Home Pinjaman Berencana Kredit Mobil Avanza? Begini Cara Menghitungnya

Berencana Kredit Mobil Avanza? Begini Cara Menghitungnya

by Mas Abadi
kredit mobil Avanza

Sebelum Anda benar-benar membeli sebuah mobil baru, biasanya pihak dealer akan menawarkan skema pembayaran tunai atau kredit. Kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih cara kredit karena dinilai ringan dan tak membebankan keuangan. Namun perlu diketahui bahwa simulasi kredit mobil bisa berbeda-beda tergantung jenis dan merk-nya. Untuk mobil Toyota Avanza, begini cara menghitungnya.

Memahami Skema Simulasi Kredit Mobil Avanza

Sebaiknya Anda telah memahami pengertian kredit mobil, yakni salah satu fasilitas pinjaman yang disediakan oleh lembaga pembiayaan atau bank kepada nasabah khusus untuk pembelian mobil baru ataupun bekas. Terkait dengan tenor atau durasi kredit ini hampir sama seperti produk pinjaman lainnya, paling cepat 1 tahun dan paling lama 5 tahun. Namun ada juga beberapa perusahaan pembiayaan yang menawarkan simulasi kredit mobil Avanza hingga 7 tahun, tentu dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nasabah.

Nah, bagaimana cara menghitung simulasi kredit yang benar sebelum Anda menggunakannya? Pertama, Anda diwajibkan membayar sejumlah uang muka atau DP (down payment), biasanya 20 persen sampai 30 persen dari harga mobil yang ingin dibeli secara kredit. Hal ini sesuai dengan peraturan Bank Indonesia mengenai rasio Loan to Value. Pembeli juga dapat membayar uang muka lebih besar dari nominal tersebut supaya cicilan per bulan lebih kecil. Perlu diketahui juga bahwa uang muka yang dibayarkan oleh pembeli belum termasuk bunga kredit, biaya administrasi dan biaya asuransi. Jadi, Anda perlu menyiapkan modal tambahan di luar dari uang muka tersebut.

Simulasi kredit mobil baru bisa diketahui setelah pembeli mendapatkan suku bunga kredit, kemudian mengkalkulasikan nya dengan jumlah pokok pinjaman. Setelah mendapatkan hasil maka akan dikalikan lagi dengan suku bunga per tahun yang dibagi 12 bulan. Untuk mengetahui cicilan pokok pinjaman, Anda harus menghitung jumlah pokok kredit dengan tenor per bulan. Suku bunga sudah ditetapkan sejak awal perjanjian antara pihak peminjam dengan yang dipinjamkan, sehingga besar cicilan akan selalu sama jumlahnya. Untuk besarnya bervariasi, per tahun mulai dari 5 persen hingga 14 persen. Oleh sebab itu, pihak pembeli yang ingin kredit harus memperhatikan hal ini dengan benar agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Cara Menghitung Kredit Mobil Avanza Terbaru

Anda hendak membeli mobil Avanza dengan harga 200 juta rupiah dengan metode pembayaran kredit selama 5 tahun. Per tahun pihak bank memberikan suku bunga sebesar 6 persen. Untuk uang muka yang wajib disetor adalah 20 persen ditambah biaya administrasi sebesar 500 ribu rupiah. Dari kredit mobil tersebut Anda harus bayar biaya asuransi 5 persen dari harga mobil dengan biaya provisi 0,5 persen dari plafon pinjaman. Untuk polis asuransi diketahui mencapai 40 ribu rupiah. Berapa total yang harus dibayar?

Berikut cara menghitung kredit mobil Avanza:

  •       Harga mobil 200 juta rupiah
  •       DP 40 juta rupiah (20 persen dikali 200 juta rupiah)
  •       Durasi pinjaman 60 bulan atau selama 5 tahun
  •       Bunga pinjaman per tahun 6 persen bersifat flat.
  •       Pokok pinjaman 200 juta rupiah dikurangi 40 juta rupiah maka hasilnya 160 juta rupiah.

Untuk biaya awal mulai dari asuransi, provisi,administrasi, dan polis asuransi sebagai berikut:

  •       Administrasi 500 ribu rupiah.
  •       Polis asuransi 40 ribu rupiah.
  •       Provisi 0,5 persen dari pokok pinjaman yakni 160 juta rupiah jadinya 800 ribu rupiah.
  •       Asuransi 5 persen dikali harga mobil 200 juta rupiah jadi 10 juta rupiah.

Berikut simulasi cicilan kredit mobil Avanza terbaru:

  •       Bunga pinjaman flat dihitung dari jumlah pokok pinjaman dikali 6 persen dibagi 12 bulan maka hasilnya 800 ribu rupiah.
  •       Cicilan pokok pinjaman 160 juta rupiah dibagi dengan lama pelunasan yakni 60 bulan maka diperoleh 2,6 juta rupiah.
  •       Jumlah cicilan pinjaman mobil yang harus dibayar per bulan diperoleh dari cicilan pokok pinjaman ditambah dengan bunga pinjaman per bulan maka hasilnya 3,4 juta rupiah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa total pembayaran pertama berjumlah 54,8 juta rupiah. Dimana hasil tersebut didapatkan dari akumulasi uang muka, polis asuransi, provisi, biaya asuransi, angsuran pertama dan biaya administrasi.

Silahkan kumpulkan uang Anda untuk pembayaran pertama. Hitungan diatas juga berlaku untuk kredit mobil lainnya, hanya perlu diganti nominalnya saja. Sebagai pembeli, Anda harus paham dengan hitungan tersebut. Yang wajib diingat adalah skema di atas tidak bersifat permanen, bisa berubah-ubah menyesuaikan ketentuan dari lembaga pembiayaan yang dipilih. Supaya pengajuan kredit mobil Avanza diterima, silahkan ikuti tips berikut ini:

  •       Memiliki penghasilan tetap.
  •       Rekening pribadi sehat .
  •       Melengkapi syarat administrasi.
  •       Membayar uang muka sesuai ketentuan, akan lebih baik kalau jumlahnya lebih besar.
  •       Bunga dan tenor sesuai kemampuan.

Demikian informasi kami tentang cara menghitung kredit mobil Avanza terbaru. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

You may also like