Home Pinjaman Begini Cara Mengatur Uang untuk Bayar Tagihan yang Wajib Dilunasi

Begini Cara Mengatur Uang untuk Bayar Tagihan yang Wajib Dilunasi

by Mas Abadi

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kebutuhan kita beragam dan setiap orang berharap dapat mempunyai banyak yang diinginkan. Cara untuk memperoleh apa yang diinginkan, yaitu dengan cara mencicil atau kredit. Sebenarnya tidak salah apabila Anda membayar secara cicil. 

Namun, Anda harus bisa menjaga keterampilan dan pengelolaan keuangan secara tepat saat memiliki banyak angsuran setiap bulannya. Manajemen keuangan yang baik tentunya akan membantu Anda untuk melunasi iuran serta tidak membuat Anda harus menggali lubang untuk menutup lubang. 

Lalu apa cara yang harus digunakan? berikut dibawah ini adalah beberapa tips dalam mengelola keuangan, saat memiliki banyak cicilan!

Beberapa manfaat bila membayar secara mencicil

Jika kita berbicara tentang cicilan pastinya tidak bisa dipisahkan dari yang namanya kredit. Sebenarnya kredit itu apa sih? Sebagian orang mungkin ketika mendengar istilah kredit. Hal pertama yang terpikirkan adalah tentang kartu kredit KPR atau KKB.

Jika dirangkum, kredit adalah salah satu fasilitas keuangan di mana memungkinkan suatu badan usaha atau perorangan melakukan pinjaman dana guna membeli produk serta harus membayarnya kembali sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama antara pemilik modal dan peminjam.

Apabila si peminjam telat melakukan pembayaran maka akan dikenakan sanksi atau bunga sesuai dengan kebijakan dari lembaga keuangan di mana dia memperoleh pinjaman dana tersebut. Kredit dapat diperoleh pada beberapa lembaga keuangan baik bank umum, multi finance, Pegadaian, koperasi dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama bila mendengar kata kredit biasanya yang pertama terpikirkan adalah tentang hal yang negatif hutang atau depkolektor dan lain sebagainya. Namun Anda juga harus tahu bahwa sebenarnya sistem kredit memiliki keuntungan tersendiri bagi nasabah.

Berikut di bawah ini adalah hal-hal yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika akan melakukan atau mengajukan kredit :

Pengeluaran bisa diawasi secara mudah

 Bentuk dari kredit yang sering dipakai oleh kebanyakan orang saat ini ialah kartu kredit. Karena dengan memakai alat pembayaran tersebut Anda dapat lebih rinci untuk melihat pengeluaran setiap bulan karena nantinya akan dikirimkan tagihan tertulis berisi seluruh transaksi yang dilakukan. Tentunya dengan adanya hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk mengevaluasi keuangan.

Memenuhi kebutuhan yang mendesak

Apabila Anda bijak dalam penggunaan credit card, tentunya bisa membantu Anda ketika keadaan sedang mendesak atau darurat. Contohnya ketika mendekati akhir bulan kemudian ada keluarga yang sakit dan harus pergi ke dokter untuk berobat, tentunya kartu kredit sangatlah membantu.

Dapat membantu Anda mewujudkan impian

Masing-masing individu pastinya memiliki impian untuk membeli sesuatu misalnya kendaraan, rumah atau gadget. tetapi bila baru mulai bekerja untuk bisa memperoleh semua itu tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menabung.

Nah ketika Anda memiliki credit card ini dapat membantu Anda mewujudkan impian tersebut, Anda dapat mengajukan pinjaman kredit pada bank dan pembayarannya pun bisa dicicil yang disesuaikan dengan pendapatan bulanan.

Tips mengatur finansial saat banyak tagihan/ cicilan

Apakah saat ini Anda memiliki banyak cicilan atau tagihan yang perlu dibayarkan setiap bulan? Jika iya, Maka jangan panik terlebih dahulu Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk lebih meringankan beban tagihan Anda.

Membayarkan tagihan tepat pada waktunya

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar bisa mengatur keuangan dengan baik adalah membayar cicilan tepat waktu karena ini adalah salah satu cara menjadi disiplin dalam pengelolaan finansial. Di mana ketika Anda telat atau terlambat untuk membayarkan tagihan apapun itu maka bisa menjadi beban tersendiri bagi keuangan pribadi dikarenakan adanya denda yang harus Anda bayar.

Mencari tambahan penghasilan

Apabila tagihan Anda terlalu banyak maka salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencari tambahan penghasilan. Tentunya ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan tersebut misalnya dengan membuka usaha di rumah atau mencari pekerjaan tambahan. 

Namun, usahakan pekerjaan tambahan atau usaha yang Anda lakukan tersebut tidak mengganggu kegiatan utama Anda. Kemudian hasil dari pekerjaan tambahan tersebut bisa dipakai untuk membayar tagihan dan ditabung.

Hemat

Hemat yang dimaksud di sini adalah ketika anda berbelanja karena mayoritas orang akan membelanjakan uangnya tanpa adanya perencanaan bulanan. Padahal dengan memiliki daftar belanja bulanan atau mingguan, hal ini bisa membantu anda untuk berhemat.

Cara menghemat uang belanja adalah dengan membeli atau mencari produk yang dibutuhkan namun jangan melihat brand, karena saat ini sudah banyak produk serupa dengan fungsi yang sama tetapi memiliki harga yang lebih murah, jadi tidak ada salahnya anda membeli produk tersebut.

Mempersiapkan dana darurat

Walaupun belum banyak orang yang menerapkan metode ini pada kehidupannya, namun banyak sekali pakar keuangan yang menyarankan Anda untuk mempunyai dana darurat. Dimana simpanan ini nantinya akan sangat membantu Anda dalam melunasi tagihan atau hutang lainnya secara cepat.

You may also like