Home Investasi Benarkah Mengendapkan Uang di Bank Bisa Bikin Rugi?

Benarkah Mengendapkan Uang di Bank Bisa Bikin Rugi?

by Mas Abadi

Zaman sekarang ini, masyarakat sudah mendapatkan kemudahan dan berbagai macam pilihan untuk tempat penyimpanan uang, salah satunya yaitu menabung uang di bank. Tentunya Anda juga dapat menabung dengan cara mengawalinya dengan buku rekening baru atau jika sudah memiliki rekening maka Anda dapat menabung uang Anda ke rekening yang sudah Anda miliki. Namun, kira-kira apa saja keuntungannya menabung di bank?

 

Jika Anda sudah terbiasa dengan aktivitas menabung uang tunai, artinya Anda sudah berhasil membantu keadaan keuangan Anda supaya tetap stabil. Di sisi lain, Anda dapat melakukan pencegah segala sesuatu kemungkinan yang tidak terduga yang berupa kebutuhan sehari-hari atau jika terjadi sesuatu yang membutuhkan dana darurat. 

 

Usahakan tidak pernah menyia-nyiakan uang secara berlebihan. Hal itu hanya akan merugikan keadaan keuangan Anda di masa yang akan datang. 

 

Keuntungan Menabung Uang di Bank

 

Kebanyakan orang akan lebih mudah tergoda dalam membelanjakan uang simpanannya, terutama apabila transaksinya mudah diakses dan mudah dijangkau, contohnya jika Anda menyimpan uang di dompet Anda. Maka dari itu, tidak ada salahnya menyimpan uang di bank. Berikut ulasannya mengenai keuntungan menabung di bank. 

  • Mendapatkan Bunga

 

Perlu diketahui, bank di mana pun pasti memiliki aturan dan syaratnya yang saling berbeda satu sama lain dalam penerapan jumlah bunga. Namun, apabila Anda mengulik lebih dalam, Anda dapat menanyakannya saat membuat rekening tabungan baru kepada CS Bank.

 

Keuntungan dalam meraih bunga memang suatu keuntungan jika Anda sebagai nasabah yang menabungkan uang Anda di bank. Namun, jangan hanya memikirkan sampai di situ saja. Tujuan yang paling pertama dalam proses menabung tentunya supaya Anda pandai mengatur keuangan sebisa mungkin.

 

Namun, harus diperhatikan, bunga yang ditujukan untuk Anda serta yang ditambah ke dalam tabungan, dapat dikatakan Anda tidak akan menyadarinya. Kendati demikian, Anda akan menikmati jika berhasil mendapatkan keuntungan bunga yang bisa menutup biaya admin bank di setiap bulan, jadi saldo tabungan Anda tidak berkurang.

 

Kuncinya secara umum jika jumlah tabungan yang Anda miliki di dalam tabungan, maka Anda akan mendapatkan jumlah nominal bunga akan besar. 

  • Potensi Lebih Aman

 

Fakta di lapangan menunjukkan, nabung di bank akan dijamin keamanannya jika dibandingkan hanya menyimpan uang di rumah sendiri. Artinya menyimpan uang di bank merupakan cara aman yang dapat meminimalisir resiko terburuk.

 

Hal ini, menunjukkan bahwa pihak dari bank tentu akan menjamin keamanan dan kepercayaan yang telah Anda berikan, maka dapat dikatakan menabungkan uang Anda di bank adalah langkah aman.


  • Banyak Pilihan Transaksi

 

Ketika Anda menabungkan uang di bank, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk mengakses tabungan Anda yaitu berupa kebebasan bertransaksi. Maksudnya, begitu mudahnya cara dan berbagai macam pilihan untuk bertransaksi. Sebagai contoh fasilitas mobile banking, akan  memudahkan cara dengan berbagai macam pilihan bertransaksi sebagai contoh untuk membayar listrik listrik atau berbelanja. Dengan adanya fasilitas mobile banking yang memudahkan transaksi, maka akan menjadi keuntungan bagi Anda karena mudah dan praktis, serta bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun asalkan ada jaringan internet di daerah Anda. Bahkan Anda dapat mengambil tabungan Anda kapan saja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

  • Kerugian Menabung di Bank

 

Walaupun begitu banyak keuntungan yang dapat diperoleh nasabah, perlu diketahui ternyata menabungkan uang di bank terdapat hal-hal yang merugikan nasabah. Kendati demikian, kerugian sebagai nasabah tidak akan menjadi efek besar, tentunya risiko yang akan diterima tidak terlalu berimbas pada saldo dan akun Anda. Meskipun begitu, harus tahu apa saja kerugian sebagai nasabah, berikut ulasannya. 

  • Terdapat Biaya Transaksi 

 

Menabung di bank juga ada sisi kerugiannya, nasabah akan dikenakan biaya transaksi dan hanya  dibebankan saat nasabah melakukan transaksi bersyarat. 

 

Salah satunya biaya administrasi tabungan serta biaya administrasi ATM yang akan kenalan biaya potongan dari saldo rekening. Jumlah biaya sama saja untuk tiap bulan, sehingga Anda bisa lebih cermat dan melakukan perhitungan berdasarkan hal itu.

  • Terdapat Limit Transaksi yang Membatasi

 

Bebas melakukan transaksi menggunakan tabungan di bank tentu saja disertai dengan batasan. Tentunya setiap pihak bank mempunyai aturannya masing-masing, termasuk batasa di setiap jenis tabungan yang akan dipilih oleh nasabah. Saldo minimum yang harus selalu tersedia di tabungan Anda juga harus ada, namun kebijakan dari beberapa bank berbeda-beda. Bahkan terdapat batas untuk mengambil tabungan di ATM setiap harinya. Selain itu juga terdapat batasan jumlah pembayaran serta transaksi belanja.

 

Kendati demikian, kerugian menabung di bank tidak terlalu buruk, karena biaya transaksi dan batas transaksi/saldo akan selalu ada di semua bank. 

 

Demikian ulasan mengenai beberapa keuntungan serta kerugian menabung uang di bank. Sebagai nasabah bank Anda harus cermat dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda karena kriteria dan aturan setiap bank berbeda-beda. Maka dari itu tentukan pilihan Anda secara bijaksana sebagai calon nasabah. Semoga bermanfaat!

You may also like