Home Perencanaan Berencana Naik Pelaminan ? Simak Rincian Biaya Pernikahannya di Sini

Berencana Naik Pelaminan ? Simak Rincian Biaya Pernikahannya di Sini

by Mas Abadi
Biaya Pernikahan

Bagi para pasangan yang berencana naik ke pelaminan, biaya pernikahan menjadi salah satu yang paling dipikirkan sejak jauh jauh hari. Meski menikah sejatinya bisa dilakukan di KUA tanpa mengeluarkan biaya besar, namun karena ini merupakan momen spesial maka banyak yang ingin membuat resepsi berkesan. Lantas biaya apa saja yang harus disiapkan ? Simak ulasan berikut.

Rincian Biaya untuk Menikah

1. Biaya KUA

Apabila anda dan pasangan menikah di KUA (kantor urusan agama) pada hari dan jam kerja yaitu Senin hingga Jumat, maka tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Namun jika anda menikah di luar hari dan jam kerja tersebut, serta melangsungkan pernikahan di luar kantor KUA maka dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000.

Dengan catatan bahwa biaya tersebut bukan termasuk dengan biaya penghulu. Untuk menghadirkan penghulu, maka calon pengantin bisa memberi uang seikhlasnya sebagai bentuk terima kasih. Biaya KUA yang dibayarkan ini nantinya akan masuk ke dalam kas negara, yakni sebagai PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) Kementerian Agama.

2. Biaya untuk Cincin Kawin

Cincin kawin menjadi simbol pasangan suami istri bahwa telah melakukan pernikahan yang sah. Sehingga cincin kawin ini perlu dimasukkan ke dalam rincian biaya pernikahan anda. Dimana harga dari cincin kawin tersebut sangat beragam, tergantung dari model, bahan, berat, serta brand-nya. Sebagai gambaran, cincin kawin yang simpel dengan bahan emas putih mulai dari 6 juta rupiah.

3. Biaya Mas Kawin atau Mahar

Meskipun mahar bukan termasuk sebagai rukun nikah, namun hal ini telah diatur dalam kompilasi hukum islam. Sehingga calon pengantin yang beragama islam, selalu menggunakannya saat hendak menikah. Dimana pemberian mahar tersebut wajib dibayarkan oleh mempelai pria, atas kesepakatan bersama.

Jadi tidak ada batasan saat memberikan mahar. Namun lazimnya, mahar ini berupa seperangkat alat sholat dan sejumlah uang tunai maupun logam mulia. Misalnya anda bisa menyiapkan mahar berupa logam mulia dengan berat 10 gram. Maka anggaran yang perlu disiapkan sekitar 7 hingga 8 juta rupiah.

4. Biaya Hantaran

Seserahan atau hantaran ini menjadi sebuah tradisi yang telah dilakukan sejak dulu kala ketika proses lamaran atau pernikahan. Dimana isi dari hantaran tersebut biasanya berupa perlengkapan sholat, perlengkapan wanita, makanan, hingga buah buahan. Namun bisa disesuaikan dengan calon pengantin. Untuk versi yang sederhana, biaya seserahan yang lengkap mulai dari 5 juta rupiah.

5. Biaya Gedung

Melangsungkan pesta di gedung atau di luar rumah, menjadi favorit bagi para generasi milenial. Sebab mampu menghadirkan kesan pesta yang mewah, mampu menampung kapasitas tamu yang cukup banyak, dan tidak perlu ribet di rumah. Akan tetapi, melangsungkan di gedung tentunya membutuhkan rincian biaya nikah yang cukup besar.

Anda juga wajib untuk booking venue dari jauh jauh hari, sekitar 6 bulan atau bahkan 1 tahun lamanya sebelum hari H pernikahan. Biaya sewanya sendiri sangat beragam, dimana untuk gedung paling murah seperti aula gedung kantoran mulai dari 30 juta rupiah. Atau anda bisa memilih sewa aula masjid yang biaya sewanya mulai dari 5 juta rupiah.

Baca Artikel Selanjutnya : Calon Pengantin Wajib Tahu, Berikut Deretan Souvenir Pernikahan Yang Murah

6. Biaya Undangan dan Souvenirs

Biaya Pernikahan

Undangan dalam bentuk cetak masih menjadi favorit di tanah air, meski saat ini mulai muncul undangan online. Pasalnya undangan cetak tersebut dinilai lebih menghormati, terlebih bila diberikan untuk orang yang lebih tua. Biaya cetak undangan misalnya untuk 200 tamu yaitu Rp. 5000 x 200 = 1.000.000, dengan souvenirs seharga serupa jadi total Rp. 2.000.000.

7. Biaya Catering dan Dekorasi

Harga dekorasi pernikahan juga sangat beragam, tergantung dari konsep yang anda terapkan serta gedung yang anda pilih untuk melangsungkan acara. Pun dengan biaya katering, harganya bisa cukup besar jika anda ingin menyajikan lebih banyak menu. Sebagai gambaran budget dekorasi mulai dari 10 juta, dan budget catering mulai dari Rp.50.000 per orang.

8. Biaya Baju Pengantin dan Rias

Umumnya jasa paket rias beserta dengan sewa baju pengantin dipatok mulai dari 8 juta. Namun biaya pada pos ini bisa jauh lebih tinggi, jika anda lebih memilih membuat baju pengantin sendiri atau menggunakan jasa MUA yang profesional. Semua tergantung dari pilihan anda dan pasangan, tentu ada harga maka ada rupa.

Tips Menikah Agar Hemat

Setelah melihat rincian harga, mungkin anda berpikir ulang untuk membuat pesta pernikahan yang mewah dan mulai memikirkan bagaimana cara memangkas budget tersebut. Terdapat beberapa tips yang bisa anda terapkan di sini, misalnya seperti yang disebutkan di awal yakni menikah di KUA pada hari dan jam kerja.

Maka tidak ada biaya besar yang perlu anda keluarkan. Atau jika ingin membuat resepsi pernikahan, anda bisa menerapkan konsep private wedding sehingga biaya undangan dan souvenirs hingga katering bisa dipangkas cukup besar. Memilih melangsungkan pernikahan di rumah juga bisa menjadi pilihan, dengan acara sederhana.

Untuk mendapatkan acara yang mewah, tentu biaya pernikahan yang harus anda keluarkan memang tidak sedikit. Namun resepsi yang berkesan bukan berarti harus selalu yang mewah. Bahkan jika anda bisa menemukan paket pernikahan yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka bisa menghadirkan pesta pernikahan yang tidak terlupakan.

You may also like