Home Bisnis Belum Memiliki Pengalaman Berbisnis? 7 Usaha Kecil – Kecilan untuk Pemula Ini Patut Diperhitungkan

Belum Memiliki Pengalaman Berbisnis? 7 Usaha Kecil – Kecilan untuk Pemula Ini Patut Diperhitungkan

by Mas Abadi
bisnis kecil-kecilan

Siapa bilang berbisnis hanya cocok bagi yang memiliki pengalaman saja? Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Itu karena membuka usaha dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemauan dan niat untuk maju dan berkembang.

Bagi pemula yang ingin merintis bisnis, Anda dapat memulainya dengan membuka usaha kecil-kecilan. Tentunya, usaha yang dimaksud adalah usaha yang minim modal. Perlu diketahui, mengawali berbisnis minim modal, kemungkinan risiko kerugian pun kecil.

Nah, apa saja usaha kecil-kecilan untuk pemula yang cocok untuk pemula dan minim modal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut informasi usaha kecil-kecilan yang pas bengat dikembangkan pemula. Namun sebelumnya simak beberapa sikap yang harus ditanamkan sebelum berbisnis.

Sikap yang Harus Dikembangkan Sebelum Merintis Bisnis

Tentunya, merintis bisnis atau usaha meskipun kecil-kecilan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Hal tersebut karena dibutuhkan sikap dan jiwa pebisnis. Pastinya, sikap ini harus ditanamkan supaya ketika memulai bisnis, risiko kerugian yang akan ditanggung minim.

Adapun keahlian tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tanamkan sikap percaya diri sebelum memulai bisnis. Tentunya, sikap percaya diri pada diri Anda dapat memberikan pengaruh positif. Jadi, Anda bisa optimis ketika mengawali bisnis.
  2. Kembangkan sikap sabar. Tentunya, sikap sabar ini penting untuk ditanamkan pada diri Anda supaya ketika bertemu pelanggan dengan berbagai karakter, Anda dapat menghadapinya dengan tenang.
  3. Ulet, pastinya sikap ulet harus dimiliki oleh pebisnis supaya ketika menghadapi kegagalan, Anda tetap gigih dan mudah terus berusaha untuk bangkit.
  4. Kreatif dan inovatif, sikap ini harus dimiliki pebisnis supaya dapat bersaing dengan kompetitor.

Rekomendasi Usaha Kecil – Kecilan untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis, Anda dapat memulainya dengan membuka usaha kecil-kecilan. Adapun usaha kecil-kecilan yang cocok bagi pemula adalah sebagai berikut.

1. Usaha Makelar Properti

Siapa bilang usaha properti butuh modal besar? Bagi Anda pemula di bidang properti, Anda dapat mengawali usaha properti dengan menjadi makelar. Tentu saja, menjadi makelar tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Meski usaha yang satu ini tergolong usaha kecil-kecilan, namun keuntungan yang dihasilkan cukup besar. Perlu diketahui, dari menjual satu rumah, Anda akan mendapat komisi dari harga jual rumah tersebut. Tentunya, usaha ini cocok bagi pemula yang ingin mengawali usaha properti.

2. Usaha Pengetikan

Usaha yang satu ini cocok dikembangkan di wilayah yang sekolah dan kampus, yaitu usaha pengetikan. Maraknya pendidikan daring, membuat usaha pengetikan semakin banyak permintaan. Tentu saja, usaha yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki keahlian mengetik cepat.

Untuk merintis usaha pengetikan, modal yang Anda butuhkan cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan 1 unit laptop (PC) dan jaringan internet jika dibutuhkan. Selain itu, hal utama yang harus Anda miliki adalah kepercayaan dan ketepatan menyelesaikan tugas.

 3. Usaha Agen Umroh

Selain menjadi makelar properti yang mengandalkan keahlian promosi, Anda juga dapat menjadi agen umroh yang juga mengandalkan keahlian marketing. Bisa dibilang, usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Hal tersebut karena Anda bisa bekerja sama dengan berbagai jenis perusahaan travel. Dalam usaha agen umroh ini yang utama adalah keahlian Anda melakukan promosi. Soal keuntungan, banyak sekali yang mungkin bisa Anda dapatkan dari menjadi agen umroh, seperti: tiket gratis perjalanan umroh sampai dengan komisi yang besar.

4. Usaha Jual Beli Handphone Bekas

Akhir-akhir ini permintaan handphone bekas tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyaknya pengguna handphone membuat pemintaan akan smartphone meningkat. Peluang tersebut dapat Anda jadikan sebagai usaha dengan menjual handphone bekas.

Tentunya, jual beli handphone bekas tidak membutuhkan modal yang banyak. Hal utama yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini adalah keuletan dan kreativitas Anda dalam menyuplai handphone bekas.

5. Usaha Pulsa Elektrik

Semakin banyaknya pengguna ponsel membuat permintaan akan pulsa elektrik semakin meningkat. Fenomena tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha untuk membuka usaha jual pulsa elektrik. Kabarnya, usaha yang satu ini minim modal, namun keuntungan yang didapat cukup besar.

6. Usaha Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki keahlian menggambar dan kreatif, Anda dapat merintis usaha desain grafis. Seiring perkembangan dunia digital yang pesat, jasa desain grafis banyak dibutuhkan. Anda dapat mulai merintis usaha ini dengan menawarkan beberapa jenis jasa desain, seperti: pembuatan logo, desain pakaian, poster sampai dengan desain interior rumah.

7. Usaha Pembuatan Artikel

Satu lagi usaha kecil-kecilan tanpa modal yang hanya berbekal keahlian menulis dan kreativitas adalah usaha pembuatan artikel. Maraknya media online dan munculnya e-commerce membuat usaha pembuatan artikel diminati oleh pelaku usaha digital.

Kabarnya, usaha pembuatan artikel dinilai menguntungkan. Itu karena Anda hanya bermodalkan keahlian menulis, laptop dan jaringan internet. Pastinya, usaha ini juga memiliki prospek yang bagus di masa depan.

Nah, apakah Anda masih ragu untuk mulai merintis usaha? Semoga dengan informasi tersebut, keraguan Anda tentang mendirikan usaha kecil-kecilan hilang. Mulailah untuk belajar berbisnis, sekecil apapun usaha Anda, akan besar manfaatnya untuk masa depan.

You may also like