertambangan merupakan sistem yang dipakai untuk mengkonfirmasi urutan transaksi dengan memasukkannya ke dalam blockchain. Proses ini akan semakin menegaskan antrian kronologis rantai-blok,dan melindungi netralitas dari aspek jaringan serta mendukung komputer agar menyetujui kondisi sistem.

Pertambangan tersebut juga dapat diistilahkan sebagai lotre yang kompetitif agar dapat mencegah individu yang ingin menambahkan blok baru secara beruntun ke dalam rantai-blok atau blockchain.

Cara Membeli Bitcoin

Mata uang digital satu ini dapat disimpan ke dalam e-wallet yang tersedia pada server didalamnya atau pada perangkat komputer pribadi Anda. Dompet digital ini serupa dengan rekening bank virtual, dimana para pemiliknya dapat melakukan berbagai macam transaksi serta investasi.  

Cara memperoleh bitcoin lebih banyak yaitu cara yang paling sering dilakukan banyak orang dengan cara menambang bitcoin, dan bahkan ada persaingan agar mendapatkan bitcoin lewat perangkat komputer dengan menyelesaikan misi puzzle matematika.

Selain melakukan transaksi antara pengguna dan cara menambang bitcoin, uang digital ini dapat diperoleh lewat cara perdagangan. Tidak sedikit perusahaan yang menjelma menjadi platform marketplace dan bergerak di sektor perdagangan bitcoin.

Mengetahui Legalitas Bitcoin di Negara Indonesia

Pihak Bank Indonesia (BI) melarang bitcoin untuk dijadikan alat pembayaran secara sah, karena alat pembayaran sah di Indonesia yaitu rupiah. Tapi Badan Pengawas Bursa Berjangka memasukkan bitcoin ini sebagai komoditas baru.

Bappebti sendiri secara resmi sudah menerbitkan sekitar 229 kripto yang dapat diperdagangkan di tanah air. Seperti dogecoin, ethereum, termasuk bitcoin. Ada pula sekitar 13 pedagang  untuk aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti, seperti Pintu, Toko Crypto, Zip Max, Luno dan Indodaya.Komoditas namun pengecualian untuk cryptocurrency yang mempunyai underlying asset serta mempunyai manfaat yang jelas.

You may also like