Home Perencanaan Beberapa Manfaat Sedekah yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Manfaat Sedekah yang Perlu Anda Ketahui

by Greg Pascal
manfaat sedekah

Sedekah merupakan kegiatan beramal dan berinfak harta yang Anda punya di jalan Allah. Namun bukan hanya itu, sedekah yang dilakukan dapat berupa segala macam seperti dzikir (tasbih, tahmid dan tahlil), berdoa, saling membantu satu sama lain serta perbuatan baik lainnya. Manfaat sedekah sendiri yaitu membantu orang yang sedang membutuhkan agar dapat meringankan beban mereka.

Selain membantu saudara sesama, dengan bersedekah anda juga akan merasakan manfaat yang luar biasa. Berikut adalah penjelasan mengenai keutamaan melakukan sedekah dan contoh sedekah yang bisa Anda lakukan.

7 Keutamaan Sedekah Yang Perlu Anda Tahu

1. Menyucikan Diri

Dengan melakukan sedekah sebagian harta yang Anda miliki, maka dosa-dosa Anda akan dihapuskan oleh Tuhan. Hal ini dapat dilakukan secara bersamaan dengan melakukan taubat atas dosa yang pernah diperbuat dan melakukan kewajiban dan menghindari larangan-Nya.

2. Dapat Menghapus Dosa

Manusia sebagai hamba Allah yang tidak pernah luput dari dosa, ketidaksempurnaan ini dapat Anda imbangi dengan bersedekah untuk menghapus dosa-dosa yang dimiliki. Dengan bersedekah, kesalahan yang telah Anda perbuat dapat dihapus sedikit demi sedikit.

3. Memberi Ketenangan Hati

Dengan bersedekah, hati Anda akan menjadi tenang. Ketika bersedekah, Anda akan merasakan rasa senang tersendiri karena telah memberi kepada orang yang sedang membutuhkan. Setelah melakukan sedekah, hati akan terasa lebih tenang dan lapang karena dosa dan kesalahan hilang tergantikan dengan rasa senang.

4. Pahala dapat Berlipat Ganda

Bersedekah merupakan kegiatan dan tindakan yang mulia dan sangat disukai oleh Allah Swt. Imbalan yang diperoleh dari bersedekah yang paling utama yaitu mendapatkan pahala. Ketika Anda telah melakukan sedekah, maka pahala yang suda Anda miliki  akan dilipatgandakan.

5. Menyembuhkan Orang Sakit

Terkadang di sekitar kita terdapat banyak orang yang sakit, namun dalam hidup yang ketidakcukupan atau kemiskinan. Dengan kita bersedekah ke orang yang membutuhkan, Anda sudah mengangkat beban mereka dalam berobat ketika mereka tidak memiliki uang.

6. Menambah Umur

Bersedekah dapat dipercaya dapat memperpanjang umur seseorang. Hal ini disebabkan karena kualitas hidup yang didapatkan oleh orang bersedekah dapat meningkat dan membuat hati terasa tenang. Selain itu, dengan bersedekah dapat terhindar dari marabahaya dan segala bentuk kejahatan.

7. Sebagai Jaminan Hari Akhir

Orang-orang yang gemar bersedekah termasuk kedalam golongan orang-orang yang akan mendapatkan naungan pada hari akhir. Hal ini berarti, ketika hari akhir nanti datang dan tidak ada yang bisa melindungi dari panasnya matahari, orang yang dengan ikhlas melakukan sedekah akan berada di bawah naungan yang menyejukkan.

8. Terbebaskan dari Siksa Kubur

Orang yang gemar bersedakah selama di dunia maka sedekah yang pernah dan sering Anda lakukan dapat menyelamatkan Anda dari siksa kubur. Karena ketika Anda sudah berada dalam kubur dan menunggu hari kiamat datang, nanti terdapat pertanyaan perihal duniawi yang harus dipertanggungjawabkan terhadap Anda.

manfaat sedekah

Baca Artikel Selanjutnya :

3 Macam Contoh Sedekah yang Bisa Anda Lakukan

1. Sedekah Materi

Salah satu sedekah yang dapat dilakukan yaitu sedekah materi. Bersedekah materi dapat dilakukan dengan memberikan barang ataupun harta milik sendiri di jalan Allah dengan harapat mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. Sedekah materi dilakukan dengan memberi uang, makanan dan minuman pada orang yang membutuhkan.

2. Sedekah Nonmateri

Sedekah non materi ini yaitu salah satu sedekah yang dapat dilakukan dengan memberikan bantuan berupa pikiran, tenaga dan nasihat. Bahkan, hanya berupa senyum tulus kepada sesama kita juga menjadi sedekah dalam bentuk nonmateri. Tidak hanya itu, bersedekah dapat melalui perkataan dan perbuatan yang baik.

3. Sedekah Jariah

Sedekah jariah merupakan salah satu sedekah yang jika dilakukan akan terus mengalir pahalanya bahkan jika orang tersebut sudah meninggal dunia. Tidak hanya itu, sedekah jariah yang dilakukan dapat bermanfaat untuk banyak orang dan dapat diteruskan kepada orang lain. Contonya yaitu mewakafkan tanah untuk pembangunan masjid, dll.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika sedekah merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki imbalan berupa pahala jika diamalkan setiap waktunya. Selain mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah Swt., bersedekah dapat membantu sesama manusia yang sedang membutuhkan pertolongan dari Anda.

Yang menariknya lagi dari perilaku sedekah ini yaitu perbuatan bijak ini tidak dibatasi untuk orang tertentu, jumlah sedekah dan bentuk sedekah yang diberikan. Bersedekah juga dapat dianggap sebagai jihad. Karena jihad tidak hanya dapat dilakukan dalam medan perang, namun bersedekah juga termasuk kedalam jihad kepada Allah Swt.

Itulah, beberapa manfaat sedekah, keutamaan sedekah dan contoh sedekah yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda senantiasa mengamalkan sebagian harta Anda untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Dengan begitu, Allah Swt. akan melipatgandakan pahala Anda. Semoga bermanfaat.

You may also like