Home Pinjaman Begini Cara Menghadapi Kondisi Gagal  Bayar Pinjaman Online

Begini Cara Menghadapi Kondisi Gagal  Bayar Pinjaman Online

by Mas Abadi

Kondisi seseorang yang tidak bisa membayar pinjaman atau hutang yang diajukan melalui aplikasi online disebut juga dengan galbay pinjol atau gagal bayar pinjol. Ini biasa kamu alami dikarenakan uang yang seharusnya dibayarkan pada angsuran pinjol malah dipakai hal lain, atau memang kamu tidak memiliki uang sama sekali untuk membayarnya.

Tentunya kondisi seperti ini sangat beresiko untuk kamu yang mengalaminya. Salah satu resikonya adalah kamu akan masuk kedalam daftar hitam pinjaman keuangan OJK. Selain itu, kondisi ini juga dapat membuat kamu untuk kesulitan untuk melakukan pinjaman selanjutnya. Apalagi sistem pinjaman uang online ini akan membuat hidup kamu tidak tenang karena akan berurusan dengan Debt Collector yang akan terus menagih hutang.

Jangan sampai dengan kondisi gagal bayar  pinjaman online ini kamu menghadapinya dengan kabur dan tidak bertanggung jawab. Karena ini akan membuat kondisi kamu semakin buruk lagi. 

Jika kamu termasuk pada kondisi ini apa yang harus dilakukan? Nah, begini cara menghadapi kondisi gagal bayar pinjaman online, mari kita bahas.

Jangan Kabur (Lepas Tanggung Jawab)

Kondisi seperti ini memang akan membuat kamu memutuskan untuk memilih hal-hal yang instan. Salah satunya adalah kabur, kamu menganggap akan bisa terus bersembunyi dari kejaran penagih hutang. Tetapi, kamu lupa bahwa seluruh identitas dimiliki oleh pihak pinjaman online yang kamu hutangi.

Bukan hanya identitas kamu yang akan tersebar dan mendapatkan banyak terror, tapi keluargamu juga akan ikut terseret. Belum lagi bahwa tidak akan selamanya persembunyian kamu tidak diketahui. 

Maka, cara yang harus kamu lakukan adalah untuk tidak kabur atau lepas dari tanggung jawab.

Mengajukan Keringanan Pembayaran

Cara yang dapat kamu lakukan saat gagal membayar pinjaman online adalah mengajukan keringanan pembayaran atau restrukturisasi pinjaman. Ini adalah upaya yang disediakan oleh lembaga peminjaman keuangan. Pastikan pinjaman online yang kamu hutangi adalah pinjol yang ilegal untuk bisa melakukan pengajuan keringanan. 

Biasanya proses pengajuan keringanan ini berupa penurunan bunga pinjaman, dan memperpanjang jangka waktu cicilan sehingga tidak memberatkan kamu di kondisi gagal bayar pinjol. Tetapi tetap harus kamu ingat bahwa resiko pasti selalu ada. Setelah memperpanjang jangka waktu berarti cicilan mu akan terus bertambah.

Permohonan Pengurangan Bunga

Kamu juga bisa melakukan sebuah penawaran atau bernegosiasi dengan pihak jasa pinjaman online yang kamu hutangi untuk dapat pengurangan bunga. Jika bunga yang kamu bayarkan mengurang akan memperkecil jumlah pinjaman, sehingga dapat meringankan kamu untuk melunasinya.

Melapor Jika Mendapatkan Teror

Meski dalam hal ini kamu juga salah telah tidak membayarkan kewajiban mu sebagai nasabah yang berhutang, tetapi penagihan pembayaran berbentuk kekerasan, terror, pelecehan dan yang lainnya adalah sebuah tindak pidana dan tentu salah. 

Biasanya bentuk dari terror ini adalah berupa pesan pada nomor pribadi, nomor keluarga bahkan ada pada teman-teman dengan tujuan mempermalukan. Selain pesan juga bisa berupa panggilan telepon dan bahkan terror berupa pelecehan dan masih banyak lainnya.

Kamu harus mengambil tindakan hukum dengan melaporkan perlakuan yang tidak mengenakan ini ke pihak polisi atau instansi terkait lembaga keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Meminjam Uang 

Jika persoalan ini sangat mendesak, dan kamu memang berniat melunasi tetapi ada satu dan lain hal yang membuat kamu tidak bisa langsung membayar hutang pada pinjaman online, cara terakhir adalah dengan meminjam uang. Hal ini lebih baik daripada kamu kabur dari tanggung jawab kamu untuk membayar hutang. Dan membiarkan kamu menjadi buronan para debt collector.

Pastikan jika yang kamu pinjami adalah teman, keluarga atau orang terdekat yang memahami kondisimu. Pinjam uang dengan nominal sewajarnya sesuai dengan cicilan yang harus kamu bayarkan. Ceritakan kronologis kondisi yang kamu alami sejujur mungkin, jangan malu untuk terbuka pada orang-orang terdekatmu.

Walaupun cara ini salah, yaitu seperti gali lobang tutup lobang tetapi dalam keadaan mendesak bisa kamu coba juga. Dengan jaminan bahwa kamu akan segera memperbaiki keuangan kamu.

Dengan resiko dan konsekuensi yang kamu kamu dapatkan setelah gagal membayar hutang apakah kamu akan kapok untuk meminjam uang lagi pada pinjaman online? Berurusan dengan jasa pinjaman online memang harus sudah mengetahui apa konsekuensinya, pastikan kamu siap untuk mengikuti aturannya agar tidak terjadi hal-hal yang menyebabkan kondisi kamu tertekan seperti gagal membayar pinjaman online ini.

Memang sulit melakukannya, tetapi cobalah cara-cara diatas dengan sambil terus berusaha semampu kamu. Hilangkan keinginan untuk lepas tanggung jawab karena akan membuat kamu semakin terpuruk.

Jika kamu sudah terbebas dari jeratan hutang pinjaman online ini, berpikirlah untuk tidak berurusan dengan meminjam pada jasa pinjaman online apalagi kalu pinjol yang illegal. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu ya.

You may also like