Home Investasi Berinvestasi dengan Logam Mulia 1 gram, Begini Cara Membelinya

Berinvestasi dengan Logam Mulia 1 gram, Begini Cara Membelinya

by Mas Abadi
Investasi emas

Sekarang berinvestasi menjadi pilihan untuk bisa mengamankan finansial di masa depan. Banyak sekali jenis investasi yang ada. Tapi, untuk memilih jenis investasi tidaklah mudah. Banyak yang harus dipertimbangkan, termasuk dalam urusan resikonya. Bagi Anda yang ingin berinvestasi dan tidak terlalu beresiko tinggi, maka logam mulia adalah pilihan yang tepat. 

Logam mulia yang biasanya bisa dibeli dengan bebas dan memiliki harga tinggi adalah emas. Logam mulia yang satu ini memang bisa dikatakan sebagai investasi klasik. Karena sudah ada sejak jaman dulu dan banyak orang tua yang juga menyarankan emas untuk dijadikan tabungan. 

Alasannya sendiri sangatlah sederhana, karena emas memiliki harga yang stabil. Lalu, bagaimana cara membeli logam mulia 1 gram? Ikuti terus pembahasannya dalam artikel ini. 

Apa itu Logam Mulia 1 gram?

Sebelum tahu tentang bagaimana cara untuk membeli logam mulia 1 gram, mungkin ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang logam ini. Secara garis besar, logam mulia atau emas adalah sebuah logam yang tidak ada campuran apapun. Banyak sekali yang salah kaprah antara emas perhiasan dengan logam mulia emas. 

Perlu Anda ketahui bahwa emas perhiasan biasanya sudah dicampur dengan logam lainnya. Sehingga, tingkat atau kadar emas di dalamnya sudah berkurang. Sedangkan untuk logam mulia emas memiliki kadar 24 karat yang berarti kemurniannya 99,999%. Hal tersebutlah yang membuat emas yang masih berbentuk logam mulia lebih cocok untuk dijadikan investasi. Karena harganya lebih mahal. 

Dari penjelasan tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa logam mulia 1 gram adalah emas dengan berat 1 gram dan mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi. Jumlah 1 gram merupakan yang paling banyak diperjualbelikan saat ini. Tapi, bukan berarti Anda hanya bisa membeli emas mulia dengan berat 1 gram saja. Ada beberapa ukuran lain yang juga dijual mulai dari 5 gram, 10 gram bahkan 1000 gram. 

Karena ukuran 1 gram adalah yang termurah dan paling mudah didapatkan, maka tidak heran jika banyak yang lebih memilih ukuran tersebut. Hanya saja, Anda tetap perlu waspada terhadap penjualan emas mulia palsu. Pastikan bahwa Anda hanya membeli emas di tempat resmi saja. 

Cara Membeli Logam Mulia 1 Gram 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membeli logam mulia 1 gram ini. Berikut ini adalah caranya: 

  1. Tabungan Pegadaian 

Cara pertama untuk bisa memiliki logam mulia adalah membuka tabungan Pegadaian. Lembaga milik pemerintah ini mempunyai tabungan emas yang bisa dibuka hanya dengan melalui aplikasi. Langkah membukanya pun sangatlah mudah seperti berikut ini:

  • Download aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store
  • Lakukan pendaftaran dan isi formulir Tabungan Emas
  • Jika sudah berhasil, maka selanjutnya Anda bisa mengunjungi kantor Pegadaian terdekat dan menyerahkan KTP serta mengisi formulir pembukaan rekening. 
  • Apabila seluruh proses sudah diterima, maka tabungan pun sudah aktif. 
  • Anda dapat membeli emas mulia di Pegadaian hanya dengan menggunakan aplikasi saja. 

Anda pun bisa meminta pihak Pegadaian untuk mencetak emas yang sudah dibeli. Untuk mencetaknya Anda akan dikenakan biaya tambahan yang sudah ditentukan. Jika ingin menjualnya pun sangatlah mudah, hanya dengan menggunakan aplikasi saja. 

  1. Brankas LM 

Cara selanjutnya agar Anda bisa membeli logam mulia 1 gram adalah melalui Brankas LM yang merupakan anak perusahaan dari Antam. Brankas LM menyediakan layanan jual beli emas murni untuk masyarakat luas. Cara untuk membelinya pun mirip dengan Pegadaian. Berikut ini caranya: 

  • Datang ke kantor Brankas LM terdekat.
  • Nyatakan maksud ke petugas untuk membuka tabungan emas murni. 
  • Setelah mengisi formulir tabungan, maka Anda akan memperoleh user id dan password untuk masuk ke aplikasi Brankas LM. 
  • Lakukan aktivasi dengan dibantu oleh petugas. 
  • Bila sudah berhasil, maka Anda bisa membeli dan menjual emas langsung dari aplikasi tersebut. 

Aturan yang sama berlaku di Brankas LM bagi Anda yang ingin mencetak logam mulia yang sudah dibeli. Di mana ada biaya tambahan yang akan dikenakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anda pun bisa menjual emas dari aplikasi dan uang hasil penjualan akan langsung ditransfer ke rekening Anda. 

  1. Tokopedia 

Jika Anda ingin membeli emas mulai di Tokopedia, Anda harus tahu bahwa e-commerce yang satu ini hanya sekedar platform saja. Emas yang dijual disini adalah milik Pegadaian yang memang sudah bekerja sama dengan Tokopedia. Bedanya adalah Anda tidak perlu lagi mendaftar ke Pegadaian jika memang sudah mempunyai akun di Tokopedia. 

Anda bisa langsung membeli emas dan minimal pembeliannya adalah 5.000 rupiah saja. Tentu saja ini akan sangat cocok bagi kaum milenial yang baru ingin mencoba investasi. Hanya saja, tidak ada keterangan apakah bisa mencetak emas yang dibeli dari Tokopedia. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk bisa membeli logam mulia 1 gram. Memang paling aman membeli emas adalah di toko atau lembaga yang memang sudah resmi menjual emas murni. 

You may also like