Home Perencanaan Biaya Kuliah UI Untuk S1 dan S3

Biaya Kuliah UI Untuk S1 dan S3

by Mas Abadi
biaya kuliah UI

Sebentar lagi ajaran baru sudah akan dimulai, di mana bagi yang lulusan SMA sudah pasti ada yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu ke perguruan tinggi atau universitas. Di Indonesia sendiri ada banyak universitas ternama , salah satunya adalah Universitas Indonesia atau UI. Universitas yang satu menjadi perguruan terbaik di Indonesia dan setiap tahunnya persaingan untuk bisa menjadi mahasiswanya sangatlah tinggi. Bagi Anda yang ingin masuk universitas tersebut, maka ada baiknya mengetahui biaya kuliah UI

Biaya Pendidikan di UI Tahun 2021 

UI sebagai salah satu universitas terbaik sendiri menyediakan jenjang pendidikan di mulai dari D3, S1, S2 hingga S3. Di mana tentu saja program S1 hingga S3 adalah yang paling banyak diminati, mengingat UI adalah perguruan bergengsi. Berikut ini adalah biaya kuliah di Universitas Indonesia pada tahun 2021: 

  • S1 Reguler 

Jenjang pendidikan pertama adalah S1 reguler, di mana jenjang pendidikan yang satu ini sendiri adalah yang paling banyak diincar. Untuk bisa berkuliah di program pendidikan S1 Reguler UI, Anda harus lulus SNMPTN atau SIMAK UI. Kelebihan dari program ini tentu saja biayanya dikenal lebih murah. 

Tapi perlu diketahui, apabila Anda ingin mendaftar di S1 ini khusus untuk yang sudah lulus SMA dan tidak lebih dari 3 tahun semenjak kelulusan. Sebagai contohnya adalah jika Anda ingin mengikuti test untuk ajaran tahun 2021, maka maksimal tahun kelulusan SMA Anda adalah 2019. 

Apabila Anda bisa keterima dengan jalur SNMPTN atau SIMAK UI, maka adapun perkiraan biaya kuliahnya. Di mana pada jalur S1 Reguler ini ada biaya BOP-B atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan dan BOP-P atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan. 

biaya kuliah UI

BOP ini sendiri adalah produk yang diberikan bagi para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UI dengan pembayaran yang disesuaikan dengan kemampuan dari orang tua siswa. Di mana untuk BOP-B, biaya yang dikenakan sendiri sekitar Rp. 500.000,00 hingga Rp. 7.500.000,00. Sedangkan untuk BOP-P sekitar Rp. 7.500.000,00 hingga Rp. 20.000.000,-. 

Selain harus lolos jalur SNMPTN ataupun SIMAK UI, ada juga syarat lain agar bisa mendapatan potongan biaya kuliah. Di mana untuk BOP-B, pihak universitas akan melakukan survey secara langsung kepada calon mahasiswa yang sekiranya memang tidak mampu. Sedangkan BOP-P sendiri akan dipilih berdasarkan dari pendapatan orang tua yang sudah tercantum dalam formulir pendaftaran. 

Tapi, untuk dapat diterima di program S1 reguler UI sendiri, Anda harus bekerja dengan sangat keras. Mengingat tingkat persaingannya termasuk tinggi dan juga sulit. Karena UI sendiri hanya menerima mahasiswa terbaik yang memenuhi standar yang sudah mereka tetapkan. 

  • S1 Paralel 

Untuk program S1 Paralel bisa diikuti oleh seluruh lulusan SMA yang ada di Indonesia walaupun yang sudah lulus SMA lebih dari 3 tahun. Hanya saja, tidak semua fakultas ataupun jurusan yang ada di UI membuka program studi yang satu ini. Selain itu, biaya untuk bisa berkuliah di program studi ini juga lebih besar dari yang regular, yaitu diantara Rp. 10.000.000,- hingga Rp. 20.000.000,-. Biaya tersebut sendiri diluar biaya seperti uang pangkal dan lain sebagainya.

  • S1 Eksistensi 

Untuk program S1 Eksistensi ini sendiri biasanya adalah untuk lulusan Diploma 3, di mana bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maka dapat mengikuti program ini. Hanya saja untuk S1 eksistensi di UI hanya ada 3 fakultas saja yang menyediakannya, yaitu Fakultas Ekonomi Bisnis, Ilmu Kepermasyarakatan dan juga Ilmu Keperawatan. Untuk biaya yang dikenakan sekitar Rp. 10.000.000,- hingga Rp. 13.000.000,-. Di mana biaya tersebut di luar uang gedung yang bisa mencapai Rp. 7.000.000,- hingga Rp. 15.000.000,-. 

  • S1 International 

Di Universitas Indonesia terdapat program S1 International, di mana program yang satu ini akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa berkuliah di luar negeri. Anda yang berkuliah di program S1 International akan berkuliah di UI selama dua tahun, lalu dua tahun lagi di universitas luar negeri yang bekerja sama dengan UI. Tentu, masalah biaya yang akan dibayarkan tidaklah murah, yaitu sekitar Rp. 17.000.000,- hingga Rp. 100.000.000,-. Angka yang cukup besar untuk menempuh pendidikan yang tinggi. 

  • S2 atau Magister 

Bagi Anda yang sudah selesai menempuh pendidikan di jenjang S1, maka bisa juga melanjutkan langsung ke S2 di UI. Namun, bagi Anda yang bukan lulusan S1 UI sendiri harus mengikuti test SIMAK UI yang diadakan setiap tahun dan membayar biaya pendaftarannya sebesar Rp. 1.000.000,00. Jika, nantinya Anda diterima, maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp. 11.000.000,00 hingga Rp. 18.000.000,00. Biaya tersebut juga diluar dari biaya gedung atau uang pangkal. 

  • S3 atau Doktoral 

Untuk berkuliah dengan jenjang pendidikan S3 atau doctoral di UI, Anda harus bisa menyertakan surat rekomendasi yang diberikan oleh dua guru besar dari jurusan yang akan diambil. Di mana untuk biaya melanjutkan kuliah di program S3 Universitas Indonesia adalah sekitar Rp. 13.000.000,- hingga Rp. 25.000.000,-. 

Itulah besaran biaya kuliah UI dari program S1 hingga S3. Di mana dapat terlihat sendiri bahwa biaya yang diperlukan tidaklah sedikit.

You may also like