Home Belanja Berikut Ini Rincian Biaya Langganan Zoom yang Bisa Kamu Pilih

Berikut Ini Rincian Biaya Langganan Zoom yang Bisa Kamu Pilih

by Mas Abadi
zoom meeting

Sekarang hampir seluruh kegiatan perkantoran di Indonesia, menerapkan sistem bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home). Bahkan untuk melakukan rapat juga dilakukan secara online dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Zoom.

Ada aplikasi Zoom memang banyak membantu agar tetap dapat terhubung dengan atasan dan rekan kerja. Sebagai aplikasi yang melayani segala bentuk aktivitas virtual, kualitas yang dimiliki Zoom termasuk yang terbaik dari segi gambar serta suara, bahkan Anda dapat merekam agar dapat diputar ulang.

Di keadaan seperti saat ini, aplikasi Zoom tidak hanya digunakan oleh mereka yang bekerja di kantor saja, namun dipergunakan banyak pihak. Seperti kampus, sekolah, bahkan untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh. Kerennya lagi, jumlah orang yang dapat diundang bisa mencapai ribuan.

Biaya berlangganan Zoom

Berlangganan aplikasi Zoom sebenarnya cukup terjangkau bila dibandingkan yang lainnya. Anda perlu menganggarkan biaya sekitar Rp 200.000 dan sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ditawarkan oleh Zoom.

  • Biaya langganan
  1. Zoom meeting free

Anda dapat menikmati secara bebas meeting one on one tanpa ada batas secara cuma-cuma dengan Zoom Meeting Free. Dengan menggunakan paket ini Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Untuk grup meetingnya memiliki kapasitas cukup banyak, yaitu 100 orang dan durasi yang diberikan adalah 40 menit.

  1. Zoom meeting pro

Dengan membayar biaya sebesar Rp 215.000 atau $15 per host, Anda dapat mengundang 100 orang dalam konferensi video, durasi yang diberikan adalah 24 jam. Namun, Anda tidak bisa merekam kegiatan meeting.

  1. Zoom meeting business

Untuk zoom business, biaya berlangganannya cukup mahal sekitar Rp 2.900.000 atau setara dengan $200 untuk 10 orang host. Jumlah undangan mencapai 300 orang dan Anda dapat menikmati semua fasilitas yang ada pada zoom meeting pro termasuk layanan call center dan cloud transcript.

  1. Zoom meeting enterprise

Dari semua layanan, zoom meeting enterprise lah yang paling mahal. Karena untuk menggunakan ada minimal pembelian, yaitu 100 orang host dengan tarif masing-masing host sebesar $20. Layanan ini memang dikhususkan untuk badan usaha atau perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan.

  • Pilihan paket
  1. Zoom room

Terbagi menjadi dua, yaitu zoom room licenses dan enterprise. Biayanya yang dikenakan sebesar Rp 700.000 atau $49. 

  1. Zoom event & webinar

Terbagi menjadi dua, yaitu webinar dan event. Untuk zoom webinar jumlah minimal peserta adalah 500 orang dan maksimal 10.000 orang, dengan biaya mulai dari Rp 1.100.000 hingga Rp 93 juta rupiah.

Lalu, untuk zoom event jumlah minimal peserta adalah 500 orang dengan maksimal 5000 orang dan biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp 1.400.000 hingga Rp 45 juta rupiah.

  1. Zoom phone

Terbagi menjadi tiga, yaitu zoom phone US & Canada, US & Canada Unlimited dan Pro Global select. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 144.000 sampai dengan Rp 287.000.

  1. Zoom united

Terbagi menjadi tiga, yaitu pro, business dan enterprise dengan tarif mulai dari Rp 430.000 hingga Rp 500.000.

PPN 10% Bagi Pelanggan Zoom

Zoom per tanggal 1 Oktober tahun 2020 lalu, mulai membebankan pajak 10% kepada para penggunanya yang berada di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan perintah dan keputusan DJP (Direktorat Jenderal Pajak) yang mewajibkan serta membebankan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) ke 12 badan usaha di bidang jasa dan barang bagi pelanggan.

Pelanggan dari Zoom yang adalah PKP (Pengusaha Kena Pajak) nantinya akan diminta mengisi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) beserta nama lengkap Anda yang tercatat pada Dirjen Pajak. Anda hanya cukup mengisikan semua data tersebut pada kolom yang tersedia.

Jangan lupa untuk mencantumkan email Anda, agar nantinya bisa mendapat inspirasi, informasi dan insight dari DJ dan langsung dikirim ke alamat surel Anda sebagai pelanggan. Selain itu nantinya email tersebut juga akan secara otomatis terdaftar untuk kepentingan kredit dari pajak.

Perbedaan dari Zoom Meeting dan Room

Walau terlihat sama, namun sebenarnya Zoom Meeting berbeda dengan Zoom Room. Bila Zoom Meeting merupakan wadah untuk memudahkan Anda bergabung rapat secara virtual dan mengikuti kegiatan di dalamnya dan bisa memanfaatkan webcam serta telepon.

Zoom Room juga memberikan kepada Anda kemudahan serta solusi untuk badan usaha atau perusahaan lain yang ingin mengadakan video konferensi dengan seluruh karyawannya. Bagi Anda yang memilih berlangganan, pihak Zoom akan memberikan sarana khusus seperti ruang konferensi.

Sebenarnya untuk layanan berbayar memang dikhususkan untuk mereka yang ingin menggunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bila Anda hanya menggunakan sesekali saja, cukup menggunakan zoom meeting free sudah lebih dari cukup, karena jika dilihat dari segi fasilitas. Zoom free juga memiliki kapasitas partisipan hingga 100 orang dengan durasi 40 menit.

You may also like