Home Karier Berminat Menjadi Business Development? Yuk Kenali Skill Wajib dan Tugasnya

Berminat Menjadi Business Development? Yuk Kenali Skill Wajib dan Tugasnya

by Mas Abadi
Bussiness development

Jika Anda membuka portal lowongan kerja, pasti pernah menemukan lowongan untuk Business Development. Bagi yang sudah pernah bekerja di sebuah perusahaan, pasti memahami betapa penting tugas yang dilakukan oleh seorang Business Development. Meski begitu, masih banyak yang salah mengenali profesi ini dengan sales. 

Bagi yang belum paham akan menganggap bahwa posisi Business Development sama dengan sales dan hanya digantin saja namanya. Padahal, keduanya sangatlah berbeda dari segi tanggung jawab, skill serta tugasnya. Jika Anda berminat menjadi seorang Business Development, mari simak penjelasan skill apa yang dibutuhkan serta tugas-tugasnya. 

Apa itu Profesi Business Development

Sebelum memahami skill yang dibutuhkan serta tugas dari Business Development, maka sebaiknya Anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan profesi ini. Business Development merupakan proses yang dilakukan untuk menetapkan nilai jangka panjang dari market, relasi bisnis dan juga pelanggan. 

Sehingga bisa dikatakan bahwa Business Development merupakan profesi yang harus menjaga ketiga aspek tersebut untuk selalu berhubungan. Di mana nantinya dari hubungan tersebut akan muncul peluang-peluang baru bagi perusahaan agar mendapatkan keuntungan. 

Keuntungan yang harus diperoleh ini sendiri tidak untuk jangka pendek, tapi untuk jangka panjang. Tentu saja tujuannya adalah untuk membuat perusahaan terus berjalan dan bisa berkembang dengan lebih baik lagi. 

Keuntungan jangka panjang ini juga tidak hanya tentang pendapatan dalam bentuk saham atau investasi saja. Tapi juga dalam bentuk keloyalan pelanggan, citra perusahaan, image dan lain sebagainya. Dari penjelasan ini, maka sudah jelas bahwa profesi Business Development dalam sebuah perusahaan memegang peranan penting. 

Skill yang Harus Dimiliki oleh Business Development 

Lalu kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Business Development? Berikut ini adalah skill wajibnya: 

  1. Kemampuan dalam mengatur atau management 

Menjadi seorang Business Development berarti akan ada banyak sekali yang akan dikerjakan, maka tidak heran jika Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik untuk bisa menyelesaikan seluruh tugas yang ada. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus tau mana prioritas yang harus dikerjakan dan mana yang tidak. 

Bahkan Anda juga harus mengatur sumber daya manusia yang tersedia agar perkembangan perusahaan akan menjadi lebih baik lagi. Apabila Anda sudah mempunyai kemampuan ini, maka Anda sudah bisa siap mengemban tugas menjadi seorang Business Development.

  1. Kemampuan komunikasi yang baik 

Menjadi seorang Business Development, berarti Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini karena Anda harus selalu menjalin hubungan baik dengan relasi dan pelanggan. Seorang Business Development tidak mungkin hanya duduk dan bekerja di balik layar. Anda harus melakukan presentasi produk ke partner bisnis, pelanggan dan klien. Agar presentasi berhasil, maka sudah pasti harus bisa berkomunikasi dengan baik. 

  1. Kemampuan analisa yang baik

Anda juga harus mempunyai kemampuan analisa data dengan sangat baik. Sebagai seorang Business Development biasanya akan menghadapi berbagai jenis data dimulai dari penjualan hingga pola bisnis dari pesaing. Hal ini sangatlah penting agar bisa mencari jalan keluar ketika penjualan menurun atau ketika competitor mengeluarkan strategi baru. 

  1. Memiliki keingintahuan yang tinggi

Selain itu, Anda juga harus mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan perusahaan untuk mendapatkan data secara lengkap dan terperinci. Dengan keingintahuan yang tinggi, maka Anda bisa menemukan berbagai macam informasi penting untuk bisa mengembangkan perusahaan. 

  1. Kemampuan marketing yang baik 

Meski pun seorang Business Development tidak langsung berurusan dengan divisi marketing, tapi tetap saja Anda harus memiliki kemampuan marketing. Dalam melakukan promosi, tidak hanya untuk menaikan penjualan. Namun, juga harus memperhatikan citra dari perusahaan. Kedua aspek ini berhubungan dengan Business Development yang harus menjaga penjualan untuk bisa mendapatkan keuntungan dan menjaga citra perusahaan tetap baik. 

Tugas Business Development Dalam Perusahaan 

Setelah mengetahui skill wajib apa saja yang harus dimiliki oleh Business Development, berikut ini adalah tugas-tugasnya: 

  1. Berusaha untuk menghubungi klien ataupun partner bisnis potensial agar bisa menjalin sebuah hubungan baik. Business Development pun juga harus mengatur pertemuan dengan klien. 
  2. Selalu membuat perencanaan dan pengawasan dalam pemasaran baru. 
  3. Melakukan riset terhadap organisasi maupun individu untuk bisa mendapatkan peluang-peluang baru. 
  4. Selalu melakukan peningkatan terhadap nilai pelanggan yang ada pada saat ini dibarengi dengan menarik pelanggan baru. 
  5. Melakukan riset untuk menemukan serta mengembangkan pasaran baru demi meningkatkan penjualan. 
  6. Selalu siap sedia untuk menghadiri rapat, acara perusahaan, konferensi dan acara yang berhubungan dengan industri. 
  7. Membuat penawaran atau proposal untuk menarik klien baru. 
  8. Mencari cra untuk mengembangkan tujuan sehingga pertumbuhan bisnis bisa tercapai. 

Demikianlah penjelasan dari skill wajib Business Development serta tugas yang harus dilaksanakan. Terlihat jelas bahwa Business Development adalah tonggak penting untuk kemajuan perusahaan agar bisa tercapai seluruh target yang telah ditetapkan. 

 

You may also like