Home Bisnis Berikut Peluang Usaha Baru Tahun 2022 yang Menghasilkan Cuan

Berikut Peluang Usaha Baru Tahun 2022 yang Menghasilkan Cuan

by Mas Abadi

Setiap bergantinya tahun, pastinya ada banyak peluang baru khususnya untuk berbisnis agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Pandemi yang terjadi selama 2 tahun ini, membuat masyarakat harus cerdas melihat dan mengambil sebuah peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

 

Sehingga, tidak heran jika semenjak pandemi ini banyak masyarakat yang memutuskan untuk mulai membuka usaha, baik untuk pekerjaan sampingan atau penghasilan utama. Nah, untuk Anda yang ingin membuka usaha, di bawah ini ada beberapa peluang usaha baru tahun 2022 yang bisa Anda coba dengan modal sedikit. 

 

Tidak perlu berlama-lama, mari simak ulasannya berikut ini. 

  • Membuka jasa laundry 

Ide usaha ini mungkin sering Anda lihat dan temukan dengan mudah, ya jada laundry. Ide usaha yang satu ini sangat populer bila Anda tinggal di wilayah perkotaan atau perumahan. Karena, mobilitas yang sangat tinggi membuat masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan tidak sempat untuk mencuci pakaiannya. 

 

Oleh karena itu, jasa laundry ini dapat menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk Anda. Modal untuk membuka usaha ini tidak cukup banyak. Anda dapat menggunakan mesin cuci di rumah untuk modal awalnya. Ketika baru memulai usaha ini, Anda dapat mempromosikannya ke tetangga dan masyarakat yang ada di lingkungan Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan promosi agar usaha Anda semakin laris. 

  • Usaha pet grooming 

Saat ini banyak orang yang mulai mengadopsi hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Menurut Google Trends, pencarian makanan dan aksesoris binatang peliharaan mengalami peningkatan yang sangat drastis. Untuk itu, Anda dapat menjadikan hal ini menjadi sebuah peluang usaha baru. 

 

Mungkin, Anda tidak dapat langsung membuat sebuah usaha vet atau petshop, sebab modalnya sangat lumayan besar. Namun, Anda tetap dapat mempunyai saja perawatan hewan atau pet grooming. Layanan yang dapat Anda tawarkan yaitu, merawat hewan, membersihkan dan memandikannya. 

 

Anda dapat pertimbangkan pula untuk memberikan layanan yang bisa datang ke rumah. Tidak hanya membuatnya lebih menarik sebab membantu pelanggan yang sibuk, hal tersebut pun bisa memangkas modal usaha sebab Anda tidak membutuhkan biaya untuk menyewa tempat. Tidak lupa untuk mempromosikannya melalui sosial media seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. 

  • Dekorasi rumah 

Peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda mulai di tahun ini yaitu dekorasi rumah. Karena, selama pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus menghabiskan waktunya di rumah saja. Apalagi dengan berlakunya work from home dan belajar dari rumah, pastinya hal tersebut sangat membosankan. 

 

Agar tidak bosan, banyak masyarakat yang akhirnya mendekor rumah untuk mengganti suasana. Nah, Anda dapat menyiapkan semua kebutuhan tersebut dengan menjual bahan untuk mendekorasi rumah seperti gorden, sprei, sarung bantal, wallpaper, lampu hias dan lainnya. 

  • Jasa titip 

Masih berkaitan dengan masa pandemi ini, saat ini hampir seluruh masyarakat tidak ingin meninggalkan rumahnya. Tidak hanya untuk menghindar dari kerumunan, namun juga mereka telah terlalu nyaman berada di rumah saja. Nah, Anda dapat memanfaatkan keadaan ini dengan membuka jasa titip atau biasa dikenal dengan Jastip. 

 

Contohnya, Anda akan pergi ke mall atau ke sebuah tempat, lalu Anda menawarkan kepada teman atau saudara untuk menitipkan barang yang ingin mereka beli di tempat tersebut. Nantinya, Anda dapat memperoleh keuntungan dari jasa ongkos titip maupun selisih harga barang tersebut. 

 

Namun, harus Anda perhatikan jika ketika melakukan hal tersebut Anda harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa menggunakan masker dan jaga jarak dari kerumunan orang. Ada baiknya juga Anda menggunakan kendaraan pribadi, sehingga sekali jalan Anda bisa pergi ke semua tempat. 

  • Jasa mengajar 

Untuk peluang usaha yang satu ini juga masih berkaitan dengan kondisi pandemi di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, maka Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sekarang sudah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk mengajar secara online. 

 

Modal yang Anda butuhkan untuk melakukan usaha dibidang ini yaitu jaringan internet, laptop dan smartphone saja. Banyak orang yang menjadikan bidang ini sebagai usaha sampingan. 

  • Dropship dan reseller 

Selanjutnya Anda dapat menjadikan peluang bisnis baru ini menjadi sebuah ide untuk membuka bisnis baru di 2022. Ya, menjadi seorang reseller atau bisnis dropship sekarang banyak dilakukan oleh masyarakat. Karena, dua bisnis tersebut dinilai mempunyai modal yang sangat kecil dan minim resiko kerugiannya. 

 

Selain itu, menjadi dropship dan reseller juga mudah Anda lakukan sebab Anda hanya mempromosikan produk tersebut di media sosial. Tentunya yang Anda butuhkan hanyalah paket internet dan smartphone saja. 

 

Nah, itu tadi peluang usaha baru di tahun 2022 yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah yang banyak. Selamat mencoba! 

You may also like