Home Karier Berminat Masuk Jurusan Administrasi Negara ? Yuk Intip Prospek Kerjanya di Sini !

Berminat Masuk Jurusan Administrasi Negara ? Yuk Intip Prospek Kerjanya di Sini !

by Mas Abadi
Prospek Kerja Administrasi Negara

Calon mahasiswa mungkin cukup banyak yang melirik jurusan administrasi negara, sebagai disiplin ilmu yang hendak dituju pada jenjang perkuliahan. Secara umum, bidang studi ini berfokus mempelajari pengelolaan administrasi khususnya administrasi pemerintahan serta unsur di dalamnya. Bagi kamu yang berminat, yuk simak prospek kerja administrasi negara berikut.

Mengenal Ilmu Administrasi Negara

Sebelum mengulik terkait dengan prospek kerjanya, sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu jurusan satu ini. Seperti yang sempat disinggung di awal, secara umum bidang studi satu ini memang mempelajari bagaimana mengelola administrasi khususnya administrasi dalam pemerintahan.

Di beberapa kampus, bidang studi tersebut berubah nama menjadi jurusan administrasi publik. Yang mana pergantian nama ini membuat cakupan dari disiplin ilmu tersebut semakin luas. Jadi secara keseluruhan ilmu administrasi negara saat ini tidak hanya mempelajari bagaimana negara melayani rakyat.

Namun ilmu administrasi negara juga mengkaji terkait dengan tinjauan administrasi kebijakan publik, di dalam dunia bisnis, dan kemasyarakatan. Meski berada pada rumpun sosial, namun diperlukan pendekatan dari banyak ilmu pengetahuan untuk mengkaji suatu kebijakan publik. Sehingga mahasiswa yang menempuh jurusan ini akan menemui beraneka ragam mata kuliah.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di antaranya yaitu ilmu administrasi, ilmu pemerintahan, ilmu manajemen, ilmu statistik, sistem politik Indonesia, hukum administrasi negara, dan masih banyak lagi. Sehingga seorang lulusan administrasi negara nantinya akan memperoleh keahlian seperti kemampuan mengelola organisasi, kemampuan manajerial, hingga pemahaman matematika.

Prospek Kerja dari Jurusan Administrasi Negara

Di beberapa kampus, jurusan administrasi negara ini menjadi populer dan favorit banyak orang. Pasalnya, prospek kerja jurusan admin negara ini ranahnya cukup luas. Pilihan karier yang menanti begitu beragam, mulai dari bekerja di perusahaan swasta hingga di instansi pemerintahan. Berikut beberapa bidang profesi yang bisa diduduki oleh lulusan administrasi negara.

1. Peneliti Negara

Dalam operasional pemerintahan, pastinya beberapa kali akan menemui permasalahan baik itu di dalam pemerintahan sendiri maupun fenomena yang terjadi di masyarakat. Sehingga untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan para ahli yang melakukan penelitian untuk mencari solusi terbaik yang dapat menyelesaikan hingga meningkatkan kinerja dari pemerintah.

Bidang ini jabatannya cukup banyak, sebab ruang lingkung pemerintahan sendiri juga sangat luas baik itu dalam ranah negara, provinsi, hingga kabupaten. Jadi agar roda pemerintahan tetap beroperasi dengan baik di setiap level tersebut, maka dibutuhkan cukup banyak asisten peneliti yang melakukan penelitian terkait dengan fenomena yang terjadi.

Baca Artikel Selanjutnya : Tertarik Kuliah Jurusan Agribisnis? Kenali Dulu Prospek Kerjanya Disini!

2. Staff Legislatif

Prospek Kerja Administrasi Negara

Seorang lulusan administrasi negara juga dapat menduduki jabatan staff legislatif, baik pusat maupun daerah. Pasalnya sejak di masa perkuliahan, mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari banyak strategi untuk membentuk pemerintahan yang efektif. Mereka juga mempertimbangkan gagasan dalam menentukan kebijakan pemerintah yang tepat.

Sehingga mahasiswa pascasarjana administrasi negara, begitu cocok jika ditempatkan menjadi staff legislatif. Dengan pengetahuan yang diperoleh semasa kuliah terkait dengan bidang pemerintahan, maka dapat menghantarkan rakyat agar lebih sejahtera bersama dengan pemerintahan yang dibentuk.

3. Konsultan Pemerintah

Selain menjadi peneliti dan staf legislatif, posisi di bidang pemerintahan lainnya yang menjadi salah satu prospek kerja jurusan admin negara yaitu konsultan pemerintah. Dengan berbagai ilmu yang didapat terkait dengan pemerintahan negara, tentu seorang lulusan jurusan ini tentu sangat cocok mengisi posisi tersebut.

Bahkan peran konsultan pemerintah seringkali sangat dibutuhkan, dalam menangani berbagai masalah dalam jalannya roda pemerintahan. Profesi ini pun sangat menjanjikan bagi para lulusan administrasi negara, karena menawarkan gaji yang cukup tinggi. Namun, tentu dibutuhkan pemikiran yang kritis dan brilian untuk menjadi seorang konsultan pemerintah.

4. Anggota Partai Politik

Partai politik merupakan salah satu penggerak dari jalannya roda pemerintahan. Sehingga partai politik ini harus ada agar negara bisa terus berjalan dengan baik. Oleh karena itu, setiap anggota partai politik tentunya harus paham mengenai pola pemerintahan yang diterapkan oleh negara Indonesia.

Pasalnya partai politik ini sendiri menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin menyalurkan aspirasinya, jika sesuai dengan visi misi dari partai politik itu sendiri. Tentu dengan ilmu yang diperoleh selama duduk di bangku perkuliahan, seorang lulusan administrasi negara sangat cocok untuk ambil bagian menjadi anggota maupun aktivis di dalam partai politik ini.

5. Aktivis Organisasi Masyarakat

Prospek kerja lulusan administrasi juga bisa menjadi seorang aktvias organisasi masyarakat. Karena para lulusan ini telah dibekali dengan ilmu untuk membentuk suatu kebijakan efektif guna menjadikan masyarakat lebih ideal. Sehingga jika ormas atau LSM memiliki aktivis seorang lulusan administrasi negara, tentu dapat membawa organisasi tersebut menjadi lebih baik.

Di luar dari 5 yang telah disebutkan di atas, prospek kerja administrasi negara bisa sangat luas. Karena program studi satu ini bahkan mempelajari terkait dengan keuangan, sehingga masih banyak jabatan baik di BUMN maupun di perusahaan swasta yang dapat diduduki. Meski prospek kerjanya luas, namun kamu tetap harus belajar untuk bersaing dalam ketatnya persaingan kerja.

You may also like