Home Perencanaan Besaran UMR Surabaya dan Kota di Jawa Timur Lainnya

Besaran UMR Surabaya dan Kota di Jawa Timur Lainnya

by Mas Abadi
UMR Surabaya

Membahas UMR setiap daerah memang sangat diperlukan, apalagi informasi tentang UMR selalu dibutuhkan bagi masyarakat yang ingin bekerja di daerah asal ataupun luar kota. Besaran UMR setiap dearah sendiri berbeda-beda, di mana tentu saja hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Termasuk untuk UMR Surabaya dan kota lainnya yang ada di Jawa Timur. 

Cara Penetapan UMR Surabaya dan Kota Jawa Timur Lainnya 

Pada dasarnya penetapan UMR disetiap daerah sendiri menggunakan prosedur yang sama. Di mana tidak banyak sekali yang mengetahunya caranya. Namun sebelum membahas bagaimana setiap daerah menetapkan UMR, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu UMR, UMK dan UMP. 

UMR adalah singkatan dari Upah Minimum Regional yang saat ini sudah berganti menjadi UMP atau Upah Minimum Provinsi. Sehingga UMR sendiri saat ini sudah tidak ada lagi, diganti dengan UMP yang memang masih tidak banyak diketahui. UMP yang berlaku setiap tahunnya ini diumumkan serentak oleh gubernur masing-masing provinsi pada tanggal 1 November. 

Untuk UMK yang merupakan singkatan dari Upah Minimum Kota/Kabupaten sendiri adalah besaran upah yang ditetapkan setiap kota atau kabupaten masing-masing. Di mana pada setiap tahunnya besaran UMK tidak diumumkan secara serempak. Setiap daerah paling lambat mengumumkan UMK masing-masing pada tanggal 21 November. Tapi baik itu UMP dan UMK sendiri resmi dijalankan setiap tanggal 1 Januari setiap tahunnya. 

Dari penjelasan di atas, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara setiap provinsi beserta kota dan kabupaten menetapkan UMK dan UMP ini. Berikut ini adalah caranya: 

  • Ditetapkan oleh gubernur dan rekomendasi dari walikota atau bupati 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa penetapan UMP dan UMK dilakukan oleh gubernur. Di mana untuk besaran UMK sendiri, besarannya adalah hasil rekomendasi dari bupati atau walikota masing-masing beserta jajaran Dewan Pengupahan Provinsi atau DPP. Maka dari pada itu, jangan bingung jika besaran UMK biasanya lebih tinggi dari UMP. 

  • Rapat tahunan 

Apabila seluruh komponen yang menetapkan UMK dan UMP sudah ada, maka selanjutnya akan diadakan rapat. Pengadaan rapat ini sendiri nantinya akan dihadiri oleh gubernur, perwakilan DPP, walikota dan bupati, pengusaha, dewan buruh, ahli ekonomi dan lain sebagainya. Di mana nantinya akan dibahas mendalam berapa besaran UMK atau UMP yang akan ditetapkan. 

Jika rapat sudah diadakan, maka selanjutnya akan dibentuk tim survey yang akan terjun ke lapangan dan menilai berapa besaran kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat pada daerah masing-masing. Di mana nantinya dari suvey tersebut akan didapatkan besaran kebutuhan hidup layak atau KHL dari masyarakat. 

UMR Surabaya

KHL ini sendiri akan meliputi kebutuhan pokok seperti makan, pakaian, kesehatan, perumahan, pendidikan dan lain sebagainya. Survey yang dilakukan sendiri dilakukan untuk biaya kehidupan dari satu orang yang belum memiliki anak atau yang masih single. Setelah survey dilakukan maka besaran UMP dan UMK akan bisa dilihat secara garis besar. 

Itu adalah cara bagaimana setiap UMP dan UMK ditetapkan setiap tahunnya, di mana tentu saja selanjutnya adalah mengetahui besaran UMR di Kota Surabaya serta daerah lainnya di Jawa Timur. 

Besaran UMR Surabaya dan Daerah Lain Di Jawa Timur 

Untuk Kota Surabaya sudah ditetapkan besaran UMR pada tahun 2021 yaitu sebesar Rp. 4.300.479. Namun, untuk besaran UMP Jawa Timur yang sudah ditetapkan oleh gubernur provinsi tersebut adalah sebesar Rp. 1.868.777. Di mana besarannya sendiri naik dibandingkan dengan tahun lalu. Lalu bagaimana dengan daerah lain yang ada di Jawa Timur? Berikut ini adalah daftar: 

  • Kabupaten Gresik 

Pada tahun ini, Kabupaten Gresik telah menetapkan besaran UMK yaitu Rp. 4.297.030. Di mana nominal UMK tahun 2021 ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu. 

  • Kabupaten Sidoarjo 

Sama dengan Gresik, Kabupaten Sidoarjo pun mengalami kenaikan hingga 100 ribu rupiah. Di mana pada tahun ini, besaran UMK yang didapatkan adalah Rp. 4.293.581. 

  • Kabupaten Pasuruan 

Kenaikan UMK tahun 2021 juga dialami oleh Kabupaten Pasuruan, di mana UMK yang ditetapkan adalah sebesar Rp. 4.290.133. 

  • Kabupaten Mojokerto 

Untuk tahun 2021 ini, Kabupaten Mojokerto sudah ditetapkan UMK sebesar Rp. 4.279.287. Di mana daerah ini mengalami kenaikan sekitar 100 ribu rupiah dibandingkan dengan tahun lalu. 

  • Kabupaten dan Kota Malang

Untuk daerah Malang baik itu kabupaten dan kotanya, menetapkan besaran UMK tahun 2021 masing-masing sebesar Rp. 3.068.275 dan Rp. 2.970.502. 

  • Kabupaten dan Kota Blitar 

Untuk Kabupaten maupun Kota Blitar, telah menetapkan besaran UMR tahun 2021 dengan jumlah yang sama yaitu Rp. 2.004.705. 

Itulah besaran UMR Surabaya dan juga kota atau kabupaten lain yang ada di Jawa Timur. Di mana selain daerah yang disebutkan tadi, masih ada beberapa kota lain yang menetapkan UMK tahun 2021 mengalami kenaikan sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

You may also like