Home Investasi Bisa Dijadikan Investasi, Yuk Kenali Bunga Deposito BNI dan Cara Buka Rekeningnya

Bisa Dijadikan Investasi, Yuk Kenali Bunga Deposito BNI dan Cara Buka Rekeningnya

by Mas Abadi
deposito bni

Melakukan investasi menjadi salah satu langkah awal guna membangun perekonomian agar bebas secara finansial. Dimana salah satu produk perbankan yaitu deposito bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin berinvestasi. Deposito BNI sendiri mempunyai banyak manfaat dan keuntungan yang ditawarkan kepada nasabah.

Manfaat BNI Deposito

BNI deposito bisa anda pilih sebagai salah satu produk investasi yang mempunyai banyak manfaat. Dimana anda dapat memilih BNI deposito rupiah maupun BNI deposito valas. Keduanya merupakan bentuk produk simpanan yang banyak diminati oleh masyarakat, guna menginvestasikan uang mereka dalam jangka waktu pendek.

Tentunya, nasabah yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk deposito tidak hanya mendapatkan kesempatan menabung saja. Namun berbagai fasilitas lain yang mampu memberikan timbal balik berupa keuntungan bagi deposan juga akan sangat terasa. Apalagi banyak pilihan mata uang asing bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Beberapa manfaat yang akan anda rasakan saat memilih produk perbankan ini yaitu mendapatkan tingkat suku bunga deposito BNI yang kompetitif, bisa dijadikan sebagai jaminan kredit, bunga yang didapat bisa ditambahkan ke pokok simpanan atau ditransfer ke rekening tabungan maupun giro, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika masuk waktu jatuh tempo, maka anda dapat memperpanjang deposito secara otomatis atau yang biasa dikenal dengan istilah ARO (automatic roll over) maupun non ARO atau secara tidak otomatis. Dalam hal ini, deposito bisa anda pilih dengan masa tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, atau pun 24 bulan.

Keuntungan dan Kekurangan BNI Deposito

Jika dihitung secara keseluruhan, cukup banyak nasabah dari bank BNI yang membuka rekening deposito hingga saat ini. Hal ini dikarenakan keuntungan yang mampu diberikan oleh produk satu ini, seperti risikonya yang dinilai lebih kecil bila dibandingkan dengan investasi berupa saham. Dan suku bunganya jauh lebih besar ketimbang tabungan BNI biasa.

Bahkan persyaratan dan cara deposito BNI terbilang sangat mudah serta tidak menyulitkan nasabah. Meski memiliki manfaat dan keuntungan yang melimpah, BNI deposito tentunya juga mempunyai kekurangan tersendiri. Dimana nasabah perlu menyiapkan setoran awal yang jauh lebih besar bila dibandingkan pembuatan tabungan biasa.

Sejumlah uang yang telah anda depositkan juga tidak bisa dicairkan sewaktu waktu, apabila belum masa jatuh tempo. Dan jika ingin melakukan pencairan sebelum masa tersebut, maka anda akan dikenakan pinalti. Selain itu, tidak menutup kemungkinan jika suku bunga yang anda peroleh akan berubah sesuai acuan pihak bank. Yang mana umumnya mengacu pada kebijakan bank sentral.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip Keuntungan Investasi Properti dan Cara Kerjanya, Simak Disini!

Pertanyaan Terkait BNI Deposito

deposito bni

Wajar jika anda merasa ragu ketika hendak membuka sebuah rekening deposito. Pasalnya anda akan memasukkan sejumlah uang yang tidak bisa dikatakan sedikit ke dalam bank dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu, beberapa pertanyaan umum seperti berikut beserta dengan jawabannya mungkin bisa sedikit membantu.

1. BNI Deposito Minimal Berapa ?

Pertanyaan ini bisa dibilang termasuk yang paling sering ditanyakan. Dimana minimal deposito sendiri di bank BNI berbeda beda, tergantung dari jenis mata uang yang telah anda pilih. Misalnya untuk mata uang rupiah, deposit awal minimal Rp. 10 juta. Lalu untuk mata uang asing minimal USD 1.000, EUR 1.000, GBP 1.500, HKD 8.000, SGD 2.000, dan JPY 150.000.

2. Apakah Bunga Deposito di BNI Terkena Pajak ?

Selain terkait dengan minimal deposit, banyak pula nasabah yang mempertanyakan apakah bunga yang mereka dapat nantinya akan terkena pajak atau tidak. Dalam hal ini, penting untuk anda ketahui bahwa bunga deposito sendiri memang telah menjadi objek pajak. Dimana pajak atas bunga deposito ini termasuk sebagai PPh (pajak penghasilan).

Jadi dana akhir yang akan anda terima nantinya akan dikurangi terlebih dahulu dengan besaran pajak. Dimana besar pajak yang dikenakan untuk deposito dengan besaran lebih dari Rp. 7.500.000 yaitu sebesar 20%. Sementara nilai deposito yang kurang dari besaran tersebut, berarti tidak akan dikenakan oleh pemotongan.

Cara Membuka Rekening Deposito Bank BNI

1. Persyaratan

Jika ingin memilih rekening deposito di bank BNI, maka terdapat beberapa syarat yang perlu untuk anda penuhi. Seperti menunjukkan KTP, SIM, dan Paspor untuk perorangan, serta menunjukkan foto copy bukti legalitas bagi badan usaha. Masing masing wajib mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening, kemudian menyiapkan uang setoran minimal seperti yang telah disebutkan.

2. Cara Daftar

Terdapat dua cara deposito BNI yang bisa anda tempuh, melalui online atau langsung datang ke kantor cabang bank BNI. Jika langsung ke kantor, anda bisa mengambil nomor antrean seperti biasa yang menyerahkan persyaratan seperti yang disebutkan. Sementara via online bisa dilakukan melalui internet banking atau mobile banking.

Deposito BNI memang bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin berinvestasi. Terlebih deposito termasuk sebagai investasi yang paling aman serta bebas risiko. Dimana anda dapat memilih tenor sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Meski begitu, pastikan anda telah mempertimbangkan pula kekurangan dari produk deposito itu sendiri.

You may also like