Home Tips Berhemat: Cara Jitu Bertahan di Kala Krisis Tanpa Hutang

Berhemat: Cara Jitu Bertahan di Kala Krisis Tanpa Hutang

by Mas Abadi

Menguasai cara hidup berhemat tidak hanya tentang mengatur yang menjadi keinginan Anda, tetapi Anda juga harus membuat perencanaan yang paling tepat agar kesehatan keuangan Anda tetap terjaga, apalagi saat keadaan ekonomi seperti sekarang.

Alasannya adalah bahwa Anda mungkin menemukan diri Anda dalam situasi yang kurang menguntungkan dan merasa sulit untuk mencapai masa depan yang Anda inginkan, kecuali Anda serius belajar mengendalikan diri guna belajar bagaimana hidup hemat. Demi membantu Anda menjalani gaya hidup hemat.

Di bawah ini adalah tips jitu bagi Anda untuk tetap bisa bertahan ditengah krisis tanpa harus berhutang:

Membuat skala prioritas

Apabila Anda memang ingin belajar untuk hidup hemat, maka cobalah untuk membuat daftar atau skala prioritas antara hal-hal terkait kebutuhan serta yang menjadi keinginan. Caranya adalah dengan menuliskan daftar kebutuhan bulanan, kemudian taruh yang paling dibutuhkan pada bagian teratas.

Contohnya belanja bulanan untuk makanan, keperluan dapur dan rumah, tagihan, biaya-biaya rutin bulanan dan lain sebagainya. Apabila seluruh kebutuhan prioritas tersebut telah seluruhnya terpenuhi, barulah Anda memasukkan hal-hal yang diinginkan. Ingat! Jangan sampai keinginan lebih besar dari kebutuhan.

Pastikan bila pengeluaran tidak melebihi pendapatan

Untuk terus menjalani gaya hidup hemat secara optimal, Anda tidak hanya harus membuat daftar prioritas, tetapi juga memperhitungkannya. Neraca ini dapat berupa daftar yang merinci penghasilan serta pengeluaran Anda. Karena ada baiknya Anda mengalokasikan pendapatan bulanan tersebut pada kebutuhan esensial.

Apabila dilihat dari daftar tersebut, ternyata kebutuhan Anda sudah melebihi pendapatan. Maka ada baiknya segera mencari alternatif lain, dengan cara membeli produk yang lebih murah supaya dana bulanan Anda bisa mencukupi kehidupan. Lalu, jangan pernah memaksakan kehendak, karena akan membuat finansial Anda berantakan.

Bijaksanalah ketika akan berbelanja

Saat menerapkan gaya hidup hemat, pengeluaran yang bijak berperan penting dalam menjaga kesehatan keuangan yang baik. Anda bisa berbelanja dengan bijak dengan memilih barang yang dijual di supermarket. 

Anda bahkan dapat mengubah perilaku belanja Anda dari satu supermarket ke market lainnya. Manfaat membeli kebutuhan pokok seperti sembako di pasar adalah Anda dapat menawar harga. Jadi, ada kemungkinan Anda memiliki sisa dana dari anggaran akuisisi yang Anda siapkan yang dapat dialokasikan ke kebutuhan lainnya atau ditabung.

Manfaatkan promo yang ada

Siapa yang tidak suka dengan adanya promo dan diskon, apalagi sekarang ini dengan kemajuan digital muncul banyak platform e-commerce yang berlomba-lomba menawarkan banyak promosi kepada para penggunanya. Misalnya Anda ingin membeli jaket pada toko orange, mereka memberikan penawaran promo hingga 50% beserta gratis ongkos kirim.

Maka, tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya. Namun, tetap pastikan jika apa yang akan dibeli memang sedang dibutuhkan. Bukannya ‘mumpung diskon’ lalu Anda membelinya, jika seperti ini maka gagal sudah hidup hemat. Ingat! Selalu dahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Menerapkan gaya hidup sederhana

Apabila Anda telah terbiasa dengan daftar prioritas antara kebutuhan dan juga keinginan, kemudian sudah cermat dalam memantau pengeluaran. Maka, Anda selangkah lebih maju untuk bisa hidup secara hemat tanpa berhutang.

Selanjutnya adalah dengan menerapkan cara hidup sederhana, apalagi Anda sudah berhasil menjalankan skala prioritas maka bukanlah hal yang sulit untuk memiliki gaya hidup sederhana. Bahkan akan secara otomatis Anda menjadi sosok yang sederhana dan cermat dalam berbelanja atau memilah hal-hal pada kehidupan.

Menjaga kesehatan

Tahukah Anda bahwa kesehatan juga berperan penting supaya Anda selalu bisa menjalani gaya hidup hemat di tengah krisis? Tidak dapat disangkal bahwa kesehatan itu mahal. Apabila Anda tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik, Anda mungkin akan menghabiskan banyak uang untuk membiayai pengobatan setiap bulan. Hal ini tentu saja bertentangan dengan gaya hidup hemat. 

Gaya hidup sehat, seperti berolahraga dengan rutin serta mengkonsumsi makanan yang sehat juga bergizi adalah cara mudah menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi sehat dan keuangan Anda juga tetap baik-baik saja, karena tidak terganggu.

Disiplin dalam menabung

Untuk Anda yang telah mengikuti beberapa saran di atas dengan cermat dan seksama, tetapi masih merasa situasi keuangan Anda belum aman, cobalah menabungkan sebagian penghasilan Anda. Apabila Anda ingin dapat hidup hemat di tengah krisis, menabung adalah kegiatan yang harus Anda lakukan. Anda bisa mulai menabung dengan nominal kecil terlebih dahulu. 

Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri agar Anda konsisten. Lalu, apabila memungkinkan naikkan jumlahnya, dari yang awalnya hanya 100 ribu menjadi 200 ribu. Lakukanlah hal tersebut dengan rutin. Kemudian, supaya lebih bersemangat. Milikilah tujuan, akan Anda gunakan untuk apa uang tabungan tersebut. Apakah merenovasi rumah, membeli kendaraan atau hal lainnya.

You may also like