Home Bisnis Benarkah Karyawan nggak Bisa Kaya?

Benarkah Karyawan nggak Bisa Kaya?

by Mas Abadi

Menjadi seorang karyawan mungkin memberikan rasa ketidakpuasan sendiri kepada sebagian orang. Mengingat pendapatan yang diperoleh setiap bulannya pun sangat terbatas. Maka banyak sekali yang menjadi karyawan sering bertanya apakah memang tidak bisa menjadi orang kaya? 

Menjawab pertanyaan tersebut, tentu saja ada banyak hal yang harus dibahas. Tapi, jika ada pertanyaan karyawan tidak bisa menjadi kaya, maka jawabannya adalah bisa benar dan tidak benar. Kenapa? Untuk tahu alasannya, maka di bawah ini sendiri akan dibahas lebih dalam akan karyawan yang tidak bisa menjadi orang kaya.  

Alasan Karyawan Tidak Bisa Kaya 

Seperti yang sudah disebutkan tadi dimana karyawan bisa jadi kaya dan tidak bisa jadi kaya. Tapi, memang secara garis besar ada banyak alasan kenapa karyawan tidak bisa menjadi orang kaya. Hal ini sendiri harus bisa diperhatikan oleh Anda yang memang ingin menjadi orang kaya tapi masih berstatus karyawan. Berikut ini adalah alasannya: 

Berada di zona nyaman 

Alasan pertama kenapa karyawan sulit menjadi orang kaya adalah karena sudah berada di zona nyaman. Hal ini sendiri tidak lepas dari rasa aman yang dirasakan oleh karyawan. Misalnya dari segi pendapatan yang setiap bulan sudah pasti bisa didapatkan dengan jumlah yang sama atau lebih besar. 

Berada di zona nyaman memang bisa membuat rasa aman kepada diri Anda, tapi terlalu lama pun tidak baik. Dimana Anda bisa jadi tidak berkembang seperti seharusnya. Menjadi karyawan memang sudah bagus karena Anda memiliki pendapatan tetap, tapi hasilnya Anda hanya akan mengandalkan hal tersebut tanpa ingin mencari tambahan lain. 

Sistem kasbon 

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada seluruh karyawannya adalah memberikan sistem kasbon. Sistem yang satu ini sendiri berarti karyawan bisa mengambil sebagian gaji atau seluruhnya sebelum waktu gajian datang. Tentu saja sistem ini sendiri memberikan banyak bantuan kepada karyawan. 

Namun, sayangnya dengan adanya sistem ini pun karyawan jadi mengandalkan perusahaan. Tidak mau mencari jalan keluar lain. Padahal jika karyawan terus menerus kasbon, maka hasilnya pun gaji yang didapatkan akan berkurang. Kemudian pada bulan selanjutnya akan melakukan yang sama lagi. 

Jika ini terus berulang, maka jelas karyawan tidak akan mendapatkan keamanan finansial. Sehingga uang hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan saja. Padahal bisa jadi kebutuhan hidup semakin banyak. 

Selalu bergantung pada bonus dan THR 

Hal yang satu ini sendiri juga menjadi salah satu hal yang membuat karyawan menjadi tidak bisa kaya raya. Bagi mereka mendapatkan bonus dari perusahaan atau THR adalah keberhasilan yang paling tinggi. Padahal dengan karyawan selalu mengandalkan kedua hal ini, tidak akan mendapatkan kemajuan yang signifikan. 

Apalagi kebanyakan bonus dan THR ujung-ujungnya digunakan untuk hal konsumtif yang tidak berguna. Dimana hasilnya pun sudah pasti akan membuat karyawan tidak akan bisa menabung dan mendapatkan keamanan finansial yang diharapkan. 

Hanya bekerja sesuai dengan jabatan 

Poin yang satu ini sendiri sebenarnya berkaitan sangat erat dengan poin pertama. Dimana dengan menjadi karyawan berarti akan bekerja sesuai dengan posisi atau jabatan yang diemban. Dengan begini jelas karyawan tidak akan berkembang dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. 

Padahal ada banyak posisi atau jabatan yang memang dibayar tinggi, tapi dengan catatan kinerja pun harus baik dan memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Jika Anda hanya berada di mindset menjadi karyawan saja sudah cukup, maka bisa jadi akan sulit sekali menjadi orang kaya. 

Hanya ingin bekerja sesuai dengan waktu 

Alasan terakhir adalah hanya ingin bekerja sesuai dengan waktu yang sudah disepakati oleh karyawan dan perusahaan. Anda pasti sudah tahu bahwa perusahaan menetapkan jam kerja yang telah ditentukan. Dimana setelah jam kerja selesai pun kebanyakan karyawan akan beristirahat. Tentu saja hal ini tidak salah sama sekali, terlebih lagi badan juga sudah lelah dan ingin segera bersantai. 

Tapi, ternyata hal ini sendir menjadi hambatan yang paling besar bagi karyawan yang ingin kaya. Perlu Anda tahu bahwa orang yang sukses biasanya menggunakan waktu untuk terus produktif. Tidak ada batasan waktu bagi mereka, bahkan ketika beristirahat pasti akan terus mencari cara untuk tetap mendapatkan pemasukan. Hal inilah yang membuat banyak karyawan tetap berjalan di tempat dan tidak bisa maju lagi. 

Jika seorang karyawan menjalani apa yang sudah disebutkan di atas, maka sudah pasti tidak akan bisa kaya. Kecuali bila sudah bekerja di perusahaan, tapi selepas pulang bekerja masih ada usaha yang harus dijalankan, maka kemungkinan untuk menjadi orang kaya juga sangatlah besar. Maka daripada itu, jika Anda adalah seorang karyawan lebih baik mencari tambahan atau membangun usaha agar menjadi kaya.

You may also like