Home Pinjaman Beli Rumah BTN Harga Murah, Cara Pengajuannya Mudah

Beli Rumah BTN Harga Murah, Cara Pengajuannya Mudah

by Greg Pascal
rumah btn

Beli rumah BTN dengan harga murah menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki rumah sendiri, terutama bagi pasangan yang baru menikah. Lantas, bagaimana cara pengajuannya?

Melalui platform BTN Properti membantu masyarakat menemukan hunian impian, hal ini karena Bank BTN selaku penyedia layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bekerjasama dengan banyak developer dalam menyediakan rumah pilihan masyarakat.

Nah, bagi anda yang ingin memiliki rumah murah BTN bisa mengajukan KPR BTN Subsidi. Program untuk kepemilikan rumah yang ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), suku bunga yang rendah dan cicilannya ringan.

Sebelum anda mengajukan KPR BTN Subsidi, harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat pengajuan pemilikan rumah.

Menyiapkan Kelengkapan Dokumen

Pemohon menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan KPR BTN Subsidi, adapun dokumen tersebut sebagai berikut.

  1. Formulir Pengajuan Kredit dilengkapi dengan pas foto terbaru pemohon dan pasangannya
  2. Fotokopi e-KTP atau kartu identitas lainnya
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Surat Nikah atau Cerai
  5. Dokumen penghasilan pegawai berupa slip gaji terakhir dan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap, atau surat keterangan kerja (jika bekerja di instansi)
  6. Dokumen penghasilan untuk wiraswasta berupa SIUP, TDP dan laporan keuangan 3 bulan terakhir
  7. Dokumen penghasilan pekerja mandiri berupa fotokopi izin praktek
  8. Rekening koran 3 bulan terakhir
  9. Fotokopi NPWP atau SPT PPh 21
  10. Surat pernyataan penghasilan yang ditandatangani oleh pemohon di atas materai, dan diketahui pimpinan instansi tempat bekerja atau kepala desa setempat, untuk masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap
  11. Surat pernyataan tidak memiliki rumah yang diketahui oleh instansi tempat kerja atau lurah tempat KTP diterbitkan
  12. Surat keterangan pindah tugas untuk TNI/POLRI/PNS yang mengajukan KPR BTN Subsidi kedua

Kelengkapan dokumen ini nantinya untuk proses verifikasi data atau analisa, juga sebagai bentuk kelengkapan administrasi dalam mengajukan KPR BTN. Selanjutnya anda bisa melakukan pengajuan dengan cara dibawah ini.

rumah btn

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Pengajuan KPR BTN

Apabila ingin melakukan pengajuan rumah KPR BTN, pastikan anda sudah menyiapkan kelengkapan dokumen yang diminta. Adapun cara pengajuannya sebagai berikut.

  1. Pemohon bisa mencari lokasi perumahan yang diinginkan melalui outlet BNT, atau bisa melalui website resmi BTN Properti, serta pameran properti dan lain sebagainya.
  2. Pemohon menyiapkan dokumen lengkap
  3. Kemudian berkas permohonan akan di proses Bank BTN melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), analisa dan verifikasi data
  4. Apabila permohonan disetujui, maka persiapkan kecukupan dana di Tabungan BTN
  5. Selanjutnya melakukan Akad Kredit
  6. Dan memulai proses pencairan permohonan

Siapa saja yang bisa mengajukan permohonan KPR BTN? Semua lapisan masyarakat bisa mengajukan rumah, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan Ketentuan

Untuk bisa mengajukan permohonan KPR BTN Subsidi, harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank BTN sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21 tahun atau sudah menikah
  2. Batas usia pemohon tidak melebihi 65 tahun saat kredit jatuh tempo. Khusus untuk peserta ASABRI yang mendapatkan rekomendasi dari YKPP, maka usia pemohon bisa sampai dengan 80 tahun saat kredit jatuh tempo
  3. Pemohon maupun pasangan suami istri tidak punya rumah, dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah, kecuali 2 kali untuk TNI/POLRI/PNS yang pindah tugas
  4. Gaji atau penghasilan tidak melebihi Rp 4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak dan Rumah Sejahtera Susun Rp 7 juta
  5. Memiliki e-KTP terdaftar di dukcapil 
  6. Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku
  7. Pengembang wajib terdaftar di Kementerian PUPR
  8. Spesifikasi rumah sesuai ketentuan peraturan pemerintah

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan diatas, maka pemohon bisa mengajukan rumah KPR BTN dengan membawa dokumen lengkap sesuai yang diminta.

Biaya dan Suku Bunga

Apabila anda membeli rumah dengan sistem kredit melalui Bank BTN, akan dikenakan bunga sebesar 5% fixed atau tetap sepanjang jangka waktu kredit, jangka waktunya hingga 20 tahun.

Untuk mengetahui perkembangan suku bunga, anda bisa menanyakan terlebih dahulu ke pihak Bank BTN, tujuannya sebagai antisipasi adanya perubahan suku bunga.

Sementara untuk biaya administrasi sebesar Rp 250.000, dengan biaya Provisi senilai 0,50 persen. Bebas premi asuransi dan PPN sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku. Menarik bukan?

Selain itu, anda bisa mendapatkan subsidi bantuan uang muka sebesar Rp 4 juta (khusus rumah tapak). Hal ini khusus diberikan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ingin mengajukan KPR BTN Subsidi.

Mengajukan rumah BTN memang cukup mudah apabila bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, serta menyiapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk proses persetujuan.

Apakah anda berniat membeli atau kredit rumah KPR BTN Subsidi? Cocok bagi anda yang baru menikah atau ingin punya rumah sendiri, dan bisa dapatkan bantuan subsidi dari pemerintah.

 

You may also like