Home Investasi Begini Tips Untuk Memulai Investasi Emas Dengan Modal Minim

Begini Tips Untuk Memulai Investasi Emas Dengan Modal Minim

by Mas Abadi

Investasi emas dengan modal minim? Bagaimanakah investasi emas yang benar dan menguntungkan? Apa seorang pemula dapat memahami dan mempelajari cara investasi emas dengan cepat? Mari simak informasi dibawah ini, supaya kamu dapat mengetahui jawaban tersebut.

Seseorang yang sudah dapat menghasilkan uang sebaiknya dapat belajar untuk berinvestasi, agar dapat menjamin masa depan lebih baik lagi. Berinvestasi dengan cara apapun sebaiknya kamu lakukan selagi menghasilkan uang sendiri. Seperti yang anda ketahui banyak cara untuk berinvestasi misalnya deposito, tanah, saham dan juga emas. 

Emas tidaklah suatu barang yang hanya populer sebagai perhiasan saja, tetapi emas juga dapat dijadikan sebuah investasi dan cukup menguntungkan. Hal tersebut tentunya dikarenakan, emas merupakan suatu barang yang mempunyai nilai cukup tinggi dan harga pada emas cenderung naik. 

Emas tidaklah sebuah instrumen investasi yang baru di Indonesia. Sampai sekarang emas merupakan salah satu pilihan untuk mengembangkan sebuah harta kekayaan. Maka dari itu, sebagian orang di Indonesia menyimpan emas dalam bentuk apapun sebagai investasi.

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, berinvestasi emas menjadi meningkat dan mengikuti perkembangan yang ada, tentunya hal tersebut meningkatkan permintaan yang ada. Maka dari itu sebelum kamu memulai untuk berinvestasi emas sebaiknya pahami terlebih dahulu cara berinvestasi emas yang baik dan menguntungkan.

Jenis–Jenis Investasi Emas

Berikut macam–macam investasi emas, yang perlu kamu ketahui :

  1. Investasi Koin Emas

Emas yang satu ini berbentuk koin, investasi bentuk koin ini dapat dijadikan sebagai investasi logam mulia, bentuk pada emas ini memiliki ukuran yang cukup kecil dibandingkan bentuk emas lainya. 

1. Investasi Emas Lantakan

Investasi emas lantakan atau yang sering disebut juga sebagai emas batangan merupakan jenis emas yang kerap juga digunakan oleh investor. Ukuran pada emas lantakan atau emas batangan ini mulai dari satu gram hingga seribu gram. 

2. Investasi Emas Perhiasan

Investasi emas perhiasan sering digunakan oleh sebagian orang untuk memperindah dirinya. Bentuk dari investasi perhiasan ini seperti kalung, cincin, gelang, anting dan lain sebagainya. Dengan berinvestasi emas ini kamu dapat mempercantik diri.

3. Investasi Emas Online

Investasi emas online ini merupakan jenis investasi yang masih baru dikalangan masyarakat. Berinvestasi online tentunya kamu tidak memerlukan modal yang cukup banyak, dengan modal yang kecil kamu dapat memulai bisnis ini. Dengan berinvestasi online kamu tidak perlu untuk membeli secara langsung, kamu dapat membelinya melalui platform marketplace online yang menyediakan investasi emas online. 

Keunggulan Dan Kekurangan Pada Investasi Emas

Tentunya saat kamu ingin memulai berinvestasi emas kamu juga harus mengetahui keunggulan dan kekurangan yang ada :

1. Kekurangan 

– Harga Fluktuatif 

Harga pada emas tentunya akan turun pada waktu yang tidak tentu, maka dari itu saat kamu ingin membeli emas sebaiknya cek terlebih dahulu harga secara berkala. Hal tersebut akan membantu kamu mendapatkan keuntungan yang cukup besar saat ingin menjualnya kembali. 

– Resiko Kehilangan 

Berinvestasi emas merupakan salah satu resiko yang cukup besar, hal tersebut dikarenakan emas merupakan salah satu barang perhiasan yang sangat mudah jatuh ataupun hilang.

– Memberikan Dampak Terhadap Sistem Ekonomi Di Indonesia

Berinvestasi emas merupakan salah satu investasi yang memberikan dampak terhadap sistem ekonomi di Indonesia, hal tersebut dikarenakan investasi emas tidak dipungut pajak dan tidak menambah penghasilan negara. 

Kelebihan

1. Tahan Lama

Berinvestasi emas merupakan investasi yang memiliki ketangguhan dibandingkan surat berharga lainya seperti kendaraan dan lain sebagainya. Emas merupakan salah satu investasi barang yang cukup sulit rusak bila terkena api, air dan lainnya. 

2. Dapat Dijangkau 

Berinvestasi emas merupakan investasi yang sangat mudah untuk dijangkau oleh kalangan apapun, hal tersebut dikarenakan investasi emas tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi. 

3. Bebas Pajak

Jenis emas batangan, merupakan jenis emas yang tidak memerlukan biaya pajak atau biaya lainnya, hal tersebut dikarenakan emas batangan dianggap sebagai barang perhiasan.

4. Bersifat Pribadi

Emas merupakan barang yang bersifat pribadi, hal tersebut dikarenakan saat anda ingin membeli emas akan mendapatkan kertas yang berisikan sebuah sertifikat pada emas, yang dimana sertifikat tersebut sebagai tanda kepemilikan.

5. Perlindungan 

Berinvestasi emas merupakan salah satu cara untuk memberikan perlindungan terhadap harta yang anda punya. Dengan cara mengkonversi harta anda ke emas, anda akan terhindar dari inflasi dan deflasi. 

Setelah anda mengetahui dan memahami berinvestasi emas secara baik, anda juga harus memiliki tujuan dalam berinvestasi, agar anda mempunyai tolak ukur yang bisa anda jadikan sebuah pijakan dalam berinvestasi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk memulai berinvestasi. 

 

You may also like