Home Karier Biaya Kuliah Pada Jurusan Manajemen dan Bisnis di Indonesia

Biaya Kuliah Pada Jurusan Manajemen dan Bisnis di Indonesia

by Mas Abadi
kuliah manajemen bisnis

Anda pasti sudah tidak asing dengan jurusan manajemen bisnis, karena program studi ini termasuk yang memiliki banyak peminat. Jurusan ini dianggap mempunyai peluang kerja yang cukup banyak dan bila lulusannya ingin membuka usaha sendiri pun, ilmu yang didapatkan saat berkuliah pastinya akan terpakai.

Apabila Anda tertarik untuk berkuliah pada jurusan manajemen dan bisnis, ada baiknya Anda memperhatikan besaran biaya yang Anda butuhkan selama menjalankan studi. Anda harus tahu bila ITB merupakan salah satu universitas dengan pendidikan manajemen dan bisnis terbaik di Indonesia dan sudah pasti biaya kuliahnya cukup tinggi. Serta menjadi patokan bagi siapapun yang ingin berkuliah pada jurusan tersebut.

Biaya Kuliah Jurusan Manajemen dan Bisnis

Kebanyakn universitas menerapkan sistem UKT sebagai pembiayaannya. Karena dengan begitu mahasiswa tidak lagi perlu membayar bermacam-macam komponen, cukup melunasi biaya uang kuliah tunggal saja dan mereka sudah bisa berkuliah hingga lulus.

Namun, bila waktu kuliah Anda lebih lama dari yang seharusnya. Bersiaplah untuk tetap mengeluarkan sejumlah biaya yang cukup banyak. Berikut dibawah ini adalah rincian biaya bagi Anda yang berkuliah di jurusan manajemen dan bisnis.

  1. Biaya kuliah program studi manajemen untuk kelas reguler

Untuk kelas reguler sendiri mempunyai jam kuliah seperti pada umumnya, yaitu dari pagi hingga sore hai. Walau kelas reguler, namun biaya kuliahnya cukup tinggi yaitu kurang lebih Rp 20 juta per semester. Harga ini adalah perkiraan yang bisa digunakan ketika Anda ingin berkuliah di universitas lain.

  1. Biaya kuliah program studi kewirausahaan untuk kelas reguler

Selanjutnya adalah program studi kewirausahaan, masih dengan jam kuliah pada umumnya dari pagi hingga sore. Dosen akan menggunakan bahasa Indonesia ketika mengajar. Untuk biayanya tidak jauh berbeda dengan manajemen reguler, yaitu kurang lebih Rp 20 juta per semester.

  1. Biaya kuliah program studi bisnis untuk kelas internasional

Ada pula program studi bisnis untuk kelas internasional, dimana pada kelas ini dosen pengajar akan mempergunakan bahasa Inggris selama proses belajar mengajarnya, sekalipun kelas ini berisi mahasiswa yang berasal dari negeri sendiri.

Program studi ini bertujuan agar para lulusan dari bisnis internasional ini dapat berkarir tidak hanya di Indonesia tetapi juga luar negeri. Untuk biaya per semesternya memang jauh lebih mahal, Anda setidaknya harus menyiapkan dana kurang lebih Rp 40 juta. Biaya tersebut belum dengan uang masuk.

  1. Biaya kuliah program studi bisnis untuk kelas internasional khusus WNA

Pilihan selanjutnya adalah kelas internasional khusus WNA, walau khusus warga asing tapi bukan berarti WNI tidak bisa mengikuti kelas ini. Tentu saja program studi ini juga terbuka untuk siapapun. Dosen pengajar pada prodi ini menggunakan bahasa Inggris.

Kelebihan dari prodi ini tentunya Anda akan mempelajari bisnis dengan lebih perspektif karena bersama dengan orang-orang asing, dimana pola pikirnya pasti berbeda. Selain itu sudah pasti akan terasa lebih menyenangkan.

Untuk bisa mengikuti kelas ini, Anda memang harus menyiapkan dana yang lebih besar dibanding tiga kelas sebelumnya, yaitu sekitar Rp 46,5 juta untuk satu semesternya.

Keunggulan berkuliah di jurusan manajemen

Banyak calon mahasiswa yang merasa kebingungan ketika harus menentukan jurusan saat akan masuk ke perguruan tinggi. Kebanyakan alasan yang diberikan adalah karena terlalu bervariasinya program studi yang ditawarkan.

Karena mereka merasa, jika sampai salah menentukan pilihan. Maka masa depan mereka yang dipertaruhkan. Oleh sebab itu menentukan pilihan jurusan juga sangatlah penting, lalu bagaimana caranya supaya tidak salah pilih? Berikut tipsnya :

  1. Pastikan bila Anda telah mengetahui bakat serta minat yang dimiliki, dengan begitu akan lebih mudah menentukan jurusannya.
  2. Anda bisa melakukan riset ke beberapa jurusan tersebut, dengan cara mencari tahu terlebih dahulu apa saja prodinya dan lainnya.
  3. Setelah itu Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang telah memiliki pengalaman pada dunia kerja.
  4. Cari tahu juga bagaimana peluang kerja dari jurusan yang akan dipilih, apakah memang menjanjikan. Misalnya pada jurusan manajemen dan bisnis yang sudah pasti memiliki peluang besar bagi karir Anda di masa depan.

Jika Anda sudah mantap memilih jurusan manajemen dan bisnis, tetapi masih penasaran apa saja keunggulan dari program studi ini, yuk simak beberapa kelebihannya :

  1. Anda akan lebih terampil dalam hal yang berkaitan dengan manajemen dan bisnis, serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Bila ingin menjadi seorang wirausahawan, tentunya akan lebih mudah. Karena Anda sudah memiliki basic skillnya.
  3. Akan lebih mudah dalam mengatur kepentingan dalam bisnis serta mengkoordinir finansial dalam keseharian.
  4. Lulusan dari jurusan manajemen dan bisnis memiliki peluang besar untuk bisa bekerja di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.

Nah, demikianlah informasi mengenai biaya kuliah pada jurusan manajemen dan bisnis, beserta dengan keunggulan yang bisa didapatkan oleh Anda di masa yang akan datang.

 

You may also like