Home Perencanaan Biaya Kuliah di UI Berdasarkan Fakultas dan Jenjang Studinya

Biaya Kuliah di UI Berdasarkan Fakultas dan Jenjang Studinya

by Greg Pascal
biaya kuliah di UI

Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu kampus favorit yang ada di Indonesia. Tak heran jika banyak calon mahasiswa baru yang menjadikan UI sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, terkadang calon mahasiswa ragu untuk masuk UI karena terkendala biaya kuliah di UI yang terbilang cukup mahal.

Hal ini menjadikan banyak calon mahasiswa minder terlebih dahulu. Namun, sebenarnya berapakah biaya yang diperlukan untuk kuliah di UI? Berikut adalah penjelasannya.

Rincian Biaya S1 UI Berdasarkan Fakultas dan Jurusan

1. Biaya Kuliah Program S1 Reguler

Biaya kuliah untuk program Sarjana (S1) Reguler Universitas Indonesia hanya terdiri dari Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). 

  1. BOP Berkeadilan merupakan biaya UKT yang dikeluarkan dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar biaya pendidikan mahasiswa.
  2. BOP Pilihan merupakan biaya UKT yang penetapannya dapat ditentukan oleh penanggung biaya pendidikan mahasiswa. Hal ini didasarkan pada keinginan Anda dalam berpartisipasi membantu biaya operasional pendidikan sarjana reguler di Universitas Indonesia.

2. Biaya Kuliah Program S1 Paralel

Progaram S1 Paralel di UI merupakan salah satu program pendidikan yang menerima dapat alumni SMA/ sederajat tanpa pembatasan usia ijazah. Komponen untuk biaya pendidikan bagi mahasiswa dengan program ini yaitu terdiri dari BOP dan UP.

  1. BOP atau Biaya Operasional Pendidikan adalah komponen BP (Biaya Pendidikan) yang harus dibayarkan oleh mahasiswa di setiap semester.
  2. UP atau Uang Pangkal adalah komponen biaya pendidikan yang harus dibayarkan mahasiswa pada semester pertama dan hanya dibayarkan satu kali.

3. Biaya Kuliah Program Pendidikan Vokasi

Program Pendidikan Vokasi UI merupakan salah satu program favorit para calon mahasiswa. Untuk mengikuti Program Vokasi atau Diploma, rincian biaya kuliah yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp10.000.000 – Rp15.000.000.

4. Biaya Kuliah Program S1 Ekstensi

Program S1 Ekstensi ini sama seperti Program Paralel, Program Ekstensi juga menerima mahasiswa yang memiliki kewarganegaraan asing atau mahasiswa luar negeri. Khusus untuk mahasiswa Indonesia, biaya pendidikan UI pada Program Ekstensi mencakup 3 fakultas.

Tiga fakultas tersebut antara lain Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu Keperawatan. Dengan rentang biaya sekitar Rp7.000.000 – Rp15.000.000.

biaya kuliah di UI

Baca Artikel Selanjutnya :

5. Biaya Kuliah Program S1 Khusus Internasional

Universitas Indonesia juga memiliki program perkuliahan kelas internasional. Program S1 Khusus Internasional ini memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan program S1 lainnya.

Adapun beberapa istilah komponen dalam biaya perkuliahan yang sering digunakan di Universitas Indonesia, antara lain sebagai berikut.

  1. UKT (Uang Kuliah Tunggal) merupakan biaya yang dibayarkan setiap semester, sejak semester pertama sampai lulus kuliah. Besaran biaya UKT terdiri atas UKT BOP-B (BOP-Berkeadilan) dan BOP-P (BOP-Pilihan).
  2. BOP (Biaya Operasional Pendidikan) merupakan biaya yang dibayarkan setiap semester, sejak semester pertama sampai lulus kuliah sama halnya dengan UKT.
  3. DKFM (Dana Kesejahteraan Fasilitas Mahasiswa) biasanya digunakan untuk operasional kegiatan kemahasiswaan dan sudah termasuk didalam BOP.
  4. DPP (Dana Penunjang Pendidikan) biasanya diperlukan dalam pembiayaan kelengkapan penunjang seperti pembuatan KIM (Kartu Identitas Mahasiswa), jaket almamater, dan lain-lain.
  5. UP (Uang Pangkal) merupakan pembiayaan operasional pendidikan pada program Non S1 Reguler, yang dibayarkan satu kali selama kuliah yaitu pada semester pertama bersamaan dengan pembayaran BOP. DPP sudah termasuk didalam pembayaran UP.

Program Magister (S2) di Universitas Indonesia

Program pendidikan Magister (S2) di Universitas Indonesia dibedakan menjadi tiga program antara lain program reguler, khusus, dan program untuk warga negara asing (WNA). Biaya pendidikan masing-masing program berbeda-beda yaitu:

1. Program Kuliah S2 Reguler

Program kuliah S2 reguler ini sama seperti halnya Anda kuliah waktu S1 dengan jam reguler pada rentang pukul 8 pagi hingga 6 sore. Program ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang fokus dengan kuliah S2. Untuk program ini yaitu, BOP berkisar Rp 11-24 juta dan UP-nya berkisar Rp6-17 juta (tergantung fakultas).

2. Program Kuliah S2 Khusus

Program kuliah S2 Khusus ini memiliki jam kuliah pada pukul 4 sore hingga 10 malam. Program ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang memiliki kesibukan di pagi hari sehingga bisa mengikuti kuliah pada sore hingga malam hari. Untuk biaya program ini yaitu, BOP berkisar Rp 13-45 juta, UP Rp7-35 juta (tergantung fakultas).

3. Program Kuliah S2 WNA

Program kuliah S2 WNA ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang memiliki kewarganegaraan asing namun ingin menempuh pendidikan kuliah di Indonesia. Untuk biaya program ini yaitu, BOP berkisar Rp 33-47 juta, UP Rp 14-68 juta (tergantung fakultas).

Setelah mengetahui program kuliah S2 di UI, ada beberapa indikator yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih program reguler dan khusus. Indikator tersebut yaitu faktor keuangan dan faktor usia. Sehingga, Anda harus bisa menyesuaikan kedua indikator tersebut dengan kondisi Anda.

Itulah, beberapa penjelasan mengenai Universitas Indonesia, biaya kuliah di UI dan biaya S2 UI. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda dan bermanfaat.

You may also like