Home Karier Banyak Yang Tertarik, Berikut Prospek Kerja Sastra Inggris Yang Wajib Diketahui

Banyak Yang Tertarik, Berikut Prospek Kerja Sastra Inggris Yang Wajib Diketahui

by Mas Abadi
prospek kerja sastra inggris

Rasanya memang tidak afdol mencari tahu prospek kerja sebuah jurusan sebelum menentukan pilihan. Dengan begitu, kamu sebagai calon mahasiswa akan lebih bisa memilih yang sesuai dengan tujuan kamu. Salah satu jurusan yang banyak jadi pilihan adalah Sastra Inggris. Jika dahulu prospek kerja sastra Inggris banyak jadi guru, sekarang lebih beragam simak ulasannya.

Kenalan Sama Jurusan Sastra Inggris

Sebelum pembahasan akan lebih jauh, ada baiknya kita membahas lebih dahulu apa itu jurusan Sastra Inggris. Sastra Inggris sendiri merupakan salah satu bidang keilmuan yang didalamnya akan mempelajari Bahasa Inggris, tetapi dari sisi linguistik dan sastra. Sehingga jangan heran jika nantinya kamu akan lebih banyak bergelut dengan puisi, novel drama hingga film.

Kamu yang memiliki ketertarikan terhadap karya sastra atau karya seni, sangat cocok untuk mengambil jurusan satu ini. Tapi tidak hanya itu saja, kamu juga akan lebih banyak membahas tentang kebudayaan negara. Terutama negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka.

Di jurusan ini, nantinya kamu juga akan mempelajari linguistik bahasa Inggris lebih mendalam. Menariknya, sekalipun kamu akan lebih banyak mempelajari Sastra Inggris untuk mengasah kemampuan menganalisis. Analisis ini dilakukan dengan mencermati berbagai macam karya sastra. Tak menutup kemungkinan jika kamu juga bisa menciptakan karya.

Prospek pekerjaan Sastra Inggris juga masih sangat terbuka lebar. Namun, kamu harus tahu lebih dahulu jika jurusan ini bukan solusi untuk membuat kamu fasih berbahasa Inggris dengan cepat. Begitu memasuki semester pertama, kamu sudah akan belajar tentang speaking, writing, reading, grammar atau listening bukan dari bahasa Inggris dasar.

Sehingga ada beberapa kemampuan dasar yang bisa kamu siapkan jika ingin masuk jurusan ini. Seperti memahami simbol, huruf, gambar juga diagram dan mampu untuk mengolah informasi dan memahami lewat kata kata. Sederhananya, kamu sudah memiliki ketertarikan untuk menulis dan menyusun informasi menggunakan kata kata.

Memahami bahasa Inggris bagian dasarnya juga sangat penting untuk kamu miliki. Dengan begitu kamu sudah akan terbiasa menangkap dan menggunakan Bahasa Inggris. Karena selama belajar mengajar, dosen akan menjelaskan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Begitu juga kamu yang akan menyampaikan ide, tugas hingga membuat esai semua dalam bentuk Bahasa Inggris.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Sastra Inggris?

Dengan penjelasan di atas, kamu mungkin bisa menerka nerka bagaimana kuliah jurusan ini nantinya. Disamping itu, kamu juga harus tahu kira kira apa yang membuat kamu harus mengambil jurusan ini. Lowongan kerja Sastra Inggris masih terbuka lebar, sehingga peluangmu cukup menjanjikan. Perusahaan yang membutuhkan mulai pemerintah hingga lembaga Internasional.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkecimpung di industri media. Saat ini sudah banyak media yang menyajikan konten Bahasa Inggris, dan kemampuan sepertimu dibutuhkan. Sambil kuliah sambil mencari cuan? Kamu bisa jika mengambil jurusan ini. Nantinya kamu bisa membuka kursus, menjadi pemandu wisata hingga freelance lainnya.

Baca Artikel Selanjutnya : Paling Paham Perilaku Sosial, Yuk Simak Prospek Kerja Sosiologi Anda Wajib Tahu

Kerja Apa Setelah Lulus Nantinya?

prospek kerja sastra inggris

1. Copywriter atau Content Writer

Karena kamu sudah terbiasa dengan dunia penulisan, bukan hal yang sulit untuk berkarir di bidang ini. Menjadi content writer ataupun copy writer merupakan pekerjaan yang akhir akhir ini hits. Kamu dituntut untuk berwawasan luas sehingga konten kamu nantinya menarik. Gaji untuk pekerjaan ini juga menggiurkan, terutama jika sudah senior.

2. Ahli Bahasa

Ahli Bahasa juga akan menjadi salah satu pekerjaan jika kamu lulus dari Sarjana Sastra Inggris nantinya. Profesi ini akan lebih cocok untuk kamu yang mengambil konsentrasi linguistik. Tugasmu nanti sangat luas, mulai dari interaksi unsur bahasa, meneliti pembentukan kata hingga hubungan antar bahasa.

3. Dosen atau Guru

Berniat untuk di bidang pendidikan? Kamu bisa menjadikan guru atau dosen sebagai pekerjaan Sastra Inggris. Kebutuhan akan tenaga bidang ini masih terbilang luas dan kamu bisa bersaing nantinya. Hanya saja, kamu harus menempuh pendidikan lanjutan yaitu S2. Gajinya juga menggiurkan, bisa sampai Rp 5 juta per bulannya.

4. Instansi Internasional

Menjadi bagian dari kedutaan asing, pendidikan Internasional hingga PBB juga mungkin jika mengambil jurusan satu ini. Apalagi jika kamu memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Tanggung jawab yang kamu pikul memang akan lebih besar. tetapi tentu saja akan setara dengan gaji yang bisa kamu dapatkan.

5. Wartawan

Ingin bekerja di industri media? Menjadi wartawan bukanlah ide yang buruk. Kamu juga memiliki ilmu dasar yang memungkinkan kamu mumpuni di profesi ini. Kamu akan dituntut untuk kritis dan peka agar bisa menghadirkan berita yang berbobot. Gaji pekerjaan ini akan semakin menggiurkan jika menjadi senior.

Itulah beberapa gambar tentang kuliah dan prospek kerja sastra Inggris yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Apapun jurusan yang kamu ambil, sebenarnya semuanya memiliki peluang yang sama. Asalkan kamu bersungguh sungguh dan juga terus berusaha untuk meraih apa yang kamu cita citakan.

You may also like