Home Perencanaan Besaran UMR Bandung dan Wilayah Jawa Barat Lainnya

Besaran UMR Bandung dan Wilayah Jawa Barat Lainnya

by Mas Abadi
UMR Bandung

Setiap tahunnya, pemerintah pasti akan mengumumkan UMR atau besaran upah minimum regional yang memang menjadi acuan gaji yang akan didapatkan oleh pegawai atau karyawan. Pada setiap daerah sendiri akan memiliki besaran upah minimum yang berbeda, termasuk untuk UMR Bandung dan wilayah lainnya di Jawa Barat. Lalu berapa besaran untuk UMR di Kota Bandung dan daerah lain di provinsi Jwa Barat? Mari simak ulasan di bawah ini. 

Apa Itu UMR, UMK dan UMP

Sebelum masuk ke pembahasan berapa besaran UMR di Kota Bandung, ada baiknya Anda mengenali sebenarnya apa itu UMR, UMK dan UMP. Karena ketiganya sendiri berhubungan satu sama lainnya. 

UMR atau Upah Minimum Regional adalah besaran upah minimal yang diatur dalam undang-undang. Tapi pada saat ini UMR sudah tidak digunakan, di mana sudah diganti menjadi UMP atau Upah Minimum Provinsi. Dari singkatannya tersebut, maka sudah bisa terlihat bahwa UMP adalah besaran gaji yang ditetapkan oleh provinsi untuk masyarakat yang bekerja pada provinsi tersebut. 

Pengumuman UMP sendiri dilakukan pada setiap tahunnya pada tanggal 1 November dan yang mengumumkan adalah gubernur setempat. Penetapan besaran UMP sendiri dilakukan berdasarkan survey yang dilakukan pemerintah setiap provinsi. Di mana nantinya gubernur akan menetapkan atas dasar pergerakan ekonomi yang terjadi pada provinsi masing-masing. 

Lalu bagaimana dengan UMK? UMK adalah upah minimum kabupaten atau kota. Di mana penetapan UMK sendiri akan dilakukan oleh gubernur dengan rekomendasi dari bupati atau walikota. Nantinya setiap bupati dan walikota dari masing-masing daerah akan memberikan survey akan pertumbuhan ekonomi kepada gubernur. Pengumuman besaran UMK pun paling lambat adalah 21 November setiap tahunnya. 

Perhitungan untuk UMK selain dari pertumbuhan ekonomi juga dari Kebutuhan Layak Hidup atau KLH masyarakat. Kebutuhan hidup yang diukur adalah seperti kebutuhan pokok seperti makan, pendidikan, serta lain sebagainya. Tapi KLH sendiri dari kebutuhan satu orang yang belum mempunyai anak atau masih single, sehingga tidak heran jika UMK biasanya lebih besar dari UMP yang ditetapkan. 

Dengan adanya pengertian dan penjelasan tentang UMK dan UMP atau UMR, maka sudah dapat dilihat bahwa upah minimum ini sendiri adalah sebuah besaran gaji yang harus diberikan oleh perusahaan kepada pegawai atau karyawan yang bekerja. 

Besaran UMR Bandung dan Daerah Jawa Barat Lainnya 

UMP Jawa Barat pada tahun 2021 sendiri sudah diumumkan pada tanggal 1 November lalu, di mana tidak ada kenaikan dari tahun sebelumnya. UMP Jawa Barat sendiri adalah sebesar Rp. 1.810.350,-. Sedangkan untuk kota Bandung adalah sekitar Rp. 3.742.276,48. Berbeda dengan kabupaten Bandung yang menetapkan UMK sekitar Rp. 3.241.929,67.

Di bawah ini sendiri adalah beberapa UMK untuk beberapa daerah lain yang ada di Provinsi Jawa Barat: 

  • Kabupaten Karawang 

Pada tahun 2021, Kabupaten Karawang ditetapkan UMK sebesar Rp. 4.798.312 yang mana angka ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. 

  • Kota Bekasi 

Kota Bekasi pun mengalami kenaikan UMK pada tahun 2021 ini yaitu sebesar Rp. 4.782.935,64. Di mana kenaikan ini berdasarkan pada pertumbuhan ekonomi yang terjadi. 

UMR Bandung

  • Kabupaten Bekasi 

Berbeda dari Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi menetapkan UMK sebesar 4.791.843,90. 

  • Kota Depok 

UMK di Kota Depok juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan, di mana pada tahun ini Kota Depok menetapkan UMK sebesar Rp. 4.339.514,73. 

  • Kabupaten dan Kota Bogor 

Bagi Anda yang bekerja di Kabupaten atau Kota Bogor akan mendapatkan UMK yang masing-masing adalah Rp. 4.217.206 dan Rp. 4.169.806,58. 

  • Kabupaten Majalengka

Sedangkan untuk Kabupaten Majalengka, UMK juga mengalami kenaikan. Di mana pada tahun ini, UMK yang ditetapkan di kabupaten tersebut adalah sekitar Rp. 2.009.000,-. 

  • Kabupaten Banjar 

Jika Anda bekerja di Kabupaten Banjar, pada tahun ini UMK yang ditetapkan adalah sebesar Rp. 1.831.884,83. Di mana di kabupaten ini tidak mengalami kenaikan seperti daerah lainnya. 

  • Kabupaten Garut 

Kabupaten Garut juga telah ditetapkan besaran UMK-nya, di mana sama seperti Banjar yang tidak mengalami kenaikan dari tahun lalu. Pada tahun ini UMK di Kabupaten Garut adalah sebesar Rp. 1.961.085,70. 

  • Kabupaten Pangandaran 

Bagi Anda yang bekerja di Kabupaten Pangandaran pun tidak mengalami kenaikan besaran UMK. Di mana pada tahun ini, UMK yang ditetapkan oleh kabupaten tersebut adalah sebesar Rp. 1.860.591,33,-. 

Itulah besaran UMR Bandung, baik itu kabupaten dan kotanya beserta dengan kota lain yang berada di Jawa Barat. Ada beberapa kota yang mengalami kenaikan jumlah UMK dan ada yang juga tidak mengalami kenaikan. Di mana untuk besaran UMP Jawa Barat pun juga tidak mengalami kenaikan pada tahun ini. Hal ini sendiri disebabkan oleh pandemic Covid-19 yang sedang melanda, di mana kebijakan tidak ada kenaikan UMP sendiri didasari pertumbuhan ekonomi yang tidak mengalami kenaikan.

You may also like