Home Bisnis Bisnis Sewa Paling Laris

Bisnis Sewa Paling Laris

by admin
bisnis rental paling laris

Jika Anda mendengar istilah rental hal pertama yang terlintas di dalam kepala pasti rental mobil atau motor dan kendaraan lain. Padahal banyak sekali usaha rental dengan barang lainnya tidak harus kendaraan. Para pemilik dari persewaan ini mengatakan penghasilan yang didapatkan terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sederhananya bisnis rental merupakan usaha jasa sewa menyewa suatu barang atau produk tertentu, dimana pemilik mempersilahkan orang lain menggunakan barang atau kendaraannya dengan membayarkan sejumlah uang dan juga ada jangka waktu penggunaannya. Ketika sudah habis masa peminjamannya, maka harus dikembalikan.

Jenis-jenis usaha persewaan yang populer

Berikut di bawah ini adalah beberapa usaha persewaan yang mungkin berpotensi bagus di kawasan tempat tinggal Anda :

  1. Persewaan peralatan outdoor

Alat camping merupakan salah satu benda yang lumayan banyak peminatnya dan tenda adalah benda yang sangat dibutuhkan. Anda bisa menyediakan beberapa ukuran, misalnya untuk 2 sampai 10 orang.

Karena dengan begitu, akan makin banyak yang menyewa. Anda bisa memberikan harga mulai dari Rp 40.000 sampai dengan Rp 100.000 dan disesuaikan pada ukuran juga lama masa sewa. Ada baiknya untuk tidak memberikan harga yang terlalu mahal.

  1. Persewaan properti

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini, karena banyak sekali orang yang menyewakannya. Pada persewaan properti yang disewakan bisa berupa rumah, kos, apartemen, ruko hingga gedung.

Peluang menyewakan properti ini bisa dilakukan di daerah manapun, baik pedesaan maupun perkotaan. Untuk harganya sendiri tentu saja berbeda-beda di setiap area dan yang paling banyak disewakan biasanya adalah kamar kos.

Bangunan untuk kos-kosan ini juga bervariasi, ada seperti rumah pada umumnya ada juga yang memang di bangun khusus dengan jumlah kamar yang telah disesuaikan. Lalu, lokasi paling baik bila ingin membuka kos itu di sekitaran kampus atau pabrik.

  1. Persewaan pakaian

Untuk persewaan pakaian ini yang paling banyak adalah pakaian adat dan wedding dress. Kemudian biasanya untuk kedua jenis pakaian tersebut, sudah sekalian dengan make up. Kebanyakan lebih memilih untuk menyewa, karena merasa jika hanya digunakan sekali saja.

  1. Persewaan konsol game

Siapa di antara Anda yang hobi bermain game? Pasti Anda tahu bila memang mulai banyak persewaan konsol game, seperti menyewakan playstation mulai dari yang 1 hingga 5. Bila Anda memang ingin membuka bisnis ini, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Lalu Anda juga bisa memanfaatkan salah satu ruangan di rumah untuk area rental. Pastikan saja tempat yang digunakan tersebut nyaman, bersih serta memiliki fasilitas seperti AC atau kipas angin, supaya para penyewa betah.

  1. Sewa Tenda

Tenda disini bukan yang biasanya digunakan untuk camping, melainkan biasa digunakan untuk acara-acara besar, misalnya pernikahan, pertunjukan dan masih banyak lagi. Anda bisa menjadikan persewaan tenda acara ini sebagai peluang bisnis.

Kelebihan usaha rental persewaan

  1. Mudah untuk dijalankan. Karena memang prinsip kerjanya sangat sederhana, pelakunya tidak harus bisa memiliki ilmu bisnis yang mendalam untuk menjalankannya. 
  2. Untuk biaya operasionalnya cukup kecil. Pada beberapa bisnis, bahkan tidak membutuhkannya.
  3. Anda tidak memerlukan karyawan banyak. Hanya perlu satu atau dua, bahkan mungkin cukup Anda yang menjaganya sendiri. Apalagi bila Anda memiliki sistem sewa lepas, misalnya seperti mobil, persewaan buku dan masih banyak lagi.
  4. Modal Anda akan cepat balik. Namun, kembali kepada Anda sebagai pemilik dalam menetapkan harga sewanya. Bila mematok harga mahal tentu akan lebih cepat, tetapi bila murah paling lambat 1 tahun baru bisa merasakan hasilnya.
  5. Pangsa pasarnya sudah pasti, karena pastinya mudah untuk mengidentifikasi calon pelanggan yang memang membutuhkan barang-barang tersebut.

Kekurangan usaha rental persewaan

  1. Modal yang dibutuhkan untuk membuka persewaan cukuplah besar. Apalagi bila barang yang disewakan merupakan perlengkapan atau peralatan seperti camera, mobil, motor dan lain-lain.
  2. Resiko kehilangan dan kerusakannya juga cukup besar, karena itu kebanyakan pemilik persewaan akan meminta jaminan. Bisa barang atau uang dan mewajibkan penyewa untuk meninggalkan KTP atau kartu identitas lain. Untuk Anda yang membuka persewaan barang-barang mahal, harus lebih waspada.
  3. Tingkat persaingan dalam bidang usaha ini cukup ketat, karena memang bisnis mudah untuk dijalankan. Jadi, Anda harus pintar mengatur strategi agar tidak kalah saing.
  4. Bila Anda ingin menjual barang-barang harganya akan rendah sekali. Karena banyak orang yang tidak mau membeli barang rental, alasannya karena barang bekas sewaan sering digunakan dan akan mudah rusak.

Demikianlah informasi mengenai ide peluang usaha berkaitan dengan persewaan barang, dimana ini dapat menjadi sebuah mata pencaharian dan berpenghasilan menjanjikan. Kemudian, usaha ini juga membutuhkan kesabaran yang besar agar modal yang dikeluarkan di awal bisa segera kembali.

 

You may also like