Home Bisnis Bisnis Rumahan Tanpa Modal

Bisnis Rumahan Tanpa Modal

by Mas Abadi
bisnis rumahan

Anda pasti bertanya-tanya, apakah memang ada usaha rumahan yang tidak memerlukan modal? Ada. Namun, walau tanpa modal bukan berarti Anda tidak memiliki modal lainnya. Dalam artian Anda harus mempunyai keahlian dan niat.

Karena keahlian dan niat merupakan modal utama yang harus Anda miliki, dengan begitu dapat dijadikan serta dimanfaatkan sebagai usaha yang pasti menjanjikan, walaupun hanya dari rumah. Nah, berikut adalah beberapa ide bisnis yang menjanjikan :

Usaha Jastip

Jasa titip merupakan bisnis tanpa modal pertama yang bisa Anda lakukan, namun dapat memberikan Anda omset mencapai jutaan rupiah. Bisnis ini benar-benar tidak membutuhkan modal sepeserpun ketika membeli produk atau barang yang dibutuhkan.

Cara kerjanya cukup mudah, Anda hanya membelanjakan barang titipan pelanggan. Dimana nantinya konsumen akan mentransfer sejumlah uang kepada Anda untuk membayar produk yang dibeli beserta jasa titip. 

Untuk mempromosikannya Anda bisa memasang di status whatsapp atau IG story dengan caption bahwa sedang di sebuah mall, “bila ada yang ingin menitip untuk dibelikan barang atau produk tertentu silahkan menghubungi saya”. Nah, ketika sudah ada yang menghubungi Anda bisa mengatakan tarif jastip sebesar Rp 30.000 per item.

Freelancer Writer

Selanjutnya adalah freelancer writer. Bisnis berupa jasa penulis ini juga bisa memberikan keuntungan yang besar dan tentunya tidak membutuhkan modal apabila Anda telah memiliki smartphone, laptop serta jaringan internet yang lancar. Modal terpenting, yaitu kemampuan menulis.

Pekerjaan ini sangat fleksibel, baik dalam hal lokasi maupun waktu pengerjaannya. Karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja, termasuk dari rumah. Jasa menulis ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki situs pribadi. Modal lain yang harus Anda miliki adalah pengetahuan tentang SEO.

Untuk penghasilannya sendiri, tergantung kata yang dikerjakan. Biasanya klien akan menentukan antara 300 hingga 1000 kata, dimana tarif yang dapat Anda berikan sekitar Rp 30.000 sampai dengan Rp 100.000 tergantung dari kata yang Anda kerjakan.

Dropshipper

Bisnis rumahan selanjutnya yang tidak memerlukan modal adalah menjadi seorang dropshipper. Dimana Anda menjualkan atau mempromosikan produk dari satu usaha milik orang lain dengan harga yang telah dinaikkan. Tetapi jangan terlalu tinggi melebihi harga pasarannya, karena nantinya bisa saja konsumen kabur sebelum membeli. 

Kemudian ketika ada membeli, Anda hanya cukup menghubungi si pemilik produk dengan memberitahukan jumlah orderan yang masuk kepada Anda. Selanjutnya Anda juga bisa meminta kepada mereka untuk langsung mengirimkan barang-barang tersebut kepada para konsumen.

Penerjemah

Apabila Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing yang mumpuni, misalnya Jepang, Inggris, Korea, Mandarin dan lainnya. Maka, manfaatkan kemampuan Anda tersebut untuk membuka jasa penerjemah.

Biasanya banyak perusahaan asing atau lokal yang membutuhkan seorang penerjemah guna memperlancar sebuah kegiatan rapat atau dokumen-dokumen yang menggunakan bahasa asing. Apalagi sebagai pekerja freelancer Anda tidak perlu datang ke kantor dan cukup dari rumah saja.

Desain Grafis

Dengan berkembangnya teknologi, tentu semakin pesat juga minat masyarakat dalam memanfaatkan teknologi yang ada tersebut. Apalagi banyak perusahaan, youtuber, orang serta konten kreator dari platform tertentu yang membutuhkan jasa dari seorang desain grafis.

Anda bisa mengerjakan pekerjaan ini hanya dari rumah, jadi para klien menghubungi Anda melalui media sosial, email atau whatsapp. Untuk tarifnya sendiri, Anda dapat mematok harga mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 150.000 per desain sesuai dengan tingkat kesulitan yang diminta oleh klien.

Admin Medsos

Apabila Anda suka bermain media sosial, mengapa tidak Anda manfaatkan saja hobi tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya menjadi seorang admin sosial media di sebuah toko online atau badan usaha tertentu.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan, bahkan bisa menghasilkan penghasilan yang cukup besar hingga jutaan rupiah. Mungkin bisa lebih, bila Anda mempunyai kemampuan lebih dalam bidang marketing serta memiliki ide-ide yang kreatif.

Karena nantinya Anda tidak hanya memegang soal media sosial, namun juga membuat konten serta memberikan service pada followers dari medsos yang Anda kelola. Misalnya membalas komentar, memposting foto hingga membuat caption. 

Guru Les

Di tengah pandemi ini banyak siswa yang belajar di rumah, hingga menjadikan banyak orang tua murid dan peserta didik yang kewalahan untuk mengajari dan menyerap pelajaran. Apalagi ketika harus mempergunakan aplikasi zoom.

Nah, disinilah peran Anda sebagai seseorang yang memiliki kemampuan mengajar mumpuni membuka jasa les privat secara online. Karena sudah pasti banyak dari orang tua murid yang membutuhkan guru les bagi putra dan putrinya.

Demikianlah beberapa ide usaha tanpa modal yang bisa Anda lakukan dari rumah, namun tetap bisa memberikan penghasilan yang besar untuk Anda. Selama Anda memiliki modal utama, yaitu keahlian dan tekad yang kuat.

 

You may also like