Home Investasi Benarkah Investasi Berlian Menguntungkan ?

Benarkah Investasi Berlian Menguntungkan ?

by Mas Abadi

Mungkin saat ini kamu sedang bingung menentukan instrumen investasi apa yang tepat dan menguntungkan. Nah, bagaimana kalau mencoba peruntungan dengan investasi berlian ?

Selama ini berlian memang hanya digunakan sebagai perhiasan agar menunjang penampilan namun kini berlian juga sedang tren dijadikan  salah satu instrumen investasi. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa invetasi berlian lebih menggiurkan daripada investasi emas.

Pasalnya, berlian yang berasal dari batu mulia ini bersifat abadi sehingga kalau digunakan turun temurun pun, nilainya justru semakin tinggi. Kesan mewah dan mahal juga selalu melekat pada perhiasan yang satu ini. Itulah sebabnya kenapa berlian disebut-sebut lebih menguntungkan daripada emas.

Alasan Kenapa Investasi Berlian Menguntungkan 

Selain alasan-alasan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa keunggulan lainnya dari investasi berlian, berikut di antaranya.

  • Tidak Terpengaruh Inflasi

Keunggulan yang pertama dari investasi berlian yaitu aman dari inflasi. Jadi, kalau suatu saat nanti terjadi krisis ekonomi seperti inflasi maka nilai berlian tidak akan terpengaruh. Kapan pun ingin kamu jual, harganya pun tetap sama dan tidak mungkin turun.

Lain halnya dengan investasi emas, inflasi akan sangat mempengaruhi nilai jual emas. Karena pasti terjadi penurunan pada harga emas. Kamu bisa saja menjual emas kapan pun namun harga emas yang cenderung fluktuatif  bisa membuatmu rugi karena harga jualnya lebih rendah dari harga beli.

  • Tidak Butuh Biaya Perawatan

Berlian terbuat dari batu mulia yang sangat keras dan kuat sehingga tidak akan mudah rusak maupun hancur. Perhiasan ini cukup mudah untuk dirawat dan tidak butuh ruang penyimpanan khusus.

Dengan begitu, kamu tidak perlu memikirkan biaya untuk perawatan berlian maupun biaya penitipan seperti yang biasa berlaku pada perhiasan emas. Karena biasanya perhiasan emas cepat pudar sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Begitu juga dengan penyimpanannya, terutama untuk emas batangan, banyak orang menitipkannya di pegadaian, antam dan bank.

  • Nilainya Terus Meningkat

Investasi berlian bisa sangat menguntungkan karena nilainya akan terus meningkat. Ditambah lagi kalau jenis atau modelnya termasuk limited edition atau langka, pasti harganya bisa melonjak tinggi.

Adanya permintaan yang semakin meningkat juga bisa menjadi salah satu faktor nilai berlian terus mengalami kenaikan. Selain itu, bingkai pada berlian yang memiliki keunikan sendiri atau terbuat dari bahan seperti emas dan perak juga bisa mempengaruhi.

  • Harganya Murni

Keunggulan dari investasi berlian berikutnya yakni harga berlian yang beredar tidak dikontrol oleh pemerintah. Jadi, berlian yang kamu beli nantinya adalah harga murni yang ditentukan dari kualitas berliannya itu sendiri.

Dengan kata lain, harga berlian hanya akan berdasar pada kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli tanpa ada patokan tertentu.

  • Mudah untuk Memulainya 

Investasi berlian ini mudah dilakukan siapa saja karena untuk memulainya kamu tidak perlu melalui proses yang ribet. Tidak seperti instrumen investasi lainnya yang mengharuskan kamu untuk melengkapi identitas diri secara lengkap.

Sehingga siapa pun bisa melakukan jual beli berlian dengan mudah dan tidak membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai investasi ini. Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama bagi para ibu rumah tangga yang terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari investasi.

Tips Memulai Investasi Berlian

Kalau kamu tertarik mencoba berinvestasi berlian, sebelum memulainya perhatikan dahulu tips-tips di bawah ini.

  • Pilihlah Berlian Utuh

Jangan memilih berlian dalam bentuk pecahan kecil yang biasanya akan disematkan ke sebuah perhiasan. Karena nilai keuntungannya jauh lebih rendah ketimbang berlian utuh. Artinya, meskipun sah-sah saja menggunakan berlian sebagai perhiasan namun kalau ingin mendapat banyak keuntungan cara ini menjadi tidak tepat.qqq

  • Pilihlah Berlian Dengan Warna Putih

Semakin putih warna pada berlian, maka nilainya pun semakin tinggi. Berlian dengan tingkat warna putih yang tinggi, biasanya diberikan kode huruf “D”.

Selain tingkatan warna, semakin jernih berlian yang kamu miliki juga bisa mempengaruhi nilai jualnya. Dan biasanya ditandai dengan kode “VVS” untul menandakan berlian dengan tingkat kejernihan yang tinggi.

  • Carilah Berlian yang Limited Edition 

Barang apapun yang sifatnya langka pasti memiliki nilai beli maupun nilai jual yang sangat tinggi. Nah, untuk berinvestasi berlian kamu juga bisa menerapkannya dengan membeli berlian yang limited edition tetapi dicari banyak orang. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki banyak pesaing dan kemungkinan untung semakin besar.

  • Pastikan Berlian Sudah Bersertifikat

Di pasaran banyak beredar berlian palsu, untuk itu penting bagi kamu untuk memastikan berlian yang akan dibeli sudah bersertifikat. Sebelum membelinya kamu bisa cek terlebih dahulu dan pastikan berlian tersebut sudah bersertifikat gemological laboratory atau GIA.

Itulah tadi penjelasan mengenai investasi berlian yang perlu kamu ketahui. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa investasi berlian juga bisa menguntungkan.

You may also like