Home Perencanaan Berikut Rincian Biaya Kuliah di UI dan Jalur Masuknya

Berikut Rincian Biaya Kuliah di UI dan Jalur Masuknya

by Mas Abadi

Biaya kuliah di Universitas Indonesia adalah sebuah syarat yang harus Anda ketahui untuk para calon mahasiswa yang berminat untuk mendaftar di UI. Seperti yang kita tahu jika UI merupakan universitas paling favorit di kalangan calon mahasiswa di setiap tahunnya. 

Universitas Indonesia (UI) masuk dalam daftar universitas bergengsi di Indonesia yang mempunyai banyak jurusan favorit. Banyak sekali pelajar yang bermimpi dapat kuliah di UI. Menurut data yang ada untuk SNMPTN tahun 2021 ini, jumlah pelajar yang mendaftar di UI mencapai 16.474 peserta. Namun, sayangnya hanya ada sekitar 1.094 yang bisa diterima di UI. 

Untuk menjadi salah satu bagian dari universitas ternama ini, maka Anda wajib lulus terlebih dahulu, baik melalui SNMPTN maupun jalur mandiri. Sesudah itu, jangan lupa untuk menyiapkan biaya untuk kuliah sesuai dengan jurusan yang Anda pilih. Supaya lebih jelas lagi, mari simak ulasan mengenai biaya kuliah di UI di bawah ini. 

Daftar Biaya Kuliah di UI 

Biaya kuliah yang satu ini biasa disebut dengan Biaya Pendidikan Berkeadilan, semua informasi mengenai biaya ini telah tertera di peraturan Rektor UI. Pada prosesnya, UI akan memberlakukan 2 jenis biaya UKT yakni Biaya Operasional Pendidikan Pilihan dan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan. 

Dikutip dari situs resmi UI tentang peraturan Rektor mengenai biaya pendidikan ini menyebutkan jika BOP berkeadilan hanya bisa digunakan oleh mahasiswa yang mengambil program sarjana reguler saja. Misalnya, sarjana ekstensi, sarjana paralel dan vokasi. Untuk mahasiswa yang mengambil kelas internasional dan pascasarjana tidak bisa menggunakan BOP berkeadilan. 

Jika Anda masih bingung, yuk simak perbedaan dari kedua biaya tersebut berikut ini. Biasa nya biaya kuliah di UI tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. 

  • BOP berkeadilan 

Untuk biaya yang satu ini yaitu pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kemampuan dari para mahasiswanya. Pengajuan untuk mengikuti program ini terdapat beberapa caranya, contohnya calon mahasiswa yang sudah lulus wajib mengkonfirmasi biaya yang akan dipilih. Lalu, melengkapi dokumen persyaratan dan dikirim kepada petugas. 

Berikutnya dokumen akan divalidasi dan diverifikasi sehingga jumlah biaya pendidikan dapat ditentukan. Biasanya biaya ini akan diumumkan dan bisa langsung dibayarkan. 

  • BOP pilihan 

Biaya ini merupakan mekanisme yang pelaksanaan nya ditetapkan sendiri oleh para calon mahasiswa berdasarkan dengan keinginan mengikuti pengembangan pelaksanaan pendidikan di Universitas Indonesia. Jumlah BOP ini bisa sangat besar daripada BOP berkeadilan. 

Proses pengajuannya memiliki beberapa cara seperti calon mahasiswa yang lulus wajib mengkonfirmasi BOP pilihan yang sudah dipilih. BOP pilihan ini dipilih berdasarkan keinginan dari diri sendiri. Sesudah itu, Anda harus menunggu pengumuman biaya tersebut. 

Jalur Masuk UI 

Sampai sekarang, perguruan tinggi terbaik ke-5 ini sudah mencetak banyak sekali lulusan terbaiknya. Di setiap tahunnya banyak peminat yang ingin berkuliah di kampus bergengsi ini. Oleh sebab itu, tidak heran jika UI memiliki beberapa jalur tes yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa. 

Supaya Anda bisa berkuliah di UI pastinya ada tes yang wajib dilalui. Jalur ini akan dibagi menjadi 2 yakni jalur undangan dan jalur tes tulis. Berikut penjelasan mengenai jalur-jalur tersebut. 

  • Jalur undangan 

Jalur masuk dengan undangan ini bisa dikatakan sangat bergengsi untuk pelajar SMA karena hanya ada beberapa siswa saja yang mendapatkannya sebab proses pemilihannya dilihat berdasarkan prestasi yang dimiliki oleh para siswa. Jalur ini juga terbagi atas 3 seleksi yakni seleksi SNMPTN, PPKB dan undangan. 

  • Jalur tertulis 

Tidak hanya masuk dengan undangan saja, tetapi ada pula jalur yang bisa diikuti para pelajar yang tidak masuk dalam jalur undangan yaitu dengan tes tertulis. Untuk mengikuti tes ini, Anda tidak perlu mempunyai nilai rapot yang bagus, karena penilaiannya akan dilihat berdasarkan jawaban yang bisa Anda jawab dengan sempurna pada tes tertulis. 

Persiapan Masuk UI 

  • Memotivasi diri 

Jangan pesimis jika Anda tidak mendapatkan ranking dan nilai yang bagus. Apabila Anda memiliki niat yang kuat untuk berkuliah di Universitas Indonesia maka Anda harus memotivasi diri agar impian tersebut bisa terwujud. Jangan lupa hal tersebut wajib diiringi dengan usaha ya! 

  • Pilih jurusan yang diminati 

Anda mungkin masih merasa bingung ingin mengambil jurusan apa, tidak perlu khawatir. Cobalah untuk mencari banyak informasi di internet mengenai jurusan yang ada di UI dan pertimbangkan dengan matang jurusan yang Anda pilih tersebut. 

  • Buat jadwal belajar 

Anda harus membuat jadwal belajar untuk menyiapkankan tes tulis masuk UI. Jadwal tersebut dapat membantu Anda lebih konsisten dan disiplin sehingga bisa mewujudkan cita-cita Anda untuk berkuliah di kampus ternama ini. 

Demikianlah beberapa informasi terkait biaya kuliah di UI dan jalur masuknya untuk Anda yang berminat masuk ke kampus bergengsi tersebut. Semoga ulasan diatas berguna untuk Anda. 

You may also like