Home Investasi Banyak Yang Tertarik, Ayo Intip Keuntungan dan Cara Memulai Investasi Logam Mulia Emas

Banyak Yang Tertarik, Ayo Intip Keuntungan dan Cara Memulai Investasi Logam Mulia Emas

by Mas Abadi
investasi emas

Saat ini sudah banyak yang melek investasi untuk masa depan yang lebih cerah. Dan ada banyak pilihan investasi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan tujuan hidup. Salah satu instrumen investasi yang belakangan banyak peminat adalah investasi emas. Untuk lebih tahu, berikut keuntungan investasi logam mulia satu ini. Simak ulasannya.

Kelebihan Investasi Logam Mulia Yang Menggiurkan

1. Risiko Kecil

Bila anda mencari jenis investasi yang resikonya kecil tetapi keuntungan menggiurkan, anda bisa menjadikan emas sebagai pilihan. Investasi satu ini dikenal memiliki harga yang statis sehingga minim resiko. Harganya tidak akan mengalami penurunan yang drastis juga kenaikan dalam waktu singkat. Sehingga risiko kerugian dari investasi ini terbilang kecil.

2. Tahan Inflasi

Emas bisa dikatakan sebagai logam mulia yang akan terhadap inflasi dibandingkan dengan uang. Misalnya saja anda memiliki emas dan akan menjualnya di 10 tahun kemudian, nilai dari emas ini tak akan jauh lebih rendah. Berbeda dengan uang, dimana nilai tukar juga nilai barangnya akan jauh lebih rendah dari awal anda membelinya.

3. Mudah Dicairkan

Emas termasuk investasi yang memberikan keleluasaan untuk mencairkannya dalam bentuk tunai. Sifatnya yang mudah dicairkan, tentunya akan memudahkan anda ketika darurat. Pencairannya yang mudah dan tak membutuhkan waktu lama membuatnya lebih banyak diminati. Bisa dikatakan jika emas juga termasuk dalam tabungan dana darurat.

4. Jadi Alat Tukar Saat Krisis

Krisis keuangan bisa dialami oleh semua negara, termasuk Indonesia. Menghindari krisis, anda bisa memanfaatkan tabungan emas anda untuk dijadikan alat tukar. Keuntungan investasi emas satu ini akan memberikan rasa aman ketika inflasi atau krisis berlangsung. Mengingat jenis satu ini nilainya tak akan dipengaruhi oleh krisis juga inflasi.

5. Bebas Pajak

Kelebihan selanjutnya dari investasi logam mulia ini adalah bebas dari pajak. Berbeda jika anda memiliki saham di sebuah perusahaan, maka keuntungannya masih harus dipotong pajak. Bahkan jika anda ikut menabung emas di suatu lembaga, bunga juga tidak dikenakan. Hanya perlu untuk membayar biaya administrasi saja.

6. Bisa Dengan Modal Kecil

Investasi tentunya membutuhkan modal, dan anda tak perlu menyiapkan modal besar jika memilih investasi logam mulia ini. Saat ini sudah banyak platform yang akan menjembatani investor untuk mulai investasi dengan modal yang kecil. Bisa dilakukan secara online, anda bisa mulai menabung kapan saja dan dimana saja.

Baca Artikel Selanjutnya : Tawarkan Modal Ringan, Yuk Intip Tabungan Logam Mulia Emas Yang Menggiurkan

Cara Untuk Memulai Investasi Logam Mulia Emas Bagi Pemula

investasi emas

1. Tentukan Tujuan Investasi

Untuk anda yang tertarik memulai investasi satu ini, maka anda harus tahu tujuan anda dalam investasi. Karena setiap orang memiliki target tertentu, dan anda bisa secara bebas menentukan tujuan anda. Banyak tujuan yang bisa ditargetkan, mulai untuk tabungan pernikahan, investasi hari tua, membuka usaha hingga tabungan pendidikan.

2. Pantau Perkembangan Harga Emas

Setelah menentukan tujuan, cara investasi emas selanjutnya adalah memantau perkembangan harga emas. Emas termasuk investasi yang mudah untuk dipantau perkembangannya, sudah ada banyak situs di internet yang menyajikan perkembangan harga logam mulia ini setiap harinya.

Memantau perkembangan emas bertujuan untuk melihat apakah ada kenaikan atau penurunan harga. Saat harga sedang turun, anda bisa mulai beli emas dan menjualnya ketika harganya melonjak. Membeli saat sedang turun akan lebih menguntungkan, sehingga investasi anda bertambah.

3. Perhatikan Kemampuan Finansial

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan kemampuan finansial anda. Tentu anda tidak bisa mengorbankan semua penghasilan dan bahkan berhutang untuk bisa memulai investasi ini. Saat ini sudah banyak tabungan emas yang juga bisa anda manfaatkan dengan modal yang lebih kecil.

4. Membeli Di Tempat Terpercaya

Anda yang memang sudah berminat dengan investasi ini, ada baiknya anda tahu dimana tempat membeli emas terpercaya. Emas yang bisa dijadikan pilihan ada dua, yakni emas perhiasan dan batangan. Membeli emas di tempat tempat resmi akan lebih aman dan juga akan disertakan surat surat tanda kepemilikan logam mulia tersebut.

Salah satu tempat yang banyak direkomendasikan adalah PT Antam. Anda bisa langsung membelinya di kantor PT ANTAM atau membelinya melalui situs e commerce resmi. Selain di PT ANTAM, anda juga bisa mengikuti tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya adalah badan milik BUMN sehingga bisa lebih terpercaya.

5. Penyimpanan yang Aman

Cara investasi emas yang selanjutnya adalah memiliki tempat penyimpanan yang aman. Jika anda ceroboh dalam menyimpan emas, bukan tidak mungkin bisa hilang. Anda bisa menyimpannya di brankas ataupun di safe deposit box. Dimana layanan penyimpanan ini biasanya akan disediakan oleh pihak bank.

Investasi sangat berguna untuk masa depan yang lebih gemilang. Dan investasi emas bisa dijadikan pilihan sebab ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Emas juga masih menjadi favorit di kalangan masyarakat sebagai alat investasi. Sebelum memulai investasi, pastikan anda sudah memahami dengan baik tentang instrumen satu ini.

You may also like