Home Perencanaan Bijak Atur Keuangan dengan 5 Aplikasi Berikut Ini

Bijak Atur Keuangan dengan 5 Aplikasi Berikut Ini

by Mas Abadi

Berada dalam masa pandemi seperti ini, Anda dituntut untuk lebih cerdas dalam mengelola finansia. Pandemi bukan hanya berdampak ke kesehatan saja tetapi perekonomian secara makro juga. Saat ini kehidupan terasa lebih sulit dan memaksa setiap manusia untuk berhemat lebih dari biasanya. 

Supaya tetap dapat bertahan hidup, penting untuk Anda mengamankan keadaan keuangan. Apabila Anda merasa sulit untuk mengatur keuangan secara mandiri apalagi Anda masih pemula. Ada solusi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi kesulitan tersebut. 

Perkembangan teknologi yang sekarang semakin pesat memberikan Anda berbagai keuntungan. Nyata dengan adanya smartphone Anda telah merasakan jika hidup semakin mudah. Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan di smartphone untuk mengelola keuangan. 

Pastinya setiap aplikasi keuangan memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Hal tersebut juga kembali lagi dengan keperluan Anda dalam menggunakan aplikasi tersebut. Nah, supaya Anda bisa mengatur keuangan dengan baik, berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan. Apa sajakah itu? Yuk, intip rekomendasinya di bawah ini. 

  • Neu 

Aplikasi keuangan pertama yaitu Neu yang mempunyai fitur untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran dari rekening bank dan e-wallet secara otomatis dengan fitur neuBudget yang bisa Anda gunakan. Yang membuat aplikasi ini lebih menarik yaitu seluruh catatan keuangan diperoleh dari notifikasi yang dikirim oleh aplikasi e-wallet, sehingga tidak harus memasukkannya secara manual. 

Ketika menggunakan aplikasi ini Anda cukup membuka akses untuk aplikasi neu saja. Yang berarti, seluruh transaksi akan tercatat sesuai notifikasi yang masuk ke e-wallet yang Anda gunakan. Supaya bisa menghubungkan aplikasi ini ke rekening bank, Anda hanya perlu memasukan nomor rekening bank yang dimiliki saja. 

Tentunya beda dari aplikasi biasanya, bukan? Selain itu, Aplikasi ini juga sudah bisa membantu Anda untuk terhubung dan mencatat pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan dari aplikasi Jenius, Mandiri, BCA, ShopeePay, Link Aja, Dana, OVO, Grab dan GoJek. 

  • Finansialku

Finansialku merupakan salah satu aplikasi perencanaan keuangan yang pastinya tidak asing lagi terdengar di telinga Anda. Finansialku menjadi aplikasi pengelolaan dan perencanaan keuangan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (JK). Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi berbasis website dan dapat digunakan baik untuk individu atau keuangan keluarga. 

Berbagai fitur yang dimilikinya juga sangat lengkap. Anda dapat melakukan pencatatan keuangan, memantau kesehatan keuangan, membuat anggaran sampai merencanakan keuangan guna kebutuhan seperti biaya pendidikan, pernikahan, membeli rumah dan lainnya. 

  • Monefy 

Aplikasi pengelola keuangan selanjutnya adalah Monefy yang sudah hadir sejak 2014 silam. Monefy mempunyai daya tarik tersendiri sebab tampilannya yang bisa dikatakan eye-catching sehingga para penggunanya bisa lebih mudah saat menggunakan aplikasi ini. 

Selain itu, aplikasi keuangan ini mempunyai fitur guna memasukan pencatatan keuangan dengan tanpa ada batasnya dan juga Monefy dapat menyesuaikan jenis mata uang. Untuk penyimpanan data, Monefy memakai Dropbox atau Google Drive. Yang berarti ada perlindungan yang sangat baik guna keamanan dari setiap akun pengguna. 

  • Mint 

Anda harus tahu jika tanpa adanya budgeting yang baik, pengeluaran bisa lebih besar dibandingkan pendapatan. Mint diyakini bisa membantu Anda untuk melakukan budgeting dengan mudah dan secara otomatis. Saat menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu ragu lagi sebab pengeluaran Anda bisa dikelola hanya dalam satu aplikasi saja. 

Hal yang harus Anda ketahui berikutnya yaitu aplikasi Mint ini bisa melakukan pembagian kategori pemasukan dan pengeluaran, mengingatkan cicilan atau tagihan, membuat tujuan keuangan dan lainnya. 

  • 1Money 

Rekomendasi aplikasi pengelola keuangan yang terakhir yaitu 1Money. Aplikasi yang mempunyai fitur tracking sehingga bisa melacak semua pemasukan dan pengeluaran. Yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini dapat memberi saran kepada Anda yang bingung saat ingin menentukan nominal tabungan. 

Sehingga, tidak hanya bisa membantu keuangan harian, mingguan sampai bulanan, Anda juga dapat menentukan pemasukan. 1Money ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mulai mencatat laporan keuangan secara rutin. 

Nah, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan demi mewujudkan keuangan yang sehat yaitu dengan mulai mengatur keuangan. Beberapa rekomendasi aplikasi pengelola keuangan di atas mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda. Gunakan aplikasi pengatur keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengelola keuangan. 

Dengan memanfaatkan aplikasi pengelola keuangan bisa membantu Anda tidak hanya pencatatan saja tetapi juga memantau kondisi keuangan. Sebab aplikasi pengelola keuangan ini bisa diakses tanpa adanya batasan waktu alias bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. 

Yuk, mulai terapkan kondisi keuangan yang sehat agar Anda tidak mengalami krisis keuangan di kemudian hari. Selamat mencoba, ya!

You may also like