Home Bisnis Berniat Buka Bisnis di Kampung? Yuk Intip Peluang Usaha di Desa Paling Menguntungkan

Berniat Buka Bisnis di Kampung? Yuk Intip Peluang Usaha di Desa Paling Menguntungkan

by Mas Abadi
Berniat Buka Bisnis di Kampung? Yuk Intip Peluang Usaha di Desa Paling Menguntungkan

Semua orang memiliki peluang untuk menjadi seorang pengusaha. Baik untuk mereka yang tinggal di kota maupun di pedesaan. Hanya saja, tergantung dari cara memanfaatkan peluang dan mengelola usaha tersebut. Untuk anda yang ingin membangun usaha di desa, berikut peluang usaha di desa yang bisa anda jadikan pilihan.

Ide Usaha Di Kampung Yang Menguntungkan Tapi Modal Kecil

1. Toko Kelontong

Berniat Buka Bisnis di Kampung? Yuk Intip Peluang Usaha di Desa Paling Menguntungkan

Kendati sudah banyak yang menggeluti bisnis ini dan supermarket tumbuh pesat, toko Kelontong masih banyak dibutuhkan. Sebenarnya bisnis ini tidak hanya laku di pedesaan saja, tetapi juga di perkotaan. Alasannya, karena toko kelontong akan menjual barang barang sehari hari lebih terjangkau dibandingkan dengan supermarket.
Sehingga tak ada salahnya bagi anda membuka bisnis satu ini. Apalagi, jika anda bisa membuka toko yang lengkap dan menawarkan harga terjangkau. Menariknya, untuk membuka bisnis ini anda tak perlu menyiapkan modal besar. Hanya saja modalnya akan lebih besar, jika masih harus menyewa tempat jualannya.

2. Depot Air Minum

Setiap manusia membutuhkan air minum, hanya saja belum tentu semua daerah bisa menghasilkan air bersih. Padahal kebutuhan air putih yang sehat dan bersih harus dipenuhi oleh setiap individu. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha di pedesaan. Membuka depot air minum akan menguntungkan, karena semua membutuhkan minum.

3. Jasa Potong Rambut

Bagi anda yang memiliki skill untuk memotong rambut, bisa menjadikan ide bisnis ini sebagai pilihan. Saat ini perkembangan potong rambut terlihat begitu subur, di perkotaan bahkan anda harus mengeluarkan biaya besar untuk potong rambut. Dan anda bisa membukanya di kampung dengan lebih modern untuk menarik pelanggan.
Apalagi saat ini model potong rambut menggunakan poster tak lagi efektif. Kebanyakan pengguna jasa akan memilih untuk menunjukkan gambar lewat ponsel. Sehingga jika anda bisa mengikuti tren tersebut maka bisnis ini akan menjadi yang bisnis yang menjanjikan. Modal untuk membuka potong rambut berkisar Rp 10 jutaan jika butuh sewa tempat.

Baca Juga Artikel Berikut : Sedang Tren, Ayo Cari Tahu Tentang Perusahaan Startup Lebih Dekat

4. Ternak Ayam

Bisnis yang juga menjanjikan selanjutnya adalah ternak ayam. Ayam masih kebutuhan yang dicari oleh masyarakat semua kalangan. Jika anda ingin lebih menguntungkan, ayam kampung bisa jadi pilihan. Ternak ayam termasuk usaha modal kecil tapi memiliki peluang yang menjanjikan. Akan lebih mudah jika anda juga memiliki lahan yang luas.

5. Pulsa dan Tagihan Online

Bisnis pulsa yang ditambahkan dengan pembayaran berbagai tagihan secara online juga masih menjanjikan. Kebutuhan masyarakat akan internet dan pulsa memang semakin hari semakin melonjak. Sehingga akan memberikan peluang besar, dan lagi modal yang harus disiapkan tidaklah besar. Agar sukse, sebaiknya anda memiliki tempat usaha yang strategis.

6. Menanam Sayuran Hidroponik

Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam yang baru dan tanpa menggunakan tanah. Sehingga hasilnya lebih higienis dan memiliki harga yang jual yang lebih tinggi. Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis di pedesaan yang menguntungkan. Perkiraan modalnya sekitar Rp 7 jutaan dan akan lebih banyak digunakan untuk membuat peralatannya.

7. Bisnis Online

Jika anda mencari bisnis yang tanpa modal, bisnis online bisa anda lirik. Menjadi dropshipper banyak dilakukan oleh ibu ibu rumah tangga. Yang anda butuhkan adalah smartphone dan koneksi internet yang baik. Tugas anda nantinya juga hanya memasarkannya saja, tetapi keuntungannya cukup menggiurkan.

8. Jual Makanan Ringan

Makanan juga masih dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan, baik di perkotaan atau di pedesaan. Anda bisa menjual makanan ringan atau makanan rumahan untuk dijual belikan. Bahkan produk kekinian juga bisa menjadi pilihan untuk dikembangkan menjadi bisnis. Selain dijual ke masyarakat sekitar, anda juga bisa menjualnya online agar pasarnya lebih luas.
Keuntungan Membuka Bisnis Di Pedesaan
Siapa bilang jika membuka bisnis di pedesaan tidak menguntungkan. Selain bisa memilih usaha modal kecil, anda juga akan bisa memperoleh keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah memiliki saingan yang lebih sedikit. Sehingga anda tidak akan takut dikalahkan oleh pesaing. Walaupun tetap saja membutuhkan rencana bisnis yang kuat.
Masyarakat pedesaan lebih akrab, dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis anda. apabila bisnis anda menjamin kualitas dan pelayanan, mereka akan senang hati merekomendasikan pada warga yang lain. Bukan hanya itu, membuka bisnis di desa lebih menjanjikan karena biaya hidupnya akan lebih rendah. Sehingga anda bisa menabung walaupun omset belum besar.
Itulah beberapa pilihan peluang usaha di desa yang bisa anda jadikan pilihan. Sebenarnya masih banyak yang bisa anda temukan peluangnya. Tinggal anda sesuaikan dengan modal serta kemampuan yang anda miliki. Hidup di desa tak hanya menjadi petani saja, buktinya anda juga tetap bisa menjadi seorang pengusaha jika pandai memanfaatkan peluang yang ada.

You may also like