Home Karier Besaran Gaji Kurir Shopee 2021 Beserta Tunjangan yang Diperoleh

Besaran Gaji Kurir Shopee 2021 Beserta Tunjangan yang Diperoleh

by Mas Abadi
gaji Kurir Shopee

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kondisi pandemi seperti sekarang, kebutuhan masyarakat akan pelayanan pengiriman barang semakin meningkat. Dari adanya kebutuhan ini, maka semakin banyak pula jasa pengiriman yang bermunculan. Salah satunya adalah Shopee yang juga memiliki Shopee Express untuk mengirimkan barang-barang kebutuhan masyarakat. 

Dengan adanya Shopee Express, maka muncul lapangan pekerjaan baru untuk menjadi seorang kurir. Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai kurir Shopee, mungkin ingin tahu berapa besaran serta tunjangan yang diperoleh. Mari simak pembahasannya dalam artikel ini untuk mengetahui lebih jauh. 

Apa itu Shopee Express 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Shopee Express adalah layanan pengiriman yang dimiliki oleh Shopee. Tapi, tidak seperti jasa pengiriman lainnya. Karena layanan ini hanyalah diperuntukan untuk penjual dan pembeli di Shopee. Uniknya lagi tidak semua penjual di Shopee bisa menggunakan layanan Shopee Express untuk mengirim barang dagangan ke pembeli. 

Hanya toko-toko yang sekiranya memang sudah mendapatkan kepercayaan dari Shopee dan pelanggan yang bisa menggunakan jasa pengiriman ini. Toko yang menggunakan layanan ini akan memiliki tanda SPX di setiap produk yang dijual. Sehingga pembeli pun bisa memilih menggunakan jasa layanan ini jika toko mempunyai tanda SPX. 

Shopee Express mempunyai tiga layanan pilihan yaitu Shopee Express Instant, Same Day serta Instant. Ketiganya mempunyai perbedaan dari harga atau pun lama waktu pengiriman. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan. 

Besaran Gaji dan Tunjangan Kurir Shopee 

Untuk berapa besaran gaji menjadi kurir Shopee adalah sekitar 2 juta rupiah hingga 3 juta rupiah. Bergantung kepada besaran UMR yang ditetapkan dalam setiap daerah. Tidak hanya itu saja, gaji yang didapatkan kurir Shopee juga tergantung dari target yang sudah ditetapkan oleh setiap counter yang ada. 

Mitra dari Shopee Express pun bisa mendapatkan penghasilan dari total paket yang diantarkan setiap harinya. Semakin banyak barang atau paket yang diantarkan, sudah pasti pendapatan pun juga akan semakin besar. 

Untuk satu paketnya, Shopee memberikan sekitar 2.213 rupiah untuk satu paket. Jika dalam sehari kurir bisa mengantarkan sekitar 100 paket, maka pendapatan yang didapatkan adalah 222.130 rupiah per hari. Sehingga jika dihitung per bulannya, seorang kurir bisa mendapatkan sekitar 6 juta rupiah. 

Dari gaji yang didapatkan tersebut, belum termasuk dengan tunjangan yang diberikan oleh pihak counter. Setiap kurir akan mendapatkan beberapa tunjangan seperti berikut ini: 

  • Uang bensin dan makan 
  • Intensif kendaraan 
  • Serta tunjangan kinerja

Sistem Kerja Menjadi Kurir Shopee Express 

Jika Anda ingin menjadi kurir Shopee, maka juga harus tahu bagaimana sistem kerjanya. Secara garis besar, sistem kerja yang ditetapkan tidaklah sulit. Seorang kurir akan bekerja selama 6 hari dan mendapatkan libur 1 hari dalam seminggu. Setiap dua bulan sekali, jam kerja akan diatur ulang agar seluruh kurir tidak terlalu kelelahan. Untuk sistemnya kerjanya adalah sebagai berikut: 

  • Pertama, kurir harus datang ke kantor atau counter sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 
  • Setelah itu, kurir akan diminta untuk absen. 
  • Jika sudah, maka kurir harus mengambil dokumen pengiriman paket yang akan menjadi tugasnya. 
  • Setelah itu, kurir akan menata sendiri paket-paket yang diantarkan sesuai data ke kendaraan. 
  • Apabila sudah tersusun, selanjutnya kurir akan mengantarkan seluruh paket ke alamat tujuan. 
  • Tidak hanya itu saja, jika ada jadwal pengambilan barang dari pelanggan pun juga akan dilakukan bersamaan. 
  • Apabila paket pelanggan diambil oleh kurir dan sudah masuk ke kantor sebelum pukul 1 siang, paket tersebut akan langsung dikirimkan pada hari yang sama. 
  • Jika paket pelanggan masuk melebih jam 1 siang, maka paket akan dikirimkan esoknya.

Syarat Melamar Menjadi Kurir Shopee 

Dengan mengenali sistem kerja kurir Shopee dan ternyata Anda tertarik untuk melamar, maka pastikan syarat di bawah ini sudah terpenuhi: 

  • Berjenis kelamin laki-laki. 
  • Minimal telah berusia 18 tahun dan maksimal adalah 35 tahun. 
  • Minimal pendidikan terakhir adalah SMA atau SMK sederajat. 
  • Memiliki kendaraan pribadi dalam hal ini motor. 
  • Sudah mempunyai SIM untuk motor. 
  • Memiliki ponsel sendiri. 
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 
  • Memiliki kemampuan hapal atau paham rute perjalanan pengiriman. 
  • Tidak memiliki sakit bawaan atau sehat jasmani serta rohani. 

Apabila Anda sudah memenuhi syarat tersebut, maka Anda bisa melamar melalui web milik Shopee atau portal lowongan kerja yang telah bekerja sama dengan Shopee. Anda pun akan melewati tahap seperti pelamar pekerjaan lain, di mana ada pemanggilan serta interview. 

Demikianlah penjelasan tentang besaran gaji yang didapatkan oleh kurir Shopee pada tahun 2021. Dapat disimpulkan bahwa menjadi kurir Shopee terbilang cukup untuk masalah gaji karena sudah sesuai dengan UMP yang telah ditetapkan.

You may also like