Home Bisnis Berkenalan Dengan Usaha Franchise dan 4 Keuntungan yang Anda Dapatkan

Berkenalan Dengan Usaha Franchise dan 4 Keuntungan yang Anda Dapatkan

by Mas Abadi
usaha franchise

Ketika anda terjun ke dunia bisnis, tentu saja ada banyak sekali rintangan yang akan dihadapi. Dibandingkan dengan memulai bisnis baru, banyak diantaranya yang lebih memilih untuk memulai usaha franchise. Hal tersebut didasari lantaran dengan waralaba, anda tak perlu untuk memikirkan brand yang harus dibangun. Sehingga anda bisa berfokus pada modal saja.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bisnis Franchise

1. Apa Itu Bisnis Franchise?

Sering kali dikenal dengan waralaba, bisnis satu ini merupakan salah satu metode untuk memulai bisnis baru. Akan tetapi, bedanya anda telah menggunakan merek dagang yang telah ada. Sebut saja seperti Indomaret, Alfamart, Pizza Hut, dan juga brand atau merek terkenal lainnya.

Hal ini dikarenakan dengan menggunakan brand ataupun merek yang sudah dikenal, tentunya akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis tersebut. Sebab, konsumen telah percaya dan mengenal bisnis yang anda geluti. Sehingga, bisa dikatakan jika metode ini menjadi salah satu hal cepat di dalam memulai usaha.

Pasalnya, anda tidak perlu untuk membangun kegiatan atau repot mempromosikan brand yang baru. Hal yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan modal dan nantinya belajar mengenai SOP dari franchise tersebut. Dengan menggunakan metode ini, menjadi salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat.

2. Jenis Franchise yang Ada di Indonesia

Untuk bisnis waralaba yang ada di Indonesia sendiri terdapat dua jenis. Pertama adalah waralaba dari luar negeri. Untuk jenis ini, lebih banyak diminati oleh pebisnis lantaran memiliki sistem yang lebih jelas. Tak hanya itu saja, brand produk dari waralaba dari luar negeri tersebut juga telah banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Sedangkan untuk jenis waralaba yang kedua adalah waralaba dalam negeri. Untuk jenis satu ini sering kali dijadikan pilihan bagi calon pengusaha yang ingin memulai bisnis franchise. Bisnis satu ini biasanya kerap dipilih bagi yang belum memiliki banyak pengetahuan atau kemampuan yang kurang di dalam berbisnis.

Baca Artikel Selanjutnya : Ingin Berbisnis Waralaba? Kenali 3 Franchise Dengan Kemitraan di Bawah 10 Juta

Keuntungan yang Didapatkan Dalam Berbisnis Franchise

usaha franchise

1. Kemudahan Dari Segi Manajemen Finansial

Hal pertama yang bisa anda dapatkan ketika memulai bisnis waralaba adalah diberikan kemudahan dari segi manajemen finansial. Dengan berbisnis menggunakan metode ini, akan membuat investor lebih mudah untuk melakukan investasi. Sebab, sebagai investor tentunya akan lebih senang jika menginvestasikan dananya pada usaha yang telah memiliki manajemen finansial yang kokoh.

Oleh karena itu, ketika anda memulai waralaba tentu saja manajemen tentang finansial telah ditetapkan oleh pemilik waralaba utama. Dengan begitu, anda pun tidak perlu memikirkan bagaimana manajemen finansial yang anda jalankan layaknya sedang membangun bisnis yang baru.

2. Cepat Menjadi Sukses

Sebagai orang yang memulai bisnis dengan metode waralaba, hal tersebut tentu saja akan membuatnya lebih mudah untuk meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan bisnis franchise telah memiliki pasar dan konsumen yang loyal. Dengan begitu, anda pun tidak perlu repot repot untuk membangun brand dari awal.

Selain itu, untuk biaya yang dikeluarkan sebagai modal juga tidak sembarangan. Hal ini lantaran pengeluaran modal, pasokan sumber daya manusia hingga strategi pemasaran dari usaha yang anda miliki telah matang dan terancang dari franchisor tersebut. Sehingga, anda hanya perlu menyiapkan modal yang cukup dalam mendirikan bisnis satu ini.

3. Memiliki Kerja Sama yang Telah Terbangun Sejak Awal

Ketika anda membeli waralaba, tentunya anda akan bisa bekerja sama secara langsung dengan pemilik waralaba tersebut. Salah satu contoh dari bentuk kerja sama adalah pada bagian periklanan maupun pemasaran. Tak hanya dari segi strategi marketing saja, pemasokan bahan baku untuk berjualan pun juga telah didapatkan dari hasil kerja sama tersebut.

Sehingga keuntungan waralaba satu ini akan membuat anda bisa lebih paham di dalam menjalankan bisnis. Sebab, dengan adanya kerja sama tersebut pihak franchisor biasanya akan memberikan dukungan dalam bentuk manajemen finansial, pelatihan, pemasaran hingga pasokan sumber daya dan bahan baku pembuatan. Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan anda untuk berbisnis.

4. Brand Telah Dikenal Masyarakat

Ketika anda berbisnis dengan metode franchise, tentunya brand tersebut telah dikenal lebih luas oleh masyarakat. Sehingga, anda tidak perlu bingung untuk menentukan target pasar. Pasalnya, pihak franchisor telah memiliki konsumen maupun pasarnya sendiri. Hal ini membuat anda tidak perlu memikirkan strategi pemasaran untuk mempromosikan bisnis anda.

Usaha franchise dapat menjadi alternatif bagi anda yang telah memiliki modal besar dan ingin berbisnis. Sebab, jika dibandingkan dengan usaha pribadi yang mulai dari nol, modal yang dibutuhkan untuk metode bisnis satu ini terbilang cukup besar. Akan tetapi, hal tersebut sepadan dengan keuntungan cepat yang anda dapatkan. Selain itu, franchise juga telah memiliki konsumen yang loyal sehingga lebih mudah.

You may also like