Home Tips Begini Cara Agar Tetap Produktif Meski Sedang Malas 

Begini Cara Agar Tetap Produktif Meski Sedang Malas 

by Mas Abadi

Rasa malas memang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, tetapi bagaimana jika kemalasan ini terus berlangsung dan semakin mengganggu. Karena kemalasan ini dapat membuat segala pekerjaan menjadi terbengkalai, sehingga kamu tidak produktif lagi dalam melakukan apapun. Apalagi bagi para kaum rebahan yang hobinya hanya tiduran, main gadget, main game atau sekedar diam dirumah tanpa melakukan hal-hal yang tidak produktif. Zaman sekarang, karena banyak teknologi yang membantu manusia untuk mengerjakan segala pekerjaan sehingga membuat badan jarang digerakkan dan kemampuan yang kamu miliki menjadi hilang karena tidak terasah. 

Apakah kamu termasuk orang yang sering merasakan kemalasan? Dan merasa bahwa hidup kamu makin tidak produktif? Maka kamu harus melakukan beberapa cara agar kegiatan yang kamu lakukan tetap produktif meskipun kamu sedang dilanda kemalasan. Dalam menjalankan hidup, kamu harus tetap melakukan hal-hal yang produktif. Sehingga apa yang kamu lakukan tetap bermanfaat dimanapun dan kapanpun. Kamu harus memulai dengan cara yang mudah, nah ini dia cara agar kamu tetap melakukan hal yang produktif meski sedang merasa malas. 

Mencari Tahu Penyebab Malas

Biasanya rasa malas yang terjadi ada karena suatu hal yang memicu malas itu sendiri. Misalnya jika kamu malas untuk mengerjakan tugas karena merasa tugas itu sangat sulit. Maka kamu harus belajar pada orang yang mengerti dengan tugas tersebut, bisa konsultasi atau hal lainnya. Atau misalnya rasa malas untuk bekerja, karena cuaca tidak stabil atau situasi kantor yang tidak baik membuat kamu malas, maka kamu harus mencari tahu apa penyebab nya. 

Setelah mengetahui apa penyebabnya kamu jadi bisa mencari solusi agar kemalasan itu bisa kamu tangani. Dengan begitu tidak ada lagi alasan untuk selalu malas melakukan apapun. Sehingga kamu lebih produktif lagi kedepannya tanpa ada halangan apapun. 

Mencatat List Kegiatan Harian

Membuat list kegiatan juga sangat penting untuk mengatasi kemalasan, kamu jadi terus mengingat apa saja yang harus dilakukan sehingga cepat atau lambat harus kamu kerjakan. Apalagi jika list kegiatan yang kamu tulis adalah hal-hal yang sangat penting untuk dikerjakan. Sehingga kamu tidak mudah melupakan nya. 

Kamu bisa mencatatkan list kegiatan sehari-hari dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang, hal ini akan membuat kamu lebih terbiasa melakukan apapun secara rutin. Jika tidak ditulis malah akan membuat kamu lupa dan tidak mengerjakan apapun. Sehingga setiap hari menjadi tidak produktif. 

Melakukan Hal-hal yang Kamu Senangi

Berbagai kegiatan yang akhirnya tidak kamu lakukan akibat malas yaitu kegiatan yang tidak kamu senangi, misalnya kamu tidak suka melakukan olahraga tetapi karena ingin diet tetap kamu paksakan, atau jika kamu tidak suka untuk melakukan les piano tetapi kamu harus tetap lakukan karena tuntutan dari orang-orang sekitar. Maka solusinya bukan meninggalkan kegiatan tersebut. Tetapi mencari hal-hal yang kamu senangi. 

Dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi, maka semangat kamu akan lebih tinggi dan akan berdampak baik pada kegiatan yang lainnya. Tidak perlu memberhentikan kegiatan yang tidak kamu suka, kamu cukup melakukan kegiatan yang kamu senangi sebelum kegiatan yang lainnya. Hal ini akan membuat kamu semakin produktif berkali-kali. 

Olahraga Setiap Pagi

Kemalasan biasanya terjadi karena tubuh kamu yang tidak fit karena jarang digerakkan, yang menyebabkan setiap kamu melakukan aktivitas menjadi terhambat. Maka yang harus kamu lakukan adalah dengan olahraga setiap pagi. Ini akan membuat badan kamu produktif sehingga mampu melakukan kegiatan yang produktif juga. 

Memilih Lingkungan yang Produktif

Jika sebenarnya kamu adalah tipe orang yang tidak malas, dan senang melakukan hal-hal yang produktif tetapi merasa malas karena teman-teman yang ada di sekitar adalah orang-orang pemalas maka ini adalah salah lingkungan. Lingkungan yang tidak baik akan membuat kamu tidak produktif, sebaliknya jika lingkungan kamu positif maka kamu dan orang-orang di dalamnya akan melakukan berbagai hal yang produktif dan positif juga. 

Motivasi Diri Sendiri

Kemalasan itu sejatinya adalah muncul dari dalam diri sendiri, sehingga yang berperan penting untuk membuat semangat itu pulih yaitu motivasi dari diri sendiri. Jangan tergantung terhadap orang lain untuk urusan ini, karena jika begitu kamu akan merasa semangat jika ada orang itu, dan malas jika tidak ada. Maka, penting untuk memotivasi diri kamu sendiri. 

Ternyata banyak juga ya, cara agar kamu tetap produktif meskipun sedang merasakan kemalasan. Setidaknya kamu mengetahui dulu caranya agar bisa dilakukan dengan rutin. Tetapi harus ada niat yang sungguh-sungguh dari kamu supaya dapat termotivasi, karena motivasi yang baik datang dari diri kamu sendiri. Nah, semoga cara-cara ini bermanfaat untuk kamu sebagai para kamu rebahan. 

You may also like