Home Karier Berniat Mengambil Jurusan Farmasi? Simak Prospek Kerjanya Di Sini

Berniat Mengambil Jurusan Farmasi? Simak Prospek Kerjanya Di Sini

by Mas Abadi
prospek kerja farmasi

Menentukan jurusan perguruan tinggi memang bukanlah hal yang mudah. Butuh pertimbangan yang matang agar tidak salah melangkah. Kamu juga sebaiknya memilih sesuai dengan passion kamu, tanpa mengesampingkan prospek masa depannya. Berikut prospek jurusan farmasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

Deskripsi Jurusan Farmasi

Sebelum kamu tahu tentang peluang kerjanya, kamu juga harus tahu sebenarnya apa itu jurusan farmasi. Jurusan satu ini bisa dikatakan cocok untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia medis. Tentunya selain kedokteran juga keperawatan. Mengingat ilmu ini merupakan gabungan dari ilmu kimia dan kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam dunia medis.

Nantinya kamu akan lebih banyak berkecimpung dengan senyawa kimia hingga akhirnya dikembangkan menjadi bahan obat obatan. Bukan tidak mungkin, jika nantinya kamu menjadi penemu obat untuk suatu penyakit. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana menggunakan obat obatan yang tepat dan sesuai ilmu kesehatan.

Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia farmasi, beberapa kemampuanmu akan diasah. Mulai dari kemampuan untuk meneliti, menganalisa, komunikasi, pemahaman akan ilmu kimia dan biologi hingga kemampuan untuk memberikan pelayanan farmasi. Jika kamu memang merasa cocok, tak ada salahnya untuk terjun dalam jurusan satu ini.

Waktu yang kamu butuhkan untuk lulus pendidikan ini idealnya sama, yakni 4 tahun atau setara dengan 8 semester. Ada banyak mata kuliah yang akan kamu pelajari, mulai dari farmasi fisik, kimia sintesis, imunologi hingga anatomi fisiologi manusia. Sekilas kamu akan mempelajari beberapa ilmu kedokteran. Menariknya selain teori kamu juga akan disibukkan dengan praktikum.

Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Jurusan Ini

1. Dibutuhkan Layanan Kesehatan

Prospek kerja jurusan farmasi terbilang bagus ke depannya. Sebab, hampir semua layanan kesehatan membutuhkan tenaga ahli di bidang farmasi. Mulai dari Rumah sakit, Laboratorium Klinik hingga Klinik Pengobatan. Nantinya kamu akan bertanggung jawab untuk meracik obat obatan sampai menyediakan informasi tentang obat obatan tersebut.

2. Dibutuhkan Instansi Pemerintah

Tidak hanya bisa berkesempatan untuk di layanan kesehatan, kamu juga bisa menembus instansi pemerintah. Karena instansi pemerintah layaknya BPOM membutuhkan tenaga yang ahli di bidang farmasi. Nantinya akan membantu untuk menjaga mutu makanan maupun minuman sehingga layak edar dan dikonsumsi banyak orang.

3. Bisa Bekerja Sebagai Apoteker

Ketika kamu lulus nanti, kamu bisa melanjutkan untuk mengambil profesi Apoteker. Dengan begitu kamu bisa menjadi apoteker yang banyak dibutuhkan. Selain ikut sebuah instansi, kamu juga bisa membuka usaha sendiri yakni Apotek. Hal ini menjadi prospek yang menggiurkan di masa mendatang yang perlu kamu pertimbangkan.

Baca Artikel Selanjutnya : Banyak Peminat, Ayo Cari Tahu Peluang Kerja Jurusan Hubungan Internasional Di Sini

Prospek Kerja Lulusan Farmasi Beserta Kisaran Gajinya

prospek kerja farmasi

1. Farmasi Industri

Salah satu prospek kerja lulusan farmasi yang bisa kamu dapatkan adalah bekerja di bidang Farmasi Industri. Pekerjaan satu ini terbilang banyak diimpikan, karena selain obat obatan kamu juga bisa bergerak di bidang makanan dan minuman hingga kosmetik. Tugas kamu nantinya menentukan formula atau spesifikasi bahan baku obat. Kisarannya gajinya di angka Rp 4 juta sampai Rp 8 juta per bulan.

2. Lembaga Pemerintah

Peluang yang selanjutnya adalah di lembaga pemerintahan khususnya di BPOM. Selain di BPOM kamu juga bisa menjajal lembaga lain seperti BPJS. Hal ini bisa jadi alternatif untuk yang tetap ingin bekerja di bawah naungan pemerintah. Gaji di BPOM kisaran Rp 4 juta setiap bulan, sementara di BPJS mulai dari Rp 2.5 juta sampai Rp 16, 5 juta tiap bulan tergantung jabatan.

3. Dunia Pendidikan

Kamu yang menempuh pendidikan farmasi juga bisa terjun dalam dunia pendidikan. Kamu bisa menjadi pengajar SMK ataupun dosen dengan jurusan yang sama. Apabila kamu ingin menjadi guru, kamu tak perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sementara untuk menjadi dosen, setidaknya kamu harus lulus S2.

Peluang untuk bidang ini masih sangat terbuka lebar, dan memiliki penghasilan yang lumayan. Gaji yang nantinya kamu terima akan bergantung pada jam mengajar dan jumlah kelas yang kamu ampu. Rata rata penghasilan untuk pekerja satu ini di angka Rp 4 juta tiap bulan dan belum termasuk tunjangan.

4. Menjadi Pengusaha

Kamu juga bisa mengambil prospek kerja jurusan farmasi satu ini, terutama bagi yang ingin menjadi pengusaha. Lulusan farmasi bisa menjadi pengusaha, yakni dengan mendirikan apotek dan kamu menjadi apotekernya. Hanya saja, kamu harus melengkapi persyaratannya lebih dahulu sebelum benar benar bisa membuka apotek sendiri.

Peluang kerja di bidang kesehatan memang masihlah terbuka lebar. Tenaga ahli di bidang satu ini memang tidak bisa sembarangan. Sehingga jika kamu berniat untuk masuk jurusan farmasi, kamu bisa menyiapkannya lebih awal. Prospek jurusan farmasi juga menggiurkan dan memiliki karir yang menjanjikan jika kamu tekun dan bekerja keras.

You may also like