Home Bisnis Bisnis-Bisnis yang Dapat Dilakukan secara Online

Bisnis-Bisnis yang Dapat Dilakukan secara Online

by Mas Abadi
bisnis yang dapat dilakukan secara online

Dari penelitian yang dilakukan, sebuah negara bisa dinyatakan sebagai negara maju jika jumlah pengusahanya dapat menopang perekonomian dari negara tersebut. Dimana idealnya, jumlahnya minimal 3% dari total penduduk yang tercatat.

Namun, nyatanya di Indonesia masih banyak kaum mudanya yang memiliki rasa takut untuk membangun sebuah bisnis juga menghadapi resiko yang mungkin akan mereka hadapi. Dikarenakan hal tersebutlah, banyak yang memilih bekerja sebagai PNS maupun kantor biasa.

Padahal ada sebuah ungkapan lama yang berbunyi, jangan takut dengan kegagalan karena itu adalah harga yang patut di bayar agar dapat mencapai keberhasilan. Karenanya bila Anda ingin berbisnis, Anda bisa memulainya secara online.

Berjualan di marketplace

Saat Anda merasa telah cukup ketika dapat menguasai penjualan menggunakan sosial media, sudah saatnya untuk memperluas pasar dengan memanfaatkan fitur marketplace. Dimana fitur ini merupakan sarana yang disediakan khusus untuk melakukan transaksi jual-beli.

Fitur marketplace memang dapat dijadikan sebagai sarana Anda menjual produk atau jasa, namun bisa juga untuk mencari barang yang Anda butuhkan. Metode yang digunakan memiliki kesamaan dengan pasar, hanya saja untuk pasar yang satu ini Anda membutuhkan jaringan internet.

Bisnis afiliasi

Sebagai seorang owner dari sebuah website dengan traffic yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis afiliasi supaya bisa memberikan pendapatan yang lebih besar. Karena usaha yang satu ini terbilang mudah, Anda hanya perlu mempromosikan produk dari toko lain.

Dimana ketika ada konsumen yang membeli produk tersebut dan itu berdasarkan promosi yang Anda lakukan, maka Anda berhak mendapatkan komisi. Kemudian sebelum terjun pada bisnis ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal di bawah :

  • Pada awalnya sebagai pemilik dari website, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke pihak penyedia program tersebut. Penyedia dari program afiliasi ini merupakan seseorang yang juga mempunyai website Dan memiliki produk yang dijual online. 
  • Jika telah disetujui, maka pemilik website nantinya akan dikirimi kode afiliasi dari pihak penyedia program. Dimana kode tersebut dapat Anda pasang pada website. 
  • Terakhir, Anda bisa mendapatkan komisi ketika ada orang yang tertarik membeli produk tersebut melalui iklan yang terpasang pada website.

Youtuber

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan youtube dan para konten kreatornya yang dikenal dengan sebutan youtuber. Platform yang satu ini memang sering dijadikan oleh banyak orang yang bercita-cita menjadi artis sebagai batu loncatan, sebelum mereka benar-benar dapat berdiri di panggung dunia hiburan.

Bila Anda memang tertarik untuk menjadi seorang konten kreator, Anda harus sabar, memiliki tekad kuat serta usaha yang tiada akhir. Selain itu buatlah konten yang dapat menarik minat banyak pengguna youtube agar mereka menjadi penggemar setia Anda.

Blogger

Sebenarnya kegiatan ini sudah banyak sekali yang melakukan dan menjadi tempat bagi mereka yang menyukai dunia penulisan. Awalnya mungkin hanya untuk menyalurkan hobi saja, namun bisa dapat mengelolanya dengan baik. Blog dapat memberikan kepada Anda sejumlah penghasilan yang menakjubkan.

Penulis lepas

Selanjutnya adalah freelancer writer. Bisnis berupa jasa penulis ini juga bisa memberikan keuntungan yang besar dan tentunya tidak membutuhkan modal apabila Anda telah memiliki smartphone, laptop serta jaringan internet yang lancar. Modal terpenting, yaitu kemampuan menulis.

Pekerjaan ini sangat fleksibel, baik dalam hal lokasi maupun waktu pengerjaannya. Karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja, termasuk dari rumah. Jasa menulis ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki situs pribadi. Modal lain yang harus Anda miliki adalah pengetahuan tentang SEO.

Untuk penghasilannya sendiri, tergantung kata yang dikerjakan. Biasanya klien akan menentukan antara 300 hingga 1000 kata, dimana tarif yang dapat Anda berikan sekitar Rp 30.000 sampai dengan Rp 100.000 tergantung dari kata yang Anda kerjakan.

Copywriter

Apabila Anda adalah orang yang sudah lama bergelut di dunia maya, pasti pernah mendengar istilah copywriter. Profesi ini merupakan yang paling diminati oleh banyak orang karena peluang kerjanya yang luas dan memang menjanjikan.

Apalagi sekarang ini dunia internet semakin berkembang dan banyak bisnis offline yang juga mulai merambah pasar digital guna menggaet lebih banyak konsumen. Nah, disinilah peran dari copywriter dibutuhkan agar dapat mempengaruhi orang supaya membeli produk atau menggunakan jasa dari perusahaan tertentu melalui tulisan.

Penerjemah

Apabila Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing yang mumpuni, misalnya Jepang, Inggris, Korea, Mandarin dan lainnya. Maka, manfaatkan kemampuan Anda tersebut untuk membuka jasa penerjemah.

Biasanya banyak perusahaan asing atau lokal yang membutuhkan seorang penerjemah guna memperlancar sebuah kegiatan rapat atau dokumen-dokumen yang menggunakan bahasa asing. Apalagi sebagai pekerja freelancer Anda tidak perlu datang ke kantor dan cukup dari rumah saja.

 

You may also like