Home Bisnis Berniat Merintis Usaha? Yuk, Simak 5 Usaha yang Mudah dan Menguntungkan Ini

Berniat Merintis Usaha? Yuk, Simak 5 Usaha yang Mudah dan Menguntungkan Ini

by Mas Abadi
usaha yang menguntungkan

Di zaman yang serba hi-tech ini, mendambakan bisnis modal kecil untung besar bukan menjadi masalah. Itu karena meski minim modal, bisnis tersebut dapat dikembangkan menjadi bisnis besar dengan mengandalkan sosial media.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis modal kecil di era digital. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk promosi atau pembuatan iklan. 

Nah, bagi Anda yang masih bingung ingin mulai usaha apa saja? Berikut akan disajikan informasi tentang 5 usaha yang mudah dan menguntungkan. Sebagian besar ide usaha berikut dapat dijalankan dan dikelola di rumah, jadi Anda dapat menghemat biaya operasional.

Untuk lebih memahami tentang usaha yang mudah dan menguntungkan ini, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi 5 Ide Usaha yang Mudah dan Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin berbisnis, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan usaha yang mudah dan menguntungkan. Oleh karena itu, disarankan untuk menjalankan bisnis rumahan yang mudah dijalankan dan bisa mendatangkan keuntungan.

Berikut 5 ide usaha yang mudah dan menguntungkan.

1. Membuka Jasa Titip (Jastip)

Salah satu usaha yang mudah dan menguntungkan adalah usaha jasa titip (jastip). Bisa dibilang, usaha jastip ini merupakan salah satu bisnis dengan modal kecil, namun menguntungkan. Anda dapat membuka usaha jastip ini mulai dari barang impor maupun barang domestik.

Perlu diketahui, kunci sukses dalam menjalankan jastip ini adalah penetapan target pasar dan promosi. Jika Anda menetapkan target pasar untuk barang branded, maka Anda harus mencari pembeli potensial yang menyukai barang branded

Selain itu, lakukan promosi usaha jastip Anda secara kontinyu. Itu karena rutin melakukan promosi dapat membuat usaha jastip Anda semakin populer. Kunci utama untuk menjalankan usaha jastip supaya langgeng adalah kepercayaan, Anda harus bisa meyakinkan kepada konsumen bahwa usaha jastip Anda terpercaya.

2. Usaha Makanan Ringan atau Camilan

Siapa bilang camilan atau makanan ringan hanya diminati oleh anak-anak? Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, itu karena orang dewasa suka menyukai camilan atau makanan ringan. Dalam menjalankan usaha camilan ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar.

Riset pasar ini bertujuan untuk mengetahui jenis camilan apa yang disukai oleh konsumen. Setelah itu, baru Anda mulai menentukan produk camilan apa yang akan Anda buat. Pastikan untuk memilih jenis camilan yang banyak disukai oleh konsumen dan tidak membosankan. Lakukan inovasi supaya produk camilan Anda banyak diminati.

3. Membuka Usaha Jasa Pembukuan untuk UMKM secara Online

Saat ini memang banyak bermunculan UMKM, tentunya setiap usaha tersebut membutuhkan jasa pembukuan. Nah, usaha yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang akuntansi, yaitu usaha jasa pembukuan UMKM secara online.

Bisa dibilang usaha jasa pembukuan UMKM ini mudah dijalankan. Selain itu, keuntungan yang dijanjikan pun cukup besar. Itu karena beberapa UMKM yang ada di Indonesia belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang pembukuan. Selain itu, usaha pembukuan ini juga bisa dijalankan secara online.

Membuka Toko Kelontong dan Sembako

Usaha yang mudah dan menguntungkan lainnya adalah usaha toko kelontong dan sembako. Bisa dibilang usaha yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal, namun tetap menguntungkan. Selain itu, usaha toko kelontong ini dapat dilakukan di rumah Anda. 

Anda dapat membuka toko kelontong yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari terutama sembako. Anda dapat melengkapi toko kelontong dengan camilan, alat tulis atau minuman ringan. Kunci utama supaya toko kelontong Anda laris manis, Anda harus membuat toko tersebut terlihat menarik supaya konsumen betah berbelanja di toko Anda.

Usaha Budidaya Ikan Hias

Bagi Anda yang hobi memelihara ikan hias, ternyata hobi tersebut dapat dijadikan sebagai bisnis. Anda dapat mulai budidaya ikan hias. Tentunya, hasil penjualan dari budidaya ikan hias ini akan menguntungkan dan dapat dijadikan prospek bisnis di masa depan.

Perlu diketahui, pemeliharaan dan perawatan ikan hias tidak sulit. Apalagi jika hal tersebut merupakan hobi Anda. Adapun kunci sukses usaha budidaya ikan hias ini adalah tekun dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen ikan hias.

Tips Memulai Usaha Tanpa Ragu Lagi

Memang memulai usaha terkadang membuat orang bingung bahkan ada yang ragu untuk memulainya. Ternyata, memulai usaha itu tidak serumit yang dibayangkan, asalkan memahami tips peluang usaha, semua akan mudah.

Berikut adalah tips memulai usaha tanpa Anda perlu ragu lagi. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan, jenis usaha yang Anda pilih sesuai dengan hobi dan passion Anda.
  2. Pilih waktu yang tepat untuk mulai membuka usaha supaya usaha yang Anda rintis tidak terkesan terburu-buru.
  3. Hindari membuka usaha karena mengikuti tren yang ada, supaya Anda tidak bosan di tengah jalan.

Tersebut adalah 5 usaha yang mudah dan menguntungkan di masa depan. Pastikan, memilih usaha yang sesuai dengan minat Anda, supaya Anda bahagia menjalankan usaha tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi Anda.

 

You may also like