Home Investasi Beli Bitcoin bukan Buat Orang yang Cuma Ingin Ikut-ikutan Trend

Beli Bitcoin bukan Buat Orang yang Cuma Ingin Ikut-ikutan Trend

by Mas Abadi

Jika Anda masih awam dan tidak tahu mengenai aset kripto maka berikut di bawah ini terdapat beberapa ulasannya agar Anda jadi lebih tahu dan membeli bukan karena hanya ikut-ikutan tren saja.

 

Jangan memasukkan lebih dari yang Anda mampu

 

Aset kripto memiliki risiko dari kebanyakan investasi yang lain. Tidak menjamin selain volatilitas. Terutama, aset kripto tidaklah dikelola pada kebanyakan kasus. Tidak terdapat asuransi bagi barang-barang ini.

 

Bitcoin merupakan aset kripto yang pertama, bahkan lebih dari 10 tahun & begitu sedikitnya potensi untuk hilang dari dunia pasar digital jika daripada koin-koin yang lainnya, serta tidak bebas risiko.

 

Oleh sebab itu, jangan sampai bertaruh tabungan Anda dalam urusan berbagai aset kripto koin.

 

Riset secara menyeluruh

 

Sebelum Anda melakukan investasi uang dengan jumlah total yang tinggi ke aset kripto mana pun, menghabiskan waktu untuk meneliti informasi dan teknologi. Maka, Anda akan lebih tahu proposisi nilai beserta dengan risiko.

 

Menggali informasi dalam berbagai forum komunitas serta, mendengarkan podcast topik finansial, meminjam buku dari berbagai perpustakaan, pelajari selain aset kripto namun bidang yang terkait juga, misalnya mengenai kriptografi, lalu teori permainan, serta ekonomi. Malah, apabila Anda sudah yakin, maka cari orang yang tidak percaya serta lakukan pertimbangan & argumen mereka.

 

Setelah Anda selesai mencari tahu semua hal yang harus diketahui, maka lakukanlah lebih banyak pekerjaan yang Anda belum selesaikan atau pekerjaan yang sempat tertunda. 

Tahan takut kehilangan

 

Apabila motivasi Anda investasi pada suatu hal merupakan alasan untuk terhindar dari rasa kehilangan, satu hal yang tak akan Anda lewati merupakan kehilangan semuanya. 

 

Fear of missing out atau FOMO ialah trik yang pastinya dapat membangkitkan potensi hancurnya suatu kekayaan atau segala macam harta, mungkin sudah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun lamanya.

 

Jika Anda melakukan aktivitas trading atas dasar naluri saja maka akibatnya Anda akan rugi sendiri. Lebih baik pahami terlebih dahulu apa yang hendak Anda beli. Selain itu, memanfaatkan aplikasi berbagai jual dan beli serta cek mata uang naik 30 % atau lebih dalam 24 jam terakhir bukan merupakan pengamatan. 

 

Bisa saja Anda merupakan orang yang belum beruntung, karena hanya dapat menjual aset kripto yang sedang turun drastis.

 

Semua aset kripto punya pemicu, bahkan Bitcoin pun juga memiliki pemicunya. Jangan mudah tergiur jika teman banyak yang merekomendasikan anda investasi atau trading. Anda harus cermat dalam pengelolaan kebutuhan dan jangan sembarangan memilih. Sebaiknya Pikir baik-baik serta lakukan peninjauan kasus dengan tujuan investasi dalam manfaatnya. Namun, apabila terdengar terlalu bagus untuk jadi nyata, mungkin memang seperti itu.

 

Sama saja dengan Wall Street, mata uang digital crypto ini banyak juga kasus penipuan dan banyak penipunya juga. Terdapat orang-orang yang menjanjikan jaminan proyek yang akan memikat hati.

 

Sebagai Pembeli maka harus menjadi pembeli yang cermat dan berhati-hati, namun para pihak sebagai peminjam juga harus hati-hati. 

 

Beberapa bursa kripto memberi tawaran leverage dalam jumlah besar. Maka, Anda dapat pinjam sampai 99 % dari biaya investasi yang sudah menjadi SOP.

 

Waspadai bias unit

 

Hanya alasan aset kripto dijual beli sekitar $ US 1, bukan berarti artinya lebih murah dari mata uang Bitcoin sebesar $ US  58000. Tak setiap bitcoin dibuat dengan sama saja.

 

Terdapat ribuan aset kripto, ada banyak berupa yaitu berupaya untuk meniru mata yang Bitcoin serta beberapa yang lain itu  berusaha untuk memberi solusi dalam masalah lain. Mereka sudsh mendapatkan tingkat dukungan perkembangan serta desentralisasi yang berbeda satu sama lain.

 

Dalam membuat ketentuan mengenai nilai aset mata uang kripto artinya sudah menanyakan bagaimana serta mengapa koin-koin diciptakan.

 

Bagaikan halnya ibarat suatu bangunan, dasar dari kode yang membutuhkan perawatan, serta jika diabaikan dapat menciptakan suatu struktur sehingga tidak baik.

 

Hal paling penting mengenai model security dari koin: proof-of-work, proof-of-stake, masih ada yang lain. Apabila yang pertama, bagaimana hashrate daripada dengan koin PoW lain?

 

Nah, apabila Anda tidak memahami maksud serta arti dari istilah-istilah tersebut, maka dapat dikatakan Anda belum siap melaksanakan aktivitas untuk investasi.

 

Demikian beberapa ulasan mengenai hal yang harus Anda perhatikan agar terhindar dari sifat FOMO. Apabila anda memang masih awam, jangan sampai berani mempertaruhkan tabungan Anda hanya demi tergiur dengan iming-iming dari keuntungan investasi. Jangan sampai mudah ikut-ikut dengan tren. Jika Anda terbelenggu dengan sifat FOMO, maka hanya akan memperburuk keadaan Anda, sebaiknya Anda harus lebih cermat dan hati-hati. Serta pertahankan tujuan Anda dalam pos keuangan, jika benar-benar ingin terjun menjadi investor di pasar saham digital maka belajar dan mantapkan wawasan agar nantinya tidak mudah terombang-ambing dan bingung dalam jeratan ikut-ikut tren saja. 

You may also like