Home Bisnis Berapa Keuntungan Jual Hp Baru

Berapa Keuntungan Jual Hp Baru

by Mas Abadi
jual hp baru

Membuka bisnis gerai handphone seakan tidak pernah mengalami penurunan. Sebab harga ponsel semakin murah dan hadir dalam berbagai jenis, selain itu masyarakat suka berganti handphone. Bisa dikatakan margin untuk penjualan handphone baru tergolong kecil, akan tetapi Anda dapat mengkombinasikan dengan jasa perbaikan handphone atau tambahan bisnis aksesoris.

Usaha handphone di negara Indonesia serupa dengan membuka bisnis kuliner, tidak ada matinya. Berbagai layanan operator seluler semakin beragam dan menawarkan harga yang terjangkau sehingga bisnis penjualan hp ikut meningkat. Ditambah harga hp semakin murah, terutama ponsel pabrikan asal China yang menawarkan fitur standar

Fenomena ini membuat banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk membuka bisnis jual hp baru. Keuntungan yang didapatkan pun juga tergolong besar apalagi peminatnya di Indonesia sangat tinggi. Nah, pada artikel kali ini akan diulas mengenai perkiraan keuntungan yang didapat jika membuka usaha penjualan ponsel baru dan beberapa hal yang terkait didalamnya.

Pendapatan serta Biaya Operasional

Berbicara keuntungan menjual handphone baru bisa dikatakan tidak begitu besar. Beberapa sumber menjelaskan bahwa penjualan ponsel baru dengan harga 1,5 juta seorang penjualan akan memperoleh keuntungan maksimal sekitar 200 ribu untuk satu unit handphone. Tentu margin penjualan handphone dengan harga dibawah 1 juta pasti lebih kecil daripada itu.

Maka dari itu, selain memperoleh pemasukan dari menjual handphone baru, sebuah gerai ponsel biasanya turut menjual handphone bekas, karena banyak yang menganggap menjual handphone bekas justru memiliki peluang untuk meraih untuk besar. Untuk margin penjualan handphone bekas mulai dari 200 ribu sampai 400 ribu dan bila sedang hoki, kadang penjual bisa meraih keuntungan jauh lebih tinggi lagi.

Pendapatan lain yang tidak kalah tinggi yakni menjual aksesori, yang mana keuntungannya bisa menyentuh angka 400% dari modal. Dengan bermodal uang 5 juta, Anda sudah bisa memperoleh berbagai aksesoris handphone. Dengan begitu Anda juga harus lebih jeli lagi untuk mengetahui aksesoris mana yang paling banyak dibutuhkan orang supaya barang atau aksesoris Anda bisa terjual dengan cepat. Contohnya jaket ponsel, tali gantungan, stiker dan masih banyak lagi.

Untuk jasa perbaikan ponsel dapat memberi pemasukan yang cukup besar, biasanya biaya reparasi handphone mulai dari 50 ribu sampai ratusan ribu. Namun Anda harus benar-benar mempunyai keahlian di bidang ini. Bila Anda ragu sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukannya karena para pelanggan bisa kecewa dan nama Anda akan tercoreng.

Cara Membuka Bisnis Penjualan Handphone Baru

Bisnis handphone termasuk usaha yang selalu ramai, yang mana fungsi dari handphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua orang. Nah, jika Anda tertarik untuk membuka bisnis penjualan handphone baru, terdapat beberapa cara yang perlu Anda lakukan, antara lain:

1.       Paham Mengenai Handphone

Apabila Anda membuka bisnis penjualan handphone tentu Anda perlu memahami seluk beluknya. Contohnya seperti cara mengoperasikannya, aplikasi yang ada kegunaannya untuk apa serta dapat membandingkan antara produk satu dengan yang lain. Para pembeli akan terus berlangganan di gerai Anda apabila Anda menetapkan harga sesuai dengan harga serta kebutuhan para pelanggan.

2.       Update Harga Ponsel

Soal harga bisa menjadi penentu untuk keberlangsungan bisnis penjualan handphone Anda, yang mana Anda harus menyesuaikan harga dan memantau harga dari toko lain yang menjual jenis-jenis handphone yang serupa. Turun naiknya sebuah harga dari ponsel ini kadang berasal dari melemahnya kurs dollar. Maka dari itu, Anda harus selalu update untuk semua hal yang ada kaitannya dengan harga ponsel yang dijual.

3.       Update Barang

Sekarang ini ponsel versi terbaru begitu cepat bermunculan. Berbagai brand hp seperti Samsung, Apple, Xiaomi, Vivo dan Oppe berlomba-lomba meluncurkan ponsel versi terbaru dari mereka. Jika Anda memiliki toko ponsel tentunya jangan sampai ketinggalan untuk update barang, karena masyarakat Indonesia selalu gemar mengganti handphone mereka dengan keluar terbaru.

4.       Memperhatikan Budget

Budget untuk membuka bisnis penjualan ponsel cenderung besar. Maka dari itu Anda jangan terburu-buru dan sembarang dalam merencanakan pembuatan toko ponsel. Rencana Anda harus sudah sangat matang supaya terhindar dari yang namanya rugi. Jadi, susunlah budget dengan rincian yang tepat.

5.       Carilah Agen yang Dapat Dipercaya

Ketika Anda ingin membuka gerai handphone pastinya Anda akan mencari agen atau supplier barang yang mana pasokan ponsel untuk toko Anda semuanya tersedia dan dengan harga yang terjangkau tapi tetap barang original. Banyaknya jenis hp palsu atau tiruan bisa merugikan Anda sendiri, maka dari itu Anda perlu berhati-hati dan lebih teliti soal pencarian agen sebagai pemasok barang-barang untuk toko handphone Anda.

Pahamilah mana produk asli dan mana produk tiruan, lalu cek garansinya. Anda wajib tahu bahwa setiap ponsel mempunyai serial number yang berbeda-beda. Ini bisa menjadi pegangan untuk Anda ketika ingin mengetahui barang tersebut asli atau palsu.

You may also like